Modifikasi Vespa Matic

Posted on

Modifikasi Vespa Matic – Dalam hal ini modifikasi vesp matic, sah-sah saja dilakukan, terutama buat kalian yang ingin tampil beda, ubahannya pun boleh sesuai selera dan bujet pastinya.

Misalnya kalau bujet kalian terbatas bisa mengganti beberapa komponen saja dengan merek aftermarket, dapat pula menambahkan aksesoris seperti boks, windshield dan lampu kabut agar terlihat lebih unik.

Apabila dana yang kalian memiliki cukup banyak, maka dapat mengubah vespa matic secara keseluruhan. Mulai dari rombah mesin, potong rangka hingga dengan menggunakan komponen ala sultan seperti Ohlins, Brembo dan lain sebagainya.

Modifikasi Vespa Matic

Dan secara garis besar ada tiga aliran modifikasi vespa matic yakni racing, klasik dan touring. Buat kalian yang ingin mencari inspirasi, berikut ini pembahasan selengkapnya dibawah ini:

Gaya Racing

Modifikasi vespa matic yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya gaya racing. Lantas apa bisa vespa dengan kesan retro mendapat sentuhan motor balap? Jawabannya sangat memungkinkan.

Beberapa motor vespa bahkan terlahir dengan aura sportif yang cukup kental, ambil contoh vespa sprint, vespa s dan vespa GTS. Hal ini ditandai dengan penggunaan warna hitam lebih dominan khususnya di sektor pelek. Vespa s bahkan memiliki kesan racing cukup kuat, lantaran penggunaan jok bergaya single seater layaknya motor balap.

Penerapan modifikasi vespa matic gaya racing sesungguhnya bisa dilakukan dalam beberapa macam. Kalau sekedar racing look yang paling sederhana dan asik untuk harian bisa tambahkan aksen hitam di beberapa komponen. Seperti dengan mengganti spion, lis bodi dan over lampu dengan warna hitam atau warna gelap.

Lalu khusus spion kalian bisa ubah posisinya ke ujung setang atau bar end. Tidak ketinggalan agar aura racing semakin kental coba ganti knalpot dengan versi aftermarket. Kemudian sepakbor belakang juga bisa copot, termasuk behel jok. Bodi motor pun bisa dicat ulang dengan warna matte.

Baca Juga :  Biar Tarikan Motor Injeksi Enteng

Jika kalian mau modifikasi vespa matic bukan cuma tampilannya saja yang racing tapi juga performa berkendaranya berubah. Lakukankanlah bore up sehingga kepasitas mesinnya meningkat.

Contoh bore up mesin vespa sprint yang tadinya Cuma 150 cc jadi 200 cc. Komponen yang perlu diganti seperti piston dapat gunakan shark 66 mm. Klep juga diubah lebih besar menggunakan 23 mm untuk in dan 25 mm untuk out.

Dan kalau tenaga sudah lebih baik, maka komponen pengereman dan suspense pun perlu mendapat revisi. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi performa mesin, karet bundar juga dapat diubah dengan ukuran yang lebuh lebar.

Sebagai gambaran, vespa sprint standar menggunakan ukuran ban 110/70-12 inci dan 120/70-12 inci. Kalau mau diubah, kalian bisa upgrade ke ukuran 120/70-12 inci di depan dan 130/70-12 inci di belakang. Penggantian ban lebih lebar juga membuat rasa berkendara lebih stabil, terutama saat melaju di kecepatan tinggi.

Aura Klasik

Modifikasi vespa matic dengan aura klasik sebenarnya gampang-gampang susah. Pasalnya desain motor vespa memang sudah sangat kental aura klasik. Bila salah modifikasi bisa-bisa justru membuat tampilannya jadi kurang pas.

Walau begitu kalian tidak perlu takut dalam memodifikasi motor vespa lakukan langkah-langkah berikit dijamin hasilnya bakal sangat klasik.

Pertama-tama kalian bisa memilih model vespa yang ingin dimodifikasi. Bocoran buat kalian vespa LX dan Primavera merupakan model dengan aura klasik paling kental. Hal ini didukung penggunaan lampu depan bulat.

Kemudian lakukan modifikasi vespa matic di bagian pelek, kalian bisa mengganti dengan model monoblok. Pilihannya beragam, salah satu yang bisa dicoba ialah pelek monoblok dari HD Corse.

Hanya saja dari sisi harga cukup tinggi, sekitar Rp 25 jutaan sepasang, ciri khas pelek gaya monoblok ialah minim celah, sehingga mirip dengan pelek vespa klasik.

Baca Juga :  Akibat Jika Tekanan Angin Ban Motor Kurang

Hal berikutnya yang dapat dilakukan agar vespa matic terkesan semakin retro ialah aksesoris, kalian bisa pasang ban serep atau ban cadangan di belakang jok, lalu jok pun boleh diubah menjadi terpisah antara pengendara dan pembonceng.

Pilihan warna bodi bisa kalian sesuaikan dengan cat yang sering digunakan oleh vespa zaman dulu, misalnya penggunaan warna biru telur asin seperti di vespa edisi special 70 tahunan Anniversary. Dengan berbagai ubahan tersebut dijamin vespa Primavera dan LX milik kalian jadi semakin klasik.

Modifikasi Touring

Gaya modifikasi vespa matic selanjutnya yang dapat kalian terapkan ialah touring. Paling cocok untuk model GTS 150 dan GTS 300, kenapa? Dua skuter vespa tersebut sudah dilengkapi dengan mesin berpendingin cairan, alhasil performanya mantap untuk penggunaan jarak jauh sekalipun.

Dan disamping punya jantung mekanis mantap, vespa GTS juga memiliki bodi bongsor, alhasil lebih nyaman untuk pengendara dan pembonceng saat berkendara dalam waktu lama.

Soal modifikasi vespa matic touring sebenarnya tidak terlalu rumit, kalian cuma perlu maksimalkan penggunaan berbagai aksesoris. Salah satu yang wajib ialah penggunaan boks belakang.

Fungsinya untuk meningkatkan kapasitas bagasi selain dibawah jok, hal ini penting untuk menyimpan berbagai barang bawaan selama touring, mulai dari pakaian ganti, makanan dan lain-lain.

Dalam memilih boks, pastikan kualitasnya baik dan tahan air, tersedia pula boks belakang dengan bantalan punggung supaya pembonceng bisa bersandar dengan nyaman. Harga boks untuk vespa GTS bermacam-macam, namun kisarannya Rp 5 jutaan.

Kemudian kalian juga dapat menambahkan aksesoris berupa windshield untuk penghalau angin. Fungsi aksesoris tersebut sangatlah penting, terutama membuat tubuh tidak langsung terkena terpaan angin depan saat touring.

Baca Juga :  Cara Membuat Mesin Motor Lebih Halus

Dan ketika memilih windshield sebaiknya pastikan kualitasnya mantap dan dimensinya tidak terlalu tinggi, hal tersebut lantaran semakin tinggi windshield, maka semakin sulit motor melaju.

Merek windshield yang dapat kalian beli untuk vespa GTS antara lain Unik, Vigano dan lain-lain, soal harga ada dikisaran Rp 3 jutaan.

Aksesoris terakhir untuk modifikasi vespa matic gaya touring ialah crash bar. Penggunaannya penting dalam mencegah bodi motor rusak terlalu parah saat kecelakaan di perjalaan. Dengan crash bar, efek buruk bisa minimalkan dan diharapkan setelah kecelakaan kalian masih bisa melajutkan touring sampai selesai.

Tips Modifikasi Vespa Matic

Percayalah bahwa modifikasi vespa matic memang bisa membuat tampilan motor jadi lebih keren. Hanya saja ubahannya jangan terlalu berlebihan, kenapa?

Desain skuter vespa pada dasarnya sudah sangat istimewa, memiliki bokong besar dan minim sudut menjadi ciri khas. Ingat salah satu alasan orang tertarik membeli vespa ialah desain yang tidak lekang dimakan waktu tersebut, jadi tipsnya sebisa mungkin jangan mengubah identitas motor kalian sebagai sebuah vespa.

Lampu boleh diganti, suspense boleh dirombak, mesin bisa dioprek. Namun sekali lagi, pastikan kalau kuda besi itu tetap terlihat selayaknya vespa. Pasalnya vespa buka cuma soal merek, tapi juga acara untuk bernostalgia.

Tips modifikasi vespa matic selanjutnya tetap perhatikan aspek keselamatan dan kenyamanan. Jangan sampai karena ingin tampil beda, motor jadi tidak nyaman ditunggangi. Hal ini penting karena buat apa motor dimodifikasi kalau cuma di lihat tapi tidak dapat dipakai membonceng kekasih hati.

Maka dari itu ingat, esensi dari sebuah motor yakni alat transportasi. Maka usahakan modifikasi yang kalian lakukan ke vespa matic justru bisa menambah kenyamanan berkendara.

Demikianlah pembahasan mengenai Modifikasi Vespa Matic semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂