Cara Agar Ban Motor Tidak Licin Dan Awet

Posted on

Cara Agar Ban Motor Tidak Licin Dan Awet – Pada suatu kendaraan terlebih disepeda motor ban merupakan komponen yang terpenting yang fungsinya untuk menyerap hentakan permukaan jalur dan menghambat sehingga kendaraan tidak slip pada sementara dikendarai atau sementara pengereman.

Kendaraan yang menggunakan ban pneumatik diisi dengan udara bertekanan. Ban adalah satu-satunya bagian kendaraan yang berhubungan permukaan jalan.

Ban tidak dapat berdiri sendiri pada kendaraan, akan tetapi harus dipasang pada pelek supaya dapat dipergunakan.

Ban mempunyai Fungsi sebagai berikut:

  • Menahan seluruh berat kendaraan
  • Karena berhubungan dengan permukaan jalan, maka ban akan memindahkan gaya gerak dan gaya pengereman kendaraan ke jalan, dan juga mengontrol start, akselerasi, deselerasi, pengereman dan berbelok.
  • Mengurangi kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak beraturan.

Jenis Jenis BAN

Menurut konstruksinya ban dikelompokan sebagai berikut:

Klarifikasi menurut cara penyusunan ply-cord yang membentuk carcass : ban bias nya dengan (cross-Ply tie) dan ban radial ply.

Indifikasi menurut menyimpan udara : ban dengan ban dalam (tube type) dan ban tanpa ban dalam (tubeless). Klarifikasi ban menurut cara penyusun ply-cord

  • Ban Radial
    Lapisan serat pada ban ini tegak lurus dengan garis tengah ban, ditambah lapisan sabuk/belt (rigid breaker) searah lingkaran ban yang terbuat dari benang tekstil kuat/kawat yang dibalut keras untuk membuat tread lebih rigid.
  • Ban Bias
    Ban ini dibuat dengan lapisan benang/serat arah miring membentuk sudut 30⁰ – 40⁰ terhadap garis tengah ban. Memiliki tepak (tread) dengan daya serap beraturan yang baik, sehingga memberikan kenyamanan berkendara. Adapun ketahanan terhadap keausan dan goncangan (rol) tidak sebaik ban radial.

Hal ini tidak mampu dipungkiri bersama dengan harga ban motor tetap naik tiap-tiap waktunya sedangkan pemakaian yang rutin tiap-tiap hari berkendara maka keausan tapak ban akan mengalami cepat terkikis.

Cara Agar Ban Motor Tidak Licin Dan Awet

Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk menjaga kondisi ban agar awet dan tidak cepat terkikis dan tidak licin saat dikendarai cara-cara sebagai berikut :

  • Dengan membiasakan mencuci ban jika tampak sudah kotor hal ini membuat kompon karet ban tidak cepat mengeras sehingga daya cengkeram ban terhadap permukaan aspal tetap optimal.
  • Dengan hindari permukaan karet ban terkontaminasi dengan zat cair yang mengandung minyak dalam waktu yang cukup lama hal ini akan menjadikan molekul karet mengembang dan mudah terkoyak ban tersebut.
  • Selalu menjaga tekanan angin ban sesuai dengan ketentuan standarnya yang tercantum pada ban untuk membuat kinerja ban tetap optimal karena tekanan angin akan mempengaruhi performa berkendara dengan stabil dan dapat dikendalikan motor tersebut.
  • Dengan pemakaian cairan pengkilap atau semir ban boleh digunakan dengan syarat cairan tersebut tidak mengandung zat yang bersifat bahan bakar.
  • Apabila perlakuan yang salah terjadi karena tukang tambal ban yang tidak profesioanl sehingga dapat merusak ban itu sendiri karena penggunaan alat-alat servis ban yang kurang tepat saat digunakan membuka ban tersebut.Lakukan Cara Ini Agar Ban Motor Anda Tidak Licin Dan Awet

Untuk memilih ban yang baik yaitu dengan cara melihat dan menyentuh kompon ban secara langsung, dengan memastikan ban uang anda pilih dengan memiliki struktur kompon karet yang lunak.

Karena akan lebih optimal mencengkeram atau menggigit ke aspal dan aman saat dikendarai tidak licin dan tidak takut tergelincir.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Agar Ban Motor Tidak Licin Dan Awet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂