Koil Motor

Posted on

Koil Motor – Koil motor ialah kabel yang kedua ujungnya terdapat kumparan primer dan sekunder. Yang kedua kumparan ini akan berproses menghasilkan induksi tegangan  tinggi yang cukup kuat untuk pengapian.

Koil Motor ?? Inilah Fakta-Faktanya

Motor tanpa koil motor ialah mustahil, sebab sistem kumparan satu ini amatlah penting untuk membantu pengapian motor. Seperti kita ketahui, pada sistem pengapian berfungsi menghasilkan percikan api pada busi yang sehingga terjadi pembakaran di ruang mesin.

Cara Mengecek Koil Motor Sudah Melemah

Dalam hal ini mengingat pentingnya dalam sebuah pengapian, tentu koil yang lemah akan sangat mempengaruhi kondisi mesin. Beberapa ciri-ciri yang akan terjadi jika pengapian telah bermasalah, dalam hal ini koil motor sudah lemah ialah mesin yang panas padahal baru berjalan beberapa kilometer, mesin yang brebet hingga mati mendadak.

Nah untuk memastikannya lebih lanjut ada cara untuk mengecek nih, demi mengetahui apakah koil telah lemah atau justru masalahnya ada di bagian lain, yuk simak langkah-langkahnya diantaranya yaitu:

Dengan Mencabut Kop Dan Busi

Untuk langkah yang pertama yang dapat kalian lakukan ialah dengan mencabut kop dan busi. Nah dari situ kalian menemukan koil termasuk kedua ujung kabel yang terhubung ke kumparan primer dan sekunder.

Baca Juga :  Kenali Ciri Busi Sekarat ?? Dari Performa Mesin

Dengan Mengecek Warna Percikan Bunga Api

Warna percikan api yang timbul akibat gesekan antara ujung kabel dan masaa akan menentukan apakah koil motor bermasalah atau tidak. Nah jika berwarna merah, hal demikian koil perlu diganti. Sedangkan jika percikan api yang timbul berwarna biru hal ini koil motor baik-baik saja.

Nah kalian memerlukan alat bantu massa untuk pengecekan ini, massa ialah alat berupa benda logam yang bisa menghantarkan listrik. Starter motor bersamaan dengan menempelkan ujung kabel koil motor ke masaa, maka percikan api akan muncul dan perhatikanlah warnanya.

Alaternatif lain, jika tidak ada massa kalian bisa memanfaatkan baut motor. Cara penggunaannya sama tempelkan ke kabel bersamaan dengan starter motor.

Cara Memasang Koil Motor

Bila percikan api berwarna biru, namun motor masih ngadat, brebet atau bahkan mati total, maka segera mengetahui dimana letak masalahnya. Dan sebaliknya jika sudah yakin betul kerusakan sumbernya dari koil motor, silahkan mengganti dengan baru. Untuk itu berikut ini langkah-langkahnya diantaranya yaitu:

Dengan Matikan Mesin Motor

Pertama-tama siapkan mesin motor, matikan mesin, lepas jok motor, cabut kabel dari aki, lepaskan tangki bahan bakar lalu kalian akan bisa mulai mengakses komponen-komponen pengapian seperti busi dan koil.

Lepaskan Koil

Kemudian sudah menemukan koilnya?? Yang harus kalian lakukan untuk melepaskan koil ialah cabut kabel saklar pengapian maupun kabel background. Lalu buka penutup pengapian berikut gasketnya. Kalian bisa menggunakan bor untuk melepaskan baut-baut yang mengunci penutup pengapian tersebut.

Dengan Mengganti Koil Lama Dengan Yang Baru

Pada langkah ini kalian sudah bisa melepaskan koil lama dengan yang baru. Pada beberapa motor, biasanya terdapat lebih dari satu koil. Hal ini mungkin menyebabkan kalian sedikit pusing karena banyaknya kabel penghubung yang telihat. Nah agar tidak keliru, gantilah kabel secara satu per satu mulai dari kabel yang paling depan hingga kabel paling belakang.

Baca Juga :  Inilah Ciri Cop Busi Rusak Serta Solusi Bila Kondisi Darurat

Menghubungkan Kabel Ke Konektor

Hubungan kabel ke konektor dengan bantuan tang berujung lancip, pastikan semuanya tertanam dengan benar. Agar semakin kuat kalian bisa menyoldernya. Setelah semua terpasang lakukan tes dengan menggunakan ohm-meter.

Nah jika sambungan kebl gagal maka ohm-meter akan menunjukkan angka nol. Dan setelah memastikan semua kabel tersambung dengan konektor pasang penutup konektor.

Rapikan Dan Pasang Kembali Koil Motor

Nah sudah beres pasang kembali penutup pengapian koil dan tangki bahan bakar serta pasang jok dengan benar. Untuk tahap ini kalian juga harus teliti ya ?? tutup semua dengan benar, jangan ada yang kendor. Dan dalam memilih koil, tentu yang original lebih baik.

Demikianlah pembahasan mengenai Koil Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂