Mio Pakai Rumah Roller Vario – Nah bagi penggemar kecepatan pakai motor matic, meningkatkan performa tidak hanya di sektor mesin. Dan banyak juga yang melakukan ubahan di sektor transmisi atau bagian CVT, wajib disesuaikan agar performa yang dihasilkan lebih baik lagi.
Cara paling mudah yakni mengganti rumah roller atau puli depan dengan yang memiliki sudut kemiringan rumah roller yang lebih tirus. Tujuannya agar saat putaran tinggi belt dapat dijepit dan terlempar lebih tinggi.
Hal ini tentunya membuat tenaga motor akan semakin keluar dan nafas mesin terasa lebih panjang. Tapi harga puli racing dipasaran cukup mahal, bisa Rp 250 ribu hingga 500 ribu.
Mio Adopsi Big Pulley Dari Vario Dan BeAT
Bisa menggunakan puli Honda BeAT untuk di aplikasi ke Yamaha Mio. Selain harga lebih murah, andari terjadi kerusakan terhadap puli spare-partsnya banyak. Lalu puli BeAT juga bisa masuk ke kategori big pulley. Karena roller yang digunakan lebih besar dari milik Mio.
Ubahan Yang Harus Dilakukan Agar Puli Vario Dan BeAT Bisa Di Pasang Di Mio
Memang ada ubahan yang harus dilakukan agar puli BeAT bisa dipasang di Mio. Tidak terlalu banyak, hanya tiga bagian yang diubah. Namun sebelumnya harus belanja part terlebih dahulu. Untuk beli satu set puli BeAT lengkap dengan rumah roller, slider dan roller dibanderol Rp 155 ribu, lebih murah kan.
Untuk bagian collar atau driven face boss atawa bushing disarankan menggunakan milik Honda Vario, itu karena milik BeAT lebih panjang. Ini bisa menyebabkan saat puli dipasang posisi belt malah jadi tidak dapat rapat dengan puli.
Mengubah Diameter Bagian Collar Atau Bushing
Untuk ubahan pertama yang dilakukan ialah mengubah diameter dalam bagian collar atau bushing Vario. Diubah dengan menyesuaikan bagian dalam seperti milik Mio. Pembesaran pada bagian dalam ini bertujuan agar collar dapat dimasukkan ke dalam as.
Rumah Roller Harus Disesuaikan
Kedua rumah roller juga harus disesuaikan, yakni 3 tiang tempat slider bekerja juga kena papas. Di papas sekitar beberapa millimeter atau diratakan. Tujuannya agar saat roller terlempar bagian tutup puli tidak bersinggungan dengan one way dan gir starter.
Bagian Ramp Plate Atau Tutup Puli
Dan ketiga bagian ramp plate atau tutup puli. Bagian ini juga harus dibubut di bagian lubangnya. Dibubut sekitar 1 mm, atau bisa dengan menyesuaikan besar lubang dengan milik Mio. Karena lubang di bagian tutup puli BeAT lebih kecil, agar saat puli digunakan posisi tetap lurus.
Tips Mengubah Pakai Rumah Roller Vario Dan BeAT
Tips mengubah rumah roller atau puli mio menggunakan vario dan beat, pada bagian belakang dekat gir starter diberi spacer. Hal ini tujuannya agar saat puli bekerja, posisi belt tidak miring dan tetap lurus sehingga gerak belt akan sempurna.
Untuk spacer bisa menggunakan ramp plate milik Mio. Diambil di bagian yang datarnya saja, untuk ini bisa meminta bantuan tukang bubut. Setelah dipotong pasang pada bagian belakang atau sebelum memasang puli, pasang dulu bagian spacer tadi. Jadi fungsi tutup puli Mio itu hanya sebagai pengganjal.
Mio Lebih Awet
Yamaha Mio menggunakan puli depan atau rumah roller Honda Vario sebenarnya berisiko. Rumah roller mudah oblak karena cincin yang bertemu bushing mudah aus. Tidak seperti puli rumah roller asli Yamaha Mio yang dilengkapi sil karet sebagai penyekat grease atau gemuk.
Adanya gemuk membuat gesekan cincin rumah roller dan bushing jadi rendah. Karena gemuk memberikan pelican dan mengurangi gesekan. Kontruksi puli rumah roller seperti ini bukan hanya milik Vario.
Honda BeAT juga seperti ini, biasanya yang kalah cincin di rumah roller. Bisa seperti itu karena cincin rumah roller dibuat dari bahan yang lebih lunak. Seperti bahan tembaga atau kuningan, sedangkan bahan bushing dari baja yang dihard krom.
Demikianlah pembahasan mengenai Mio Pakai Rumah Roller Vario semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂