Tips Kurangi Gesekan Yang Dihasilkan Pada Mesin Motor

Posted on

Tips Kurangi Gesekan Yang Dihasilkan Pada Mesin Motor – Dalam hal ini apabila dapat mengurangi gesekan antar bagian, maka ketahanan terhadap pengadukan minyak dan air dan hambatan inersia yang ditimbulkan ketika piston melakukan resiprokal, daya yang dihasilkan oleh pembakaran dapat dimanfaatkan dengan lebih efektif.

Dengan eSP, mengurangi “gesekan” dan “resistansi”=”gesekan” kecil ini satu per satu di seluruh mesin menghasilkan efek yang hebat yang mengarah pada peningkatan efisiensi bahan bakar.

Langkah Pengurangan Gesekan Dalam Mesin

Di Esp, Honda mengerjakan berbagai langkah pengurangan gesekan untuk mengurangi gesekan di dalam mesin sekitar 22% dibandingkan dengan skuter kelas setara tahun 2006 (model 110cc Honda), menurut penelitian Honda.

  • Resistensi gesekan
    Terjadi ketika bagian-bagian bersentuhan satu sama lain, seperti sambungan roda gigi dan gesekan silinder piston.
  • Resistensi inersia
    Terjadi saat bagian bolak-balik seperti piston dan lengan ayun mengubah arah gerakan
  • Resistensi lentur
    Terjadi jika bagian elastis seperti pegas dan ikat pinggang dibengkokkan atau diregangkan
  • Resistensi pengadukan
    Terjadi saat mengaduk cairan seperti minyak
  • Resistensi cairan
    Terjadi saat memompa cairan seperti pendinginan
  • Tahan udara
    Terjadi saat kipas pendingin berputar

Silinder Pada Saat Miring

Dalam hubungan posisi konvensional antara piston dan silinder, piston dalam langkah ekspansi turun saat menerima gaya miring. Sehingga menghasilkan tahanan gesek yang besar.

Oleh karena itu, dengan menggeser posisi silinder, piston dapat diturunkan secara lurus, resistansi gesekan ditekan dan efisiensi bahan bakar ditingkatkan.

Lengan Berduri

Selongsong adalah silinder besi yang dipasang di dalam mesin untuk mencegah silinder aluminium tergores oleh gerakan vertikal piston. ESP memiliki tonjolan kecil di bagian luar selongsong ini.

Hal ini meningkatkan kinerja pendinginan, mengurangi distorsi selongsong selama operasi, dan mengurangi hembusan gas dan konsumsi oli. Karena konsumsi oli berkurang, kapasitas oli mesin dapat dikurangi dan resistansi yang terkait dengan pengadukan oli berkurang.

Cincin Piston Tegangan Rendah

Dengan mengadopsi selubung berduri, ketebalan selubung telah dikurangi dan dibuat seragam, dan daya rekat dengan badan silinder telah ditingkatkan. Ketebalan aluminium pada sisi silinder dapat dioptimalkan, dan deformasi saat mesin dihangatkan telah dikurangi.

Ini meningkatkan kebulatan selongsong selama operasi, mengurangi tegangan cincin piston, dan mengurangi tahanan saat piston “bergesekan” di dalam silinder.

Sistem Pendingin Air Bawaan

Radiator yang menurunkan suhu air pendingin yang dipanaskan oleh panas mesin jauh dari mesin. Sehingga dibutuhkan tenaga yang kuat untuk menggerakkan air pendingin bolak-balik dengan pompa.

Dengan eSP, radiator didekatkan ke mesin, jarak yang ditempuh oleh air pendingin diperpendek dan beban pada pompa berkurang.

Selain itu, pompa telah diintegrasikan sehingga dapat langsung digerakkan oleh tenaga mesin tanpa menggunakan roda gigi atau sabuk untuk meningkatkan efisiensi dan efisiensi bahan bakar.

Di Sekitar Sistem Pendingin

Adapun di sekitar sistem pendingin diantaranya yaitu:

Inti Efisiensi Tinggi Diadopsi

Inti efisiensi tinggi dengan peningkatan efisiensi pendinginan 50%. Hasilnya, dimungkinkan untuk mengurangi jumlah udara pendingin yang melewati radiator untuk mendapatkan efek pendinginan yang sama seperti pada radiator konvensional.

Optimasi Bentuk Penutup Radiator

Angin yang mengalir secara efisien diambil dengan meninjau sudut pemasangan penutup radiator dan memasang rusuk pemandu angin.

Miniaturisasi Kipas Pendingin

Dengan mengadopsi inti efisiensi tinggi dan mengoptimalkan penutup radiator, kipas radiator dapat dibuat lebih kecil dan ringan, dan kehilangan gesekan yang terkait dengan penggerak kipas telah berkurang. Kipas yang lebih kecil dan lebih ringan juga berkontribusi pada peningkatan ketenangan.

Pengaruh Meninjau Sistem Pendingin

Dengan mengadopsi inti efisiensi tinggi dan mengurangi ukuran serta berat kipas radiator, total gesekan sistem pendingin berkurang 30%.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Kurangi Gesekan Yang Dihasilkan Pada Mesin Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂