6 Tanda Kondisi Komstir Motor Bermasalah

Posted on

Komstir Motor – Nah agar kondisi motor tetap prima, maka harus rutin di servis dan ganti komponen jika sudah aus atau rusak.

Servis berkala harus dilakukan untuk kenyamanan pada saat naik motor dan menghindari hal yang tidak diinginkan.

Kalau saat kondisi jalan lurus atau bermanuver ada yang berasa kurang nyaman pada stang maka segera perika bagian komstir.

Pengendara motor kadang sudak keliru menganalisa kerusakan komstir pada ban depan. Komstir bermasalah sebenarnya sudah bisa dideteksi sejak awal.

Nah ada beberapa ciri yang bisa dikenali sebagai tanda komstir sudah harus dalam perawatan. Kalau motor yang sering dipakai paling mudah untuk dikenali, cukup dengan merasakan apakah ada gejala yang aneh pada stang.

Ciri Komstir Motor Bermasalah

Misalnya tiba-tiba kemudi terasa berat atau bergetar pada saat kondisi di kecepatan tinggi. Nah dibawah ini 6 ciri komstir bermasalah diantaranya yaitu:

Stang Tidak Stabil

Stang yang kurang stabil biasanya menjadi tanda awal adanya kerusakan pada bagian komstir. Dan biasanya pada saat diajak berbelok stang akan sedikit melawan, artinya susah untuk dikendalikan.

Stang Menjadi Berat

Dalam situasi tertentu kerusakan komstir juga bisa membuat putaran stang menjadi berat saat diajak bermanuver. Handling motor terasa kaku sehingga pengendara kesulitan pada saat akan berbelok.

Timbul Suara Di Stang

Selain berat dan kaku, efek lain yang biasa terjadi ialah timbulnya suara pada sektor stang terutama ketika sedang melewati jalan bergelombang atau melakukan pengereman mendadak.

Baca Juga :  Cara Membuat SIM C Terbaru

Stang Goyang Atau Oblak

Rusaknya komstir membuat keausan pada gotri atau pelor bearing. Setelah lama dibiarkan akan timbul gejala longgar terutama saat pelor tersebut sudah mulai lepas.

Hal ini membuat komstir tidak lagi stabil sehingga dudukan stang akan terasa oblak dari as bagian tengahnya.

Terasa Getaran Pada Stang

Umumnya getaran akan terasa saat melajukan kendaraan diputaran tinggi. Getaran pada stang akan sangat terasa sampai ke seluruh badan, beda dengan getaran yang dihasilkan akibat pelek.

Rem Bisa Blong

Rusaknya komstir membuat adanya gap atau jarak saat akan menggunakan rem depan. Maka akibatnya jarak pengereman akan menjadi berubah, dan bahkan terasa seperti rem yang blong karena tidak pakem saat akan digunakan.

Bila sudah menemui gejala tersebut, maka pastikan untuk langsung mengecek kondisi komstir motor kalian tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Komstir Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂