Ciri CDI Lemah

Posted on

Mengatasi CDI Lemah – CDI atau Capacitive Discharge Ignition bisa dikatakan merupakan salah satu komponen yang punya peran begitu penting. Terutama dalam rangkaian kelistrikan pada sebuah kendaraan roda dua.

Jika terjadi masalah pada komponen yang satu ini, dapat dipastikan motor akan banyak mengalami kendala. Mengingat fungsi utama CDI sebagai pengendali besar kecilnya arus tegangan untuk masuk ke dalam sistem pengapian.

Semakin bagus kualitas dan kondisi CDI pada motor, maka otomatis akan membuat percikan bunga api yang keluar dari busi motor akan semakin besar. Maka dari itu jika pengapian pada motor kecil, bisa jadi kondisi CDI sudah mulai lemah.

Bicara mengenai hal tersebut, sesuai dengan judul diatas, maka dikesempatan kali ini kami akan merangkum beberapa informasi terkait ciri-ciri CDI lemah pada motor lengkap dengan beberapa penyebab dan juga tips bagaimana cara mengatasi CDI agar lebih awet dan tahan lama.

Perannya yang begitu penting di dalam rangkaian kelistrikan sepeda motor, CDI benar-benar harus selalu kita perhatikan. Jika tidak akan ada banyak masalah terjadi pada motor kalian, termasuk motor mati mendadak dan sulit di hidupkan.

Ciri Ciri CDI Lemah Pada Motor

Setelah mengetahui pentingnya CDI pada sepeda motor seperti yang disampaikan diatas. Meminimalisir terjadinya hal buruk yang menimpa motor, sudah pasti kalian harus tahu gejala dan juga ciri ciri CDI lemah pada motor dan berikut gejala atau ciri ciri CDI motor mulai melemah.

Baca Juga :  Spul Yamaha RX-King,, Cuma Sebesar Jari ??

Arus Listrik Yang Tidak Stabil

Hampir semua jenis sepeda motor yang ada memiliki rangkaia kelistrikan sebagai penyuplai arus listrik untuk menghidupkan berbagai komponen, termasuk dalam sistem pengapian sepeda motor.

Terlebih untuk jenis motor matic yang belakangan ini cukup populer di tengah masyarakat tanah air. Sebab motor satu ini hampir semuanya di operasikan dengan memanfaatkan aliran listrik.

Adapun ciri ciri CDI lemah pada motor yang pertama bisa dirasakan yakni menurunnya tegangan atau arus listrik pada seluruh sistem kelistrikan. Ada beberapa indikator terkait tegangan arus listrik bisa dikatakan mulai tidak stabil akibat CDI melemah seperti:

  • Nyala lampu motor sudah mulai meredup.
  • Lampu indikator pada panel istrumen atau speedometer mati.
  • Lampu utama mudah putus.

Motor Mati Mendadak

Selain arus listrik yang mulai tidak stabil, ciri ciri CDI lemah pada motor juga bisa di lihat atau di rasakan para pengendara ketika membawa motor tersebut. Dimana saat motor tiba tiba mati mendadak, bisa jadi indikator utamanya ada pada bagian CDI motor.

Jika benar demikian, bisa disimpulkan bahwa sistem kelistrikan pada komponen CDI mulai mengalami gangguan cukup fatal. Bahkan kondisi CDI rusak dan atau konsleting membuat motor mati mendadak bisa saja terjadi.

Oleh karena itu sebelum motor mulai mengalami masalah begitu parah karena kondisi CDI mulai lemah, segera diperiksa dan di perbaiki.

Terjadi Konsleting Kabel

Dampak atau ciri ciri CDI lemah pada motor yang berikutnya yakni sering terjadi hubungan arus pendek atau konsleting pada bagian kabel yang terhubung ke bagian CDI motor. Walaupun pada dasarnya konsleting pada kabel sendiri tidak selalu datang dari CDI.

Namun kondisi CDI motor yang sudah lemah atau bahkan rusak seringkali menyebabkan konsleting pada kabel sering terjadi. Hal tersebut dikarenakan adanya arus listrik yang mulai tidak stabil dalam melewati kabel.

Baca Juga :  √ Penyebab Masalah Pengapian Pada Motor "Tidak Ada Bunga Api Atau Terlalu Cepat"

Untuk memastikan ciri ciri CDI lemah pada motor yang mengakibatkan sering terjadi konsleting. Bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah yakni dengan memanfaatkan alat bernama avometer dengan menempelkan probe hitam ke massa dan probe merah ke kabel CDI dari koil.

Motor Sulit Dihidupkan

Rangkaian kelistrikan pada sepeda motor menjadi hal penting harus diperhatikan. Sebab saat pertama kali motor akan di hidupkan arus tegangan listrik stabil harus ada untuk bisa menghidupkan motor starter guna menyalakan mesin motor.

Jika mesin sulit dihidupkan, bisa jadi hal ini termasuk ciri ciri CDI lemah pada motor. Meski bisa menjadi indikator kondisi CDI motor mulai lemah, namun tak semerta-merta mesin motor sulit di hidupkan juga dikarenakan CDI yang mulai lemah.

Tetapi juga bisa jadi karena busi motor mati, koil terbakar atau juga karena adanya faktor lain. Nah untuk memastikan hal demikian tersebut kami sarankan agar kalian memeriksa seluruh bagian kelistrikan termasuk pengecekan komponen CDI.

Penyebab CDI Motor Lemah / Rusak

Lantas apa sih yang menjadi penyebab CDI lemah pada motor ? Bicara mengenai hal ini, sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa menjadi indikator faktor utamanya. Nah beberapa diantara hal tersebut meliputi:

  • Busi Bermasalah : Salah satu penyebab lemahnya CDI motor bisa terjadi karena adanya masalah pada bagian busi motor, jadi pastikan kondisi busi juga harus selali dirawat yah.
  • Koil Sudah Rusak : Selain busi bermasalah, penyebab CDI lemah pada motor juga seringkali diakibatkan karena koil pada motor ru
  • Spull Putus / Terbakar : Spul pada motor jika putus atau terbakar juga akan mengakibatkan kondisi CDI melemah, sebab arus listrik yang dihasilkan spul tidak akan menurun.
Baca Juga :  Cara Melepas Baut Yang Patah Di Dalam "Dengan Screw Extractor"

Tips Mencegah CDI Motor Melemah

Nah setelah mengetahui ciri ciri CDI lemah pada motor seperti kami rangkum diatas serta mengetahui beberapa penyebabnya. Dibawah ini ada beberapa tips cara mencegah CDI motor lemah atau rusak.

  • Selalu cermati jalur pemasangan kabel CDI.
  • Selalu memperhatikan koneksi atau sambungan kabel dengan kaki-kaki pada CDI.
  • Gunakan kabel CDI yang memiliki kualitas bagus.
  • Usahakan selalu memakai CDI standar dan sesuai untuk setiap jenis motornya.
  • Dan terakhir tempatkan CDI pada posisi yang tepat, jangan di dekat mesin atau berada di luar yang akan mengakibatkan terkena air atau panas berlebih.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri CDI Lemah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂