Penyebab Lampu Indikator Aki Motor Menyala Terus Dan Solusinya

Posted on

Lampu Indikator Aki Motor Menyala – Nah seiring berkembangnya teknologi seperti sekarang ini banyak bermunculan motor dengan dibekali dengan fitur berteknologi canggih, hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesan nyaman bagi setiap pengguna.

Beberapa fitur yang tersedia akan terletak di beberapa bagian penting pada sebuah kendaraan motor dan salah satunya pada speedometer.

Didalam speedometer motor terdapat cukup banyak lampu indikator yang sudah tersedia diantaranya adalah lampu indikator aki, dimana memiliki fungsi sebagai peringatan jika kondisi aki tidak bagus.

Namun kalian sebagai pengguna kendaraan roda dua memang wajib untuk mengetahui ketika lampu indikator aki motor menyala, karena itu bukan sebuah kondisi baik pada aki motor kalian.

Jika kedapatan lampu indikator menyala maka segera melakukan tindakan agar tidak menyala lagi, tetapi sebelum itu pastikan kalian mengetahui penyebabnya dikarenakan apa, dengan mengetahui sumber masalahnya dikarenakan apa secara otomatis lebih mudah mencari solusinya.

Pada intinya jika lampu indikator aki menyala sebetulnya bukan suatu masalah besar karena kalian masih bisa atasi sendiri dirumah, mungkin banyakan yang bertanya kenapa lampu indikator aki menyala tetapi masih bisa menghidupkan mesin motor.

Untuk hal seperti tersebut memang masih bisa, biasanya dikarenakan motor tersebut jarang di hidupkan selama beberapa hari.

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada pertemuan sangat baik ini kamia akan informasikan kepada kalian semua mulai dari sumber masalahnya dikarenakan apa serta cara mengatasinya seperti apa.

Bila penasaran dengan itu semua maka disarankan agar simak sampai selesai sehingga nanti lebih paham pada saat melakukan, baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak ulasan sudah dipersiapkan oleh kami sebagai berikut.

Penyebab Lampu Indikator Aki Motor Menyala

Sebagaimana sudah dijelaskan kepada kalian semua, ketika kedapatan masalah seperti tersebut maka langkah pertama harus dilakukan adalah mencari tahu sumber masalahnya dikarenakan apa terlebih dahulu.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Lem Stiker Tanpa Merusak Cat

Jika bingung mencarinya seperti apa? Sebaiknya simak beberapa penyebab kerap terjadi diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Jadi penyebab pertama kenapa lampu indikator aki motor bisa menyala dikarenakan motor tersebut jarang dihidupkan selama beberapa hari dan itu menyebabkan lampu indikator menyala.
  • Kemudian lanjut penyebab berikutnya biasanya disebabkan tegangan aki sudah menurun atau aki sudah soak, hal tersebut semakin diperkuat dengan mesin susah dinyalakan.
  • Lalu dikarenakan kondisi aki sudah jelek atau berumur, ketika masa pakai sudah terlalu lama maka menjadi permasalahan dam bahkan efeknya ke beberapa komponen yang membutuhkan aliran listrik.

Cara Mengatasi Lampu Indikator Aki Motor Menyala

Setelah mengetahui sumber masalahnya dikarenakan apa maka secara otomatis lebih mudah dalam mencari solusinya dikarenakan sebelumnya tahu masalahnya apa, selanjutnya tinggal tentukan solusinya seperti apa.

Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak ulasan sudah dipersiapkan akan cara mengatasi lampu indikator aki menyala seperti dibawah ini.

Sering Hidupkan Motor

Jadi solusi pertama agar lampu indikator tidak menyala lagi silahkan sering menghidupkan motor meskipun tidak akan digunakan untuk bepergian atau juga bisa dibawa jalan kurang lebih 1 atau 2 jam. Setelah pemakaian selama itu kami jamin lampu indikator tidak akan menyala lagi, tapi dengan catatan jika aki motor memang dalam kondisi normal.

Berbeda cerita jika aki tersebut sudah tidak bagus, meskipun sering dibawa untuk jalan atau di hidupkan pasti tetap menyala terus. Jika cara ini sudah dilakukan akan tetapi masih menyala terus, maka opsi paling tepat bisa dilakukan ialah mengganti dengan yang baru, karena hanya itu saja satu satunya cara dapat dilakukan.

Melakukan Pengisian Daya Aki

Lanjut cara kedua dengan melakukan cas aki atau pengisian daya aki, kalian dapat melakukan di beberapa tempat atau bengkel yang menyediakan layanan cas aki. Untuk saat ini dalam melakukan cas aki tidak terlalu lama sampai sehari, sebab sudah ada mesin lebih canggih dimana pengecasan cukup 2 jam saja.

Baca Juga :  Tips Membeli Motor Spacy Bekas,, Simak Langkah Ini Supaya Tidak Tertipu

Lalu, bagaimana jika masih tetap menyala juga meski sudah di cas? Jika seperti demikian maka aki tersebut bermasalah, kalian bisa tanyakan saja ahlinya terkait masalah tersebut. Namun ujung ujungnya juga disarankan untuk mengganti dengan aki baru.

Ganti Aki Baru

Solusi terakhir paling mudah dan dijamin aman ialah mengganti dengan aki baru, cara satu ini bisa dikatakan tidak akan ada masalah lagi kedepannya karena terjamin akan kondisi aki. Adapun dalam membeli aki buat motor kesayangan usahakan pilih merk ternama dimana kualiatasnya sudah dijamin dan tahan lama pastinya, meskipun harga sedikit lebih mahal tetapi kedepannya lebih puas.

Setelah melakukan pergantian dengan baru dapat dipastikan lampu pengingat pasti akan mati dengan sendirinya, hal tersebut dikarenakan sistem telah membaca jika kondisi aki dalam keadaan normal. Lebih baik pasang sendiri saja, karena cara memasang aki memang sangat mudah dan juga letaknya juga mudah dicar.

Akhir Kata:

Apabila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan ketika lampu indikator aki sampai menyala berarti terjadi masalah pada aki, adapun beberapa penyebab sudah disampaikan diatas.

Disini kami lebih menyarankan jika sebelumnya sudah pernah melakukan pengisian daya aki, sebaiknya ganti yang baru agar kedepannya tidak terjadi hal seperti itu lagi.