Dampak Telat Setel Klep Di Mesin Motor

Posted on

Klep Motor – Dalam hal ini banyak pengguna motor zaman sekarang yang tidak terlalu paham mengenai fungsi setel klep, emangnya penting?

Fungsi Setel Klep

Setel klep berguna buat menjaga jarak renggang klep atau valve sehingga performa motor tetap maksimal. Jarak renggang klep atau valve motor tentunya diperlukan agar tarikan motor tidak menurun dan tidak boros konsumsi bahan bakar.

Pengertian Klep

Klep ialah alat atau bagian dari komponen mesin motor yang sifatnya dinamis dan biasanya terpasang pada kepala silinder.

Bahan Yang digunakan Pada Klep

Klep sendiri terbuat dari bahan yang cukup keras dan bisa dengan mudah menghantarkan panas.

Kekuatan ini diperlukan karena klep harus tahan panas dan gesekan saat menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik dan turun.

Tidak Sesuai Jarak Renggang Klep

Tidak sesuainya jarak renggang klep dapat berakibat tenaga motor yang keluar jadi tidak maksimal.

Atur jarak klep ini fungsinya penting untuk penghemat konsumsi bahan bakar dan agar buka tutup klepnya itu teratur timing-nya.

Lantas apa dampaknya jika setelan klep tidak tepat?

Dampak Setelan Klep Tidak Tepat

Setelan klep yang terlalu rapat dan tidak sesuai standar, dampaknya klep cepat membuka dan lebih lama menutup, pembukaan yang lebih lama membuat gas lebih banyak masuk.

Kalau lebih rapat, efeknya akan cepat panas. Konsumsi bahan bakar juga lebih boros, tenaga mesin tentunya juga akan berkurang.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Mesin Motor Terlalu Panas

Dan sedangkan jika setelan klep terlalu renggang, efeknya pemasukan campuran bahan bakar dan udara berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk sedikit.

Kalau terlalu renggang bisa menyebabkan suara mesin berisik, tekanan kompresi rendah dan gas buang juga tidak bersih.

Dampak Telat Setel Klep Di Mesin Motor

Agar kinerja mesin dan perangkat pendukung lainnya tetap lancar pada saat digunakan, motor pastinya perlu melakukan perawatan berupa servis berkala. Meskipun motor selalu dirawat dan rajin dibawa servis terkadang masih saja ada hal yang terlewat untuk diperiksa, dan salah satunya kondisi setelan klep di mesin.

Jika setelan klep sudah tidak sesuai tentu akan ada dampak yang ditimbulkan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Nah seandainya kondisi klep di mesin luput diperiksa dan belum disetel ulang ketika sudah melewati waktu yang dianjurkan, lantas apa saja dampaknya?

Paling mudah dengar dari suara mesin, dan biasanya kalau klep sudah renggang terdengar suara ngelitik kasar. Suara ngelitik dari klep yang kendur akan terdengar terus-menerus sejak mesin dinyalakan hingga saat motor dipakai.

Dan ketika klep sudah semakin kendur dan tidak segera disetel ulang, dampaknya mesin jadi sulit dihidupkan dan putaran mesin jadi tidak stabil ketika langsam.

Dan selain itu, klep yang kendur dapat mengakibatkan kebocoran kompresi pada mesin, maka hasilnya motor menjadi boros bensin dan kehilangan tenaga saat digunakan.

Dan payung klep kalau sudah parah saat diperiksa perlu diganti, dampak jangka panjangnya bikin mesin menjadi jebol karena klep bisa beradu dengan piston.

Demikianlah pembahasan mengenai Dampak Telat Setel Klep Di Mesin Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :  √ Inilah Akibat + Ciri,,Ring Piston Sudah Aus