Langkah Tepat – Buat Laporan Kehilangan Motor

Posted on

Laporan Kehilangan Motor – Sepeda motor hilang, hal ini tentunya membawa duka yang sangat mendalam bagi pemilik kendaraan. Dan terkadang membuat pemilik kendaraan jadi panik dan kerap bingung untuk mengurus surat kehilangan dari kepolisian.

Langkah awal tentunya dengan membuat laporan kehilangan motor ke pihak yang berwajib. Agar pihak kepolisian dapat segera menerbitkan surat kehilangan untuk keperluan kalian seperti mengurus proses leasing ataupun klaim asuransi kendaraan.

Laporan Kehilangan Motor

Dan banyak masyarakat beranggapan membuat laporan kehilangan motor tidak akan banyak membantu dan juga masih (buta) mengenai proses lapor polisi untuk kasus hilangnya kendaraan bermotor.

Pikiran itu muncul karena mereka belum mencoba. Padahal dari surat laporan kehilangan motor banyak manfaat yang didapatkan, contohnya kalian bisa mencairkan klaim asuransi, dan apabila kalian memang memiliki asuransi serta premi jenis ini.

Lantas seperti apa sebenarnya prosedur membuat laporan kehilangan motor sampai mendapatkan surat dari pihak kepolisian ?? nah simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Dengan Membawa Surat Pengantar Dari Pejabat Setempat

Nah sebelum jauh melanglah ke pihak kepolisian, kalian harus membuat laporan kehilangan motor ke pejabat setempat, di mana motor yang kalian miliki hilang, seperti RT, RW, Kecamatan, sampai keluruhan. Dan setelah itu kalian akan mendapatkan surat pengantar yang berisi pernyataan, bahwa kalian mengalami kehilangan dilokasi tersebut.

Dengan surat yang diterbitkan oleh pejabat setempat tersebut, membawa kalian menjadi saksi dan bukti kuat. Bahwa kalian tidak berbohong soal kehilangan kendaraan. Tidak semua kantor polisi meminta bukti ini, namun alangkah baiknya jika kalian persiapkan terlebih dahulu.

Baca Juga :  Cara Termudah Membuat Motor Irit Bahan Bakar

Dengan Melengkapi Dan Membawa Surat Dokumen Kendaraan Yang Hilang Untuk Laporan Kehilangan Motor

Pada saat datang ke kantor polisi, biasanya mereka meminta sejumlah dokumen penting terkait kendaraan yang hilang seperti fotokopi KTP, STNK, faktur pajak, BPKB, tanda lapor, polis asuransi “jika ada” dan pengantar asli dari asuransi.

Selanjutnya kalian akan menerima berita acara pemeriksaan “BAP” dan juga surat pemblokiran, dimana setelah itu kalian harus mengurus surat pemblokiran ke Direktorat Lalu Lintas.

Dengan Mengurus Surat Pemblokiran Ke Direktorat Lalu Lintas

Untuk proses selanjutnya kalian harus mengurus surat keterangan pemblokiran ke Direktorat Lalu Lintas. Disana kalian akan mendatangi bagian Sat V Ranmor Ditreskrimum, untuk mengurus Surat Keterangan Hilang.

Dan dapatkan laporan kemajuan dari polsek/Polres/Polda tempat kalian lapor kehilangan motor, untuk mendapatkan Surat Bukti Lapor.

Menyiapkan Surat-Surat Untuk Laporan Kehilangan Motor Ke Leasing Dan Asuransi

Bila motor kalian yang hilang dibeli dengan skema kredit, biasanya pihak leasing akan mengganti kehilangan motor tersebut atau memberikan sejumlah dana sebagai bentuk ganti rugi.

Bawalah surat kehilangan yang sudah dibuat, untuk mendapatkan penggantian motor yang hilang. Bila kalian mengasuransikan kendaraan kalian juga wajib untuk dapat langsung ke kantor asuransi yang bersangkutan.

Dan pada umumnya proses klaim asuransi, tidak memakan waktu yang lama. Dan terkadang banyak masyarakat yang kerap bingung untuk melakukan pelaporan ke pihak kepolisian terlebih dahulu atau klaim asuransi. Agar kalian tidak bingung berlarut-larut.

Lapor Polisi Atau Leasing Terlebih Dahulu ??

Untuk hal ini jangan bingung dan jangan gusar kerap membuat laporan kehilangan motor memang sedikit membuat pusing kepala. Namun yang pasti pastikan dahulu motor yang kalian miliki saat ini berstatus motor kredit atau bukan.

Pasalnya bila masih mengangsur, sebaiknya kalian lebih dahulu mendatangi leasing, supaya klaim asuransi bisa berjalan. Lalu selanjutnya kalian bisa mendatangi pihak kepolisian untuk membuat surat kehilangan.

Baca Juga :  √ Yuk Simak,, Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Digas Serta Solusinya

Leasing pun biasanya kerap mewanti-wanti pemilik kendaraan, jika menjadi korban pencurian sebaiknya menghubungi pihak leasing terlebih dahulu. Karena jika membuat laporan kehilangan motor ke pihak kepolisian terlebih dulu, biasanya kunci kendaraan dan STNK akan disita oleh pihak kepolisian untuk dijadikan barang bukti.

Sebagai gambaran untuk kalian, jika kunci dan STNK disita, kalian akan sulit klaim asuransi. Karena syarat pencairan asuransi, membutuhkan kunci dan STNK juga. Namun jika sudah terlanjur kalian bisa meminta surat penyitaan dari kepolisian.

Proses pelaporan ke pihak berwajib saat kendaraan hilang di curi memang cukup merepotkan. Pada umumnya prosesnya pun membutuhkan waktu berhari-hari, meski begitu kalian harus jalani seluruh prosedur itu, agar tidak rugi terlalu banyak.

Hal terpenting, bila kalian membali motor secara cash pastikan motor itu sudah dilindungi asuransi. Sehingga ketika hilang, kalian bisa lekas mendapat kendaraan pengganti, setidaknya kalian tidak merugi terlalu besar.

Pemilik kendaraan yang hilang biasanya enggan untuk membuat laporan kehilangan motor. Karena terlebih dahulu memikirkan bermacam langkah yang harus dilakukan, biasanya juga berfikir ribet dalam pengurusannya.

Padahal dengan surat kehilangan yang didapat dari laporan tersebut banyak manfaat yang bisa didapat. Masyarakat beranggapan bahwa kator polisi seringkali lama dalam menerbitkan surat kehilangan ini. Namun sejatinya ada langkah yang perlu diketahui saat lapor agar prosesnya maksimal dalam tempo waktu yang cepat.

Melengkapi Persyaratan Sebelum Datang Ke Kantor Polisi

Ketika memutuskan untuk membuat laporan kehilangan motor ke pihak kepolisian, kalian pastikan dulu seluruh dokumen terkait kendaraan yang hilang sudah siap. Dengan begitu dapat lebih menghemat waktu.

Membawa kelengkapan dokumen kendaraan yang hilang secara lengkap, tentunya membuat kalian jadi tidak perlu bolak-balik karena dokumen yang dibutuhkan kurang. Tidak lupa kalian juga  harus membawa dokumen pribadi seperti KTP dan NPWP.

Baca Juga :  Cara Mengurus Motor Masih Kredit Hilang

Pembuatan BAP Jadi Bagian Laporan Kehilangan Motor

Dari dokumen yang sudah lengkap, kalian akan diarahkan untuk membuat BAP. Proses ini sebaiknya kalian lalu dengan pikiran yang rileks, sebab polisi akan sulit mengurai kisah kehilangan kendaraan, jika kalian bercerita dengan penuh emosi.

Langkah yang bisa kalian lakukan, mungkin dengan menceritakan lokasi hilangnya motor, waktu kejadian dengan siapa, dan motornya jenis apa. Sebaiknya kalian tidak perlu mengurai prasangka-prasangka kalian mengenai siapa yang kira-kira berpotensi jadi pencurinya karena ini dapat mengaburkan BAP.

Caritakan saja apa yang benar-benar terjadi tanpa ada bumbu drama hanya karena kalian ingin meluapkan emosi. Cobalah ingat baik-baik detail atau ciri-ciri kendaraan selain warna dan tipenya.

Hal-hal spesifik seperti stiker yang menempel pada kendaraan akan jadi pernyataan yang bermanfaat untuk polisi dan memudahkan pencarian karena kendaraan kalian punya keunikan tersendiri.

Proses panjang cara lapor ke polisi terkait kendaraan yang hilang tidak ayal membuat korban tidak sabaran. Menghadapi polisi dengan banyak pertanyaan pada saat BAP jadi tantangan. Dan sebaiknya kalian lebih bersabar dan menjawab dengan konsisten setiap pertanyaan yang dilontarkan, sebab polisi juga punya tugas berat yakni memastikan bahwa cerita kalian emmang nyata adanya.

Lantas apa yang dilakukan pihak kepolisian bukan tanpa alasan, karena banyak sekali modus kehilangan kendaraan, digunakan untuk mencairkan asuransi padahal motor yang dimiliki tidak benar-benar hilang.

Oleh karena itu polisi selalu memastikan berkali-kali runtutan kejadian yang dialami. Jadi seperti itulah proses laporan kehilangan motor yang mungkin harus dijalani pemilik kendaraan yang hilang. Dari pada kehilangan alangkah baiknya kalian lebih berhati-hati dan memberika proteksi lebih untuk motor kesayanganmu.

Demikianlah pembahasan mengenai Laporan Kehilangan Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂