Letak Busi Motor Beat

Posted on

Letak Busi Motor Beat – Angka populasi sepeda motor berjenis matic rupanya makin mendominasi di jalan raya. Mulai dari ibu-ibu untuk belanja ke pasar sampai abang-abang drive ojek online, kebanyakan dari mereka menggunakan motor matic.

Dan sedangkan untuk jumlah pemakai moped alias bebek makin hari semakin jarang terlihat, terutama bebek entry level, kira-kira kenapa ya pada suka motor matic ??

Kebanyakan dari populasi matic memiliki dimensi lebih kecil dibanding dengan motor bebek. Hal ini lantas berpengaruh terhadap bobot kendaraan, sehingga kaum hawa cenderung memilih kendaraan roda dua bertransmisi otomatis tersebut lantaran handling yang relatif lebih mudah.

Dan untuk bagian transmisi lantas membuat kedua motor memiliki kencenderungan lebih unggul di medan tertentu. Jika kalian menggunakan kendaraan untuk kepentingan transportasi sehari-hari serta rentan terjebak macet, maka matic lebih cocok digunakan. Dan selain itu perjalanan diatas 10 km terasa lebih nyaman ditempuh dengan kuda besi ini.

Nah itu lah sekilas mengenai motor matic, nah sesuai pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai Letak Busi Motor Beat sebelum ke topic utama kita bahas terlebih dahulu apa sih busi itu ?? bagaimana fungsi busi itu ?? dan bagaimana cara kerjanya ?? simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

Pengertian Busi

Busi ialah sebuah suku cadang yang diletakkan pada bagian dalam dari mesin pembakaran dengan ujung elektroda besi pada ruang bakar. Fungsi busi ialah bertugas untuk memercikkan bunga api yang dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah di kompresi sampai menjadi langkah usaha.

Baca Juga :  Cara Terampuh Merawat Knalpot Agar Tidak Menguning !! Ini Solusinya

Fungsi Busi

Fungsi busi ialah untuk membakar bahan bakar yang telah di kompresi atau telah ditekan oleh piston. Busi akan memercikan listrik yang akan membakar bahan bakar. Busi dihubungkan oleh kabel ke koil pengapian oleh kabel busi.

Cara Kerja Busi

Dan sementara itu cara kerja busi dimulai ketika arus listrik dihidupkan oleh koil pengapian. Dan perlu di catat koil menghasilkan sumber listrik yang cukup tinggi, arus listrik tersebut lalu mengalir ke distributor, kabel tegangan tinggi dan juga busi.

Dan pada saat arus listrik ada dibusi, arus tersebut akan lompat dari elektroda tengah menuju elektroda negative “masa”. Proses inilah yang menggasilkan percikan bunga api yang bertugas untuk membakar kabut bahan bakar sehingga membuat mesin motor bisa hidup dan bekerja sebagaimana mestinya.

Penting banget memang peran busi dalam sebuah mesin, dan apabila busi dalam motor mati tentu mesin akan tidak bisa dihidupkan. Maka dari itu busi merupakan salah satu sparepart yang harus ada pada bagasi jok motor.

Bagian-Bagian Busi

Dalam sebuah busi, terkandung bagian-bagian yang ada bekerja serupa untuk membuahkan percikan api. Tentu bagian-bagian berikut bekerja serupa pentingnya, berikut ini adalah bagian-bagian yang ada didalam sebuah busi.

Terminal

Terminal berfungsi sebagai penghubung antara busi bersama koil pengapian. Biasanya terminal busi punya konektor berbentuk plug, namun ada juga yang gunakan konektor bersama type terminal kabel.

Ribs

Apa itu ribs? Ribs adalah lekuk-lekuk yang ada pada anggota insolator. Ribs berfungsi sebagai patokan jarak antara inti elektroda bersama ground. Semakin jauh jaraknya ambatan antar inti besi dan ground jadi besar sampai tegangan tidak bisa lompat berasal dari inti besi ke ground sekitar busi

Insulator

Insulator adalah anggota busi yang berfungsi untuk memberikan topangan mekanik bagi inti elektroda yang berada ditengahnya sekaligus sebagai isolator elektrik pada tegangan tinggi yang dapat mengalir di inti elektroda. Umumnya insulator terbuat berasal dari keramik atau porselen

Baca Juga :  Tutup Radiator Vario Mulai Rusak

Insulator Tip

Insulator Tip teletak pada anggota ujung busi. Bagian ini dapat mengalami pembakaran pada area bakar, jadi bahan insulator tip kebanyakan terbuat berasal dari bahan yang tahan panas. Biasanya, insulator tip dapat tetap kuat mencegah panasnya proses pembakaran sampai 600 derajat celcius dan bisa mencegah beban sampai 60.000 Volt.

Seal

Sesuai namanya, kegunaan seal adalah sebagai penyegel atau pembatas sehingga kompresi yang ada pada area bakar tidak mengalir keluar.

Metal case

Selain dikenal bersama sebutan metal case, anggota ini juga disebut jaket. Fungsi basic berasal dari metal case adalah sebagai pengunci busi ke silinder head. Metal case juga punya kegunaan lain diantaranya sebagai konduksi sampai panas berasal dari busi bisa dikonduksikan ke tempat lain, tidak cuman itu metal case juga berfungsi sebagai sebagai ground pada busi.

Centre Electrode

Biasanya Centre Electrode terbuat berasal dari bahan campuran berasal dari nikel, tembaga dan chromnium. Inti berasal dari centre electrode mengakses bersama anggota kepala busi lewat lewat penghubung internal yang di selubungi oleh keramic insulatornya.

Ground

Bagian ini adalah anggota paling ujung busi yang bersinggungan segera bersama body. Pada anggota ini elektron dapat melompat elektroda inti ke ground terdekat. Biasanya anggota ini terbuat berasal dari bahan yang punya kekuatan hantar yang baik.

Nah itulah pengertian busi, fungsi busi, cara kerja busi dan bagian-bagian busi yang telah diulas diatas. Nah untuk yang selanjutnya sesuai dengan topic utama yakni Letak Busi Motor Beat. Untuk lebih mengetahuinya dimana letak busi motor beat simak ulasannya dibawah ini:

Letak Busi Motor Beat

Adapun letak busi motor beat sebagai berikut:

Baca Juga :  "Wajib Baca" Bagaimana ?? Mengenal Komponen Suzuki Nex (Fv 110)

Untuk yang pertama siapkan obeng kembang, kunci busi dan kunci T10.

Lalu buka sekrup, ada 5 sekrup penutup body.

Lalu buka jok ambil sekat yang nutup aki, gunakan kunci T10 untuk membuka 2 sekrup ini.

Kemudian copot aki dari kabelnya.

Lalu ambil aki dan sisihkan, nah dibawah aki ini ada 2 sekrup lagi, lalu buka dengan menggunakan kunci T10.

Kemudian angkat kotak yang ditandai dengan warna merah, lalu cabut kabelnya hati-hati. Lanjut angkat yang ditandai warna hijau, tidak perlu dicopot kabelnya. Perhatikan lempengan yang nempel di bodi lambung ini “ yang ditandai warna biru” copot saja, ini untuk membuka lubang yang cukup besar untuk mengeluarkan komponen di kotak hijau dan kabel-kabel aki.

Kemudian angkat jok ketas serta lambung tempat jeroan, ingat kabel-kabel lewatin lubang tadi agar terpisah dengan lambungnya. Nah kalau jok udah terangkat sekarang saatnya proses membuka body bagian yang menutupi busi, tarik sesuai arah panah, bagian no 1 merah kalau udah terlepas, tarik bagian no 2 merah sesuai arah panah.

Nah keliatan kan jeroan Honda beat kebuka kan, lho tapi mana businya, keliatan kan dibalik tulang rangka yang menghadap kita, dibawah kanan lambung.

Lalu terus buka tutup businya, mudah koq cabut aja. Cuma posisi tangannya emang agak sulit, terus ambil kunci busi dan colokin dengan batang besih “obeng bisa”.

Nah akhirnya ke cabut juga businya, mana sudah item businya, gosok dengan menggunakan amplas untuk menghilangkan kotoran yang menempel di busi tersebut.

Dan untuk yang terakhir proses pemasangan sesuai dengan urutan diatas Cuma dibalik saja.

Demikianlah pembahasan mengenai Letak Busi Motor Beat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂