9 Komponen Shock Depan Motor Dan Fungsinya

Posted on

Komponen Shock Depan – Nah bagi setiap pengendara wajib mengetahui komponen apa saja yang terdapat di sebuah kendaraan roda dua atau sering disebut dengan motor, sebagaimana seperti diketahui alat transportasi tersebut memiliki cukup banyak komponen dan masing-masing memiliki fungsinya sendiri sendiri.

Sebagai contoh ialah shock atau shockbreker dimana memiliki peran penting terhadap laju kendaraan tidak hanya pada motor saja melainkan sebuah mobil juga seperti demikian.

Nah didalam sebuah motor memiliki shocbreker di bagian depan dan belakang, meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama akan tetapi memiliki tipe yang berbeda serta fungsinya juga seperti demikian.

Oleh karena itu sebagai pemilik sebuah motor wajib mengetahui itu semua dan bahkan tidak hanya fungsi untuk apa, melainkan juga wajib mengetahui komponen shock depan motor maupun shock belakang.

Sebagaimana diketahui oleh semua orang bahwa setiap bagian pada shock memiliki fungsinya masing-masing seperti seal oli memiliki tugas penting untuk menjaga agar oli tidak keluar dari slider garpu, lalu ada pegas garpu shock depan, baut garpu dan lain sebagainya.

Memiliki nama Telecopic Fork, jenis ini paling banyak digunakan pada tipe motor bebek jadi tak heran jika banyak orang sudah mengetahuinya lebih dalam berbeda dengan jenis yang digunakan beberapa motor kebanyakan sudah menggunakan tipe up side down untuk shock depan diketahui lebih baik dibandingkan dengan tipe biasa.

Akan tetapi itu bukan menjadi sebuah masalah karena tipe telescopic fork di klaim sangat cocok untuk motor bebek maupun matic. Lantas apa saja komponen shock depan motor dan apa saja fungsi utamanya?

Mengenai pertanyaan seperti tersebut pada kesempatan sangat baik kali ini kami akan informasikan kepada kalian semua, jadi simak sampai akhir pembahasan kali ini. Baiklah karena banyak pemilik motor semakin penasaran dengan semua itu, simak langsung ulasan dari kami mengenai komponen shock depan pada motor telah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

Sekilas Tentang Shockbreker

Sebelum lanjut ke pembahasan utama terlebih dahulu kami sampaikan kepada kalian semua sekilas mengenai shockbreker, seperti diketahui kendaraan bermotor dibekali dengan suspensi di bagian depan dan belakang. Masing-masing memiliki tipe berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing, jadi jangan anggap jika keduanya sama saja.

Pada intinya sebuah suspensi memiliki fungsi sebagai peredam sebuah kendaraan terutama pada saat melintasi medan jalan bebatuan atau bergelombang, alhasil akan memberikan rasa yang nyaman bagi setiap pengendara. Oleh karena itu banyak para pengguna sangat memperhatikan keadaan sebuah suspensi jika tidak dalam keadaaan baik-baik saja bisa dirasakan ketika berkendara.

Terdapat beberapa komponen pada sebuah suspensi, masing-masing memiliki kegunaan dan jika salah satu mengalami kerusakan maka kinerja jelas akan berkurang. Hal tersebut memang sudah dijelaskan kepada kalian semua dan tidak ketinggalan juga terdapat ukuran shockbreker yang disesuaikan dengan ukuran dimensi pada sebuah kendaraan bermotor.

Sekiranya itulah penjelasan mengenai shockbreker atau suspensi dapat disampaikan kepada kalian semua, dimana pada intinya berfungsi sebagai peredam getaran serta memberikan keseimbangan pada saat berkendara dan yang terakhir pastinya memberikan rasa nyaman bagi setiap pengendara maupun penumpang.

Komponen Shock Depan

Kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas yakni komponen shock depan motor, diketahui terdapat 9 bagian wajib untuk diketahui oleh semua orang. Apabila penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan buat kalian diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Slider Garpu
    Pertama adalah Slider Garpu yang mana berfungsi sebagai tempat atau wadah oli shock serta beberapa komponen lain seperti tabung garpu, cincin torak, pegas serta beberapa bagian lainnya. Untuk bagian ini terjamin aman karena memiliki material berbahan terpilih, jadi kemungkinan besar resiko kerusakan akan sangat minim sekali.
  • Seal Debu
    Berikutnya adalah seal debu sebagaimana menjadi bagian yang bertugas untuk menjaga kebersihan atau mencegah debu yang masuk ke dalam tabung garpu suspensi, meskipun terlihat begitu sepele akan tetapi sangat berpengaruh sekali akan kinerja sebuah suspensi. Oleh karena itu kita sebagai pengguna wajib memperhatikan bagian ini, sebab terdapat masa waktu harus diganti dengan baru.
  • Seal Oli
    Sebagaimana diketahui bahwa sebuah shock motor membutuhkan sebuah oli sebagai pelumas sehingga pegas serta torak garpu dapat bekerja dengan sempurna, karena cara kerjanya naik turun maka dibutuhkan sebuah seal oli. Dimana komponen tersebut berfungsi untuk menjaga dan menahan oli keluar dari tabung serta mencegah debu masuk ke dalam tabung.
  • Cincin Stoper
    Selanjutnya adalah Cincin Stoper selain menjadi pengunci berfungsi juga untuk menahan agar oli shock tidak bergerak atau keluar karena adanya tekanan minyak. Meskipun ini jarang terjadi kerusakan, sangat disarankan ketika service agar di cek apakah masih normal atau tidak.
  • Torak Garpu
    Komponen pada shock depan berikutnya adalah Torak Garpu berfungsi sebagai pembagi antara bagian atas dan belakang didalam Slider garpu, hal tersebut dikarenakan minyak melakukan pergerakan dari bagian atas ke bawah maupun juga sebaliknya.
  • Pegas Reaksi
    Lanjut Pegas Reaksi memiliki fungsi sebagai penerima serta menyerap tekanan yang diakibatkan roda depan melintasi jalan bergelombang yang mana menyebabkan kendaraan tetap stabil serta minim getaran.
  • Pegas Garpu
    Sebetulnya tidak jauh berbeda dengan pegas reaksi, pegas garpu memiliki fungsi menyerap getaran sebagai yang di akibatkan oleh torak garpu bergerak ke atas, jadi pada intinya komponen ini akan bergerak setelah pegas reaksi mulai bekerja.
  • Tabung Garpu
    Kemudian komponen selanjutnya adalah Tabung Garpu dimana berfungsi sebagai pemisah antara tabung serta ruang Slider, dimana didalamnya akan terdapat beberapa komponen lain seperti pegas oli dan minyak.
  • Baut Garpu
    Sedangkan untuk yang terakhir adalah baut garpu memiliki fungsi sebagai penutup pada bagian bawah Slider garpu, selain itu juga untuk memudahkan ketika service atau pergantian minyak dan oli pada suspensi motor.

Tips Merawat Shock Depan

Sebagai informasi tambahan buat kalian semua pada ulasan ini kami akan memberikan informasi mengenai tips merawat shock depan motor agar awet dan tahan lama. Jika penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini:

  • Jadi mengenai tips pertama cukup membersihkan secara rutin dengan cara cuci motor, terutama setelah motor dibawa hujan hujan dimana kotoran pasti banyak sekali.
  • Perhatikan seal AS roda, ketika terjadi kerusakan maka mengakibatkan suspensi pada bagian kanan dan kiri tidak seimbang sehingga menyebabkan kerusakan.
  • Selalu perhatikan beban kendaraan atau bawaan, jangan kalian paksa untuk membawa barang yang diluat standar karena itu bisa menyebabkan shock cepat rusak.
  • Mengganti oli suspensi secara rutin sesuai ketentuan berlaku dimana pergantian dapat dilakukan dalam kurun waktu 2 sampai 3 tahun sekali.
  • Usahakan untuk menghindari medan jalan yang sulit, dengan begitu suspensi tidak akan bekerja terlalu berat.

Akhir Kata:

Nah bila melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa masing komponen sudah disebutkan diatas memang memiliki fungsinya masing-masing. Semoga dengan adanya ulasan mengenai Komponen Shock Depan Motor dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂