Membuat Charger Aki Otomatis

Posted on

Membuat Charger Aki Otomatis – Aki merupakan salah satu komponen sepeda motor yang paling penting selain bahan bakar, karena jika aki motor mati secara otomatis pengapian atau sistem kelistrikan yang terdapat pada motor tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Aki sendiri berperan penting terutama pada kendaraan yang menggunakan sistem teknologi yang dinamakan ECU (electronic control unit) atau lebih di kenal dengan teknologi injeksi kalau orang – orang bilang, injeksi sendiri ialah pengganti karburator untuk memasukan bahan bakar ke dalam mesin untuk dip roses ke pembakaran.

Aki motor berfungsi sebagai energi pembangkit listrik pada ECU, sebelum mesin motor dihidupkan yang di tandai dengan bunyi “tritt” panjang saat kontak kita ON kan.

Jika aki sepeda motor kalian tekor tentunya hal tersebut akan membuat sistem ECU serta perangkat atau komponen lainnya misalnya saja seperti klakson dan lampu sein tidak bekerja secara maksimal. Maka dari itu alangkah baiknya kalian coba untuk melakukan charger aki ulang pada kendaraan kalian.

Mungkin kalian bertanya tanya bukan bagaimana sih cara men charger aki otomatis? Apakah aki motor bisa di charger ? jawabannya ialah bisa.

Aki dapat di charger atau di isi ulang karena aki memiliki lebih dari satu sel atau dengan kata lain aki ialah sumber energi listrik dengan elemen-elemen ganda.

Untuk cara pengisian ulang aki sebenarnya sangat mudah, kalian tinggal memasang saja kutub (+) kalian charger ke (+) dan kutub (-) kalian charger ke (-) aki.

Membuat Charger Aki Otomatis

Nah kalian juga bisa kok membuat charger aki sendiri, kalian bisa lihat gambar skema rangkaian dibawah ini.

Dalam hal ini yang perlu kalian ketahui bahwa untuk men charger aki sebenarnya tidak harus membutuhkan arus yang besar. Kebutuhan arus di sesuaikan dengan spesifikasi yang tertera di bagian aki sendiri.

Jika arus yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi yang disarankan maka akan berakibat jelek bagi aki motor tersebut. Satu hal lagi yang perlu kalian perhatikan dalam men charger atau pengisian aki motor yakni waktu atau lamanya pengisiannya.

Pengisian aki motor dengan arus listrik yang besar tentunya akan lebih cepat, namun akan berakibat pada usia aki motor sendiri menjadi semakin pendek. Untuk pengisian aki yang baik ialah dengan arus listrik yang kecil akan tetapi akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Rumus Menghitung Berapa Lama Pengisian Aki

Untuk menghitung waktu berapa lama pengisian aki sampai selesai maka bisa menggunakan rumus berikut ini:

Seperti yang kalian lihat pada gambar diatas, jadi untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi aki terserah kalian, jika kalian ingin pengisian yang cepat maka bisa menggunakan charger aki dengan arus agar lebih besar.

Tapi ingat output arus tidak lebih dari 20% dari arus yang tertera pada aki (Ah). Jika kalian bertanya angka 20% pada rumus diatas itu artinya ialah inefisiensi rata2 pabrikan accu ketika melakukan charger untuk mengisi dari jam ke jam hingga penuh.

Untuk skema charger aki otomatis diatas dilengkapi juga dengan sistem pemutus arus otomatis menggunakan relay. Jadi jika aki motor sudah terisi penuh, maka nanti akan terjadi secara otomatis arus pengisian berhenti dan aki motor akan aman dari lamanya waktu pengisian yang berlebihan.

Skema Sistem Pemutus Arus Otomatis

Akan tetapi jika kalian mengalami kesulitan dalam membuat sistem otomatisnya silahkan kalian lihat kembali skema yang lebih sederhana dibawah ini:

Jika kalian perhatikan gambar diatas, pilih arus sesuai dengan kebutuhan kalian serta ubah nilai kapasitor menjadi minimal 6000 uF / x volt (pilihlah tegangan kapasitor sedikit diatas tegangan kerja adaptor misalnya 600uF / 25 volt untuk output 15-18 v) agar charger tidak drop saat diberikan beban aki.

Untuk tegangan Output usahakan lebih tinggi sedikit dari tegangan aki (kisaran 13-15 volt jika aki kalian memiliki tegangan 12 v).

Kalian juga bisa menambah beberapa LED indikator sebagai penanda bahwa rangkaian sudah on (Led diseri dengan R 1k agar tidak terbakar). Di bawah ini adalah penampakan charger aki sederhana, spesifikasinya sebagai berikut:

  • Tranformator CT 3 A,
  • tegangan 15 V,
  • penyearah dengan 2 dioda
  • + Led indikator.

Tampilan Gambar Charger Aki Sederhana

Nah bagaimana apakah kalian sudah memahami ulasan di sajikan diatas, berikut ini ada tambahan lagi mengenai bagaimana cara membuat charger aki jika kalian masih belum paham mengenai yang disajikan diatas.

Skema Pembuatan Charger Aki Motor

Spesifikasi yang dibutuhkan :

  • transformator (trafo) 5 ampere 12v,
  • kapasitor/elco 2200uf/25v ,
  • Dioda 5ampere…

Penjelasan mengenai cara membuat cas aki motor yaitu:

Trafo

Anda bisa mencari trafo yang berkapasitas 5 ampere dengan keluaran 12v di toko toko elektronik terdekat di kota anda.Untuk cara kerjanya adalah menurunkan tegangan PLN 220 Volt menjadi 12 volt.

Trafo sendiri dia sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penyuplai daya listrik untuk mengecas daya listrik aki. Sedangkan untuk Ampere trafo disesuaikan dengan ampere pada aki motor.

Dioda

Seperti yang kita ketahui bahwa keluaran (output) trafo adalah menggunakan arus berjenis AC (arus bolak – balik), sedangkan untuk aki dia menggunakan arus berjenis  DC (arus searah). Maka untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sebuah komponen elektronik yang berfungsi untuk menyearahkan arus AC tersebut,nah komponen elektronik tersebut disebut dengan istilah dioda.

Sebenernya kalau anda tahu dioda ,bentuk ini adalah mirip seperti kiprok pada kendaraan sepeda motor . tapi kalau pada kendaraan dioda yang digunakan adalah dioda berjenis  bridge (4 dioda), sedangkan disini (khusunya untuk membuat charger aki yaitu cukup menggunakan 2 buah dioda yang serinya yaitu 1N4001, atau 1N4002, atau 1N4007 atau lainnya yang memiliki kemampuan diatas ketiga dioda yang disebutkan.

Kapasitor

Untuk Penggunaan kapasitor dalam skema rangkaian charger sebanarnya tidak terlalu diwajibkan karena aki sendiri merupakan kapasitor raksasa.

Tapi ya kembali ke anda , apakah mau di pasang atau tidak , tapi  kalau berdasarkan berbagai sumber lebih baik di aplikasikan karena untuk perata arus…

Amperemeter

Amperemeter ,untuk penunjuk pengisian baterai , anda bisa aplikasikan atau tidak terserah anda.

Demikianlah pembahasan mengenai Membuat Charger Aki Otomatis semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂