9 Penyebab Motor Brebet Saat Digas Serta Solusinya

Posted on

Penyebab Motor Brebet Saat Digas – Untuk pembahasan kali ini kita akan mengupas mengenai penyebab motor brebet selagi digas, nah sehingga lebih mengerti dan di mengerti review ulasan dibawah ini.

Kendaraan bermotor merupakan kendaraan yang dimana digerakkan oleh sebuah peralatan teknik untuk pergerakkannya dan digunakan untuk transportasi darat. Secara umum kendaraan bermotor manfaatkan mesin pembakaran dalam, tapi terhadap motor listrik dan mesin jenis lain andaikata kendaraan listrik hibrida dan hibrida plug-in, juga dapat digunakan.

Motor Brebet Saat Digas

Kendaraan bermotor mempunyai roda dan bisanya berjalan di atas jalanan, yang jenis-jenis kendaraan bermotor dapat bermacam-macam, mulai berasal dari mobil, bus, sepeda motor, kendaraan off-road, truk ringan, hingga truk berat. Klasifikasi kendaraan bermotor ini banyak variasi bergantung berasal dari tiap-tiap negaranya.

Cara Kerja Mesin 4 Tak

Mesin 4tak ialah mesin yang bekerja melalui 4 proses langkah naik turun piston untuk menghasilkan tenaga. Itu sebabnya disebut 4 tak, karena mesin tersebut membutuhkan 4 langkah kerja untuk satu kali proses.

4 langkah tersebut meliputi langkah hisap, langkah kompresi, langkah tenaga dan langkah buang. Secara keseluruhan memerlukan 3 putaran poros engkol dalam satu siklus pada mesin diesel atau mesin bensin.

Langkah Hisap “Intake”

Tujuan dari langkah hisap ini ialah agar kabut udara-bahan bakar dapat masuk ke dalam silinder mesin motor. Karena banyaknya jumlah bahan bakar yang terbakar dalam proses pembakaran dapat mempengaruhi produksi tenaga mesin.

Prosesnya ialah piston akan bergerak dari titik mati atas “TMA” menuju titik mati bawah “TMB” kemudian klep in terbuka dan klep Ex akan tertutup sehingga bahan bakar akan masuk ke silinder. Kruk as akan berputar 180 derajat, noken as berputer 90 derajat. Selanjutnya tekanan negative piston menghisap kabut oleh karburator akan terhisap melalui intake port.

Langkah Kompresi “Compression”

Tujuan langkah ini ialah untuk meningkat temperature sehingga campuran bahan bakar dan udara dapat bersenyawa. Rasio proses ini nantinya akan berhubungan erat dengan produksi tenaga pada mesin.

Prosesnya yakni dengan piston dari titik mati bawah “TMB” ke titik mati atas “TMA”, klep in menutup dan klep Ex tertutup sehingga udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Kruk as mencapai satu rotasi penuh “360 derajat” noken as mencapai 180 derajat.

Baca Juga :  Cara Ampuh Namun Sederhana,,?? Memilih Busi Racing Yang Tepat

Langkah Tenaga “Combustion”

Dimulai dengan menyalakan busi yang menyebabkan terbakarnya bahan bakar/udara, dalam proses tersebut maka akan menyebabkan ledakan yang akan mendorong piston turun ke silinder bore. Gerakan linier tersebut di ubah menjadi gerak rotasi oleh kruk as yang kemudian di teruskan menuju flywheel.

Prosesnya ialah terjadinya ledakan diruang bakar yang kemudian menyebabkan piston terlempar dari titik mati atas “TMA” menuju titik mati bawah “TMB”. Pada saat klep ini tertutup menjelang akhir langkah klep buang mulai sedikit terbuang.

Dari prose situ terjadi transformasi energi bolak balik piston menjadi energi rotasi krus as. Putaran krus as mencapai 540 derajat dan putaran noken as mencapai 270 derajat.

Langkah Buang

Pada langkah buang ini klep Ex akan terbuka dan klep In akan tertutup kemudian piston naik karena dorongan balik dari kruk as setelah proses pembakaran dilakukan, melalui exhaust port masa pembakaran tersebut akan didorong keluar oleh piston.

Bagi pengguna sepeda motor sudah pasti tidak mengidamkan terhadap kendaraannya selagi melaju di dalam kecepatan kencang dan tidak mengidamkan tersedia persoalan bahkan tersendat. Motor yang mengalami brebet selagi digas. Dan mesin juga kehilangan energi yang selanjutnya perihal ini dapat berjalan dikarenakan terhadap sepeda motor yang jarang ataupun tidak sering di servis.

Penyebab Motor Brebet Saat Digas Serta Solusinya

Untuk hal demikian tidak hanya berjalan tersendat-sendat, motor brebet juga dapat berakibat mesin mati ditengah jalan. Masih ada beberapa penyebab motor brebet lainnya yang harus kalian ketahui supaya nantinya bisa melakukan perbaikan secara cepat ataupun sebagai penyegahan supaya motor kalian tidak brebet saat digas pada rpm tinggi maupun rendah. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya, silahkan cek dibawah ini:

Pada Bahan Bakar Yang Tidak Sesuai

Penyebab pertama motor brebet atau tersendat yang utama ialah pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pabrikan. Dan biasanya setiap pabrikan sudah menetapkan standar khusus yang disesuaikan dengan mekanisme mesin supaya performa sepeda motor dapat lebih optimal.

Dan untuk mengetahuinya kalian dapat melihat buku manual yang disertakan saat membeli motor baru, dan apabila disarankan untuk memakai bahan bakar RON tinggi seperti Pertamax dan yang lainnya maka kalian harus menggunakannya supaya terhindar dari mesin brebet.

Dan sering kali bagi pengguna sepeda motor tidak menghiraukan jenis bahan bakar yang digunakan. Yang dimana rata-rata lebih memilih bahan bakar yang murah, seperti Pertalite atau Premium, padahal beberapa motor terbaru harus menggunakan Pertamax yang lebih optimal dalam hal pembakaran mesin.

Baca Juga :  √ [Tips Ampuh] Mengatasi Kick Starter Vespa Ngelos

Nah apabila salah memakai bahan bakar, maka nantinya akan terjadi knocking pada mesin yang mengakibatkan motor brebet. Jadi untuk solusinya ialah dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai dan disarankan oleh pabrikan.

Kondisi Filter Udara Kotor Atau Sudah Rusak

Filter udara juga dapat menyebabkan motor menjadi brebet, pasalnya filter udara bertugas untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar supaya tidak tercampur dengan partikel kotoran dan debu, sehingga membuat pembakaran mesin lebih sempurna. Jadi apabila filter udara mengalami kerusakan ataupun kotor, maka tarikan gas menjadi terasa lebih berat dan bisa berakibat motor tersebut menjadi brebet.

Kondisi Filter Udara Kotor Atau Sudah Rusak

Dan untuk solusinya hal demikian ialah dengan melakukan perawatan rutin terhadap filter udara. Dan kalian harus rajin membersihkannya supaya sistem pembakaran tetap sempurna dan membuat laju motor tetap nyaman. Apabila filter udara sudah rusak parah, maka jangan segan-segan untuk menggantinya, pasalnya filter udara yang rusak bisa menyebabkan motor brebet dan mesin mati secara mendadak.

Komponen Busi Kotor Atau Sudah Rusak

Dan salah satu penyebab motor tersendat-sendat atau brebet ialah masalah pada busi. Seperti yang kita ketahui bersama busi bertugas sebagai sistem pengapian yang nantinya menjadi sumber api untuk pembakaran di ruang mesin. Jadi apabila busi dalam kondisi tidak prima, seperti kotor terlalu ranggang atau bahkan mengalami kerusakan maka pembakaran di ruang mesin menjadi kurang sempurna dan mengakibatkan motor brebet.

Komponen Busi Kotor Atau Sudah Rusak

Dan untuk jarak busi yang terlalu renggang memang sangat berpengaruh terhadap sistem pengapian, pasalnya hal tersebut akan mempengaruhi suhu pengapian busi yang secara tidak langsung membuat pembakaran bahan bakar dan udara didalam mesin kurang sempurna. Untuk mengatasi hal tersebut pastikan kondisi busi masih bagus dan apabila celah diantara busi lebih dari 1 mm kami sarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

Setelan Klep Yang Tidak Sesuai

Dalam hal ini menjaga kondisi semua komponen mesin menjadi suatu kewajiban agar terhindar dari brebet. Dan salah satu komponen yang sangat berpengaruh ialah klep atau valve. Apabila setelah klep terlalu rapat atau terlalu longgar maka akan mempengaruhi jumlah gas yang masuk ke ruang pembakaran mesin. Hal tersebut berakibat terhadap pencapuran bahan bakar, udara dan pengapian menjadi tidak sempurna yang apabila dibiarkan maka akan membuat motor menjadi brebet.

Setelan Klep Yang Tidak Sesuai

Penyebab motor brebet diatas harus segera ditangani agar nantinya tidak menjalar ke komponen mesin lainnya. Untuk solusinya ialah dengan melakukan perbaikan dengan cara menyetel klep motor, jangan sampai salah setel apabila salah maka akan membuat performa motor tidak menjadi optimal.

Baca Juga :  "100% Ampuh" Cara Mengatasi Motor Ngempos Agar Tarikan Kembali Enteng

Masalah Pada Putaran Stasioner

Pada putaran stasioner akan sangat berpengaruh terhadap tarikan gas, apabila pengaturan putaran stasioner dibawah standar, maka nantinya membuat tarikan gas menjadi tidak stabil dan ,menyebabkan motor mengalami brebet. Dan untuk mengatasi hal demikian kalian harus mengatur ulang diputaran stasioner dengan menggunakan alat penyetelan stasioner mesin.

Masalah Pada Putaran Stasioner

Kerusakan Di Sensor Injeksi

Sensor injeksi atau injector memiliki fungsi utama untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran, jadi apabila injector mengalami kerusakan, maka pembakaran menjadi terganggu. Biasanya kerusakan injector disebabkan oleh pemakaian bahan bakar yang kurang sesuai dengan rasio kompresi mesin yang secara tidak langsung mempengaruhi kualitas semprotan bahan bakar, sehingga tarikan motor menjadi brebet.

Kerusakan Di Sensor Injeksi

Dan untuk solusinya penyebab motor brebet diatas ialah dengan cara membersihkan injector menggunakan cairan khusus pembersih injector yang dapat dibeli ditoko sparepart terdekat di daerah kalian. Namun apabila lubang injector sudah terlalu kotor, maka bisa membersihkannya dengan sikat. Dan selain itu jangan lupa menggunakan bahan bakar yang nilai oktannya sesuai dengan yang ditetapkan pabrikan.

Masalah Air Masuk Ke Tangki

Selain penyebab motor brebet diatas masih ada beberapa penyebab lainnya, salah satunya ialah masalah yang disebabkan oleh air yang masuk ke dalam tangki bahan bakar. Air yang tercampur dengan bensin akan mengakibatkan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran menjadi sedikit, sehingga pembakaran tidak langsung secara sempurna. Untuk solusinya motor brebet tersebut ada baiknya kalian menguras semua isi tangki supaya nantinya tidak ada air yang tercampur dengan bahan bakar.

Masalah Air Masuk Ke Tangki

Masalah Filter Bensin

Filter bensin memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dari tangki ke bak karburator, sering kali pemilik sepeda motor melakukan penggantian filter bensin yang tidak sesuai dengan standar pabrikan, sehingga mengakibatkan debit bensin yang masuk ke dalam bak karburator terlalu sedikit. Masalah tersebut menjadi salah satu penyebab motor brebet, untuk mengatasi tersebut lebih baik kalian menggunakan filter bensin yang sesuai agar kucuran bensin tetap deras.

Masalah Filter Bensin

Kondisi Fuel Pump Yang Kotor

Fuel pump komponen ini berguna untuk memompa bahan bakar ke ruang pembakaran mesin. Apabila kondisinya kotor maka bisa mengakibatkan tekanan bensin terlalu tinggi atau terlalu rendah yang otomatis dalam menyebabkan motor brebet. Solusinya ialah mengecek kondisi fuel pump apabila kotor maka harus segera dibersihkan, dalam kalian juga harus mengecek kekencangan fuel pump agar bisa bekerja secara maksimal.

Kondisi Fuel Pump Yang Kotor

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Motor Brebet Saat Digas semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂