Penyebab Kick Starter Motor Terasa Berat Dan Solusinya

Posted on

Kick Starter Motor Terasa Berat – Dalam hal ini kemudahan dan murahnya harga alat transportasi saat ini memberikan dampak kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mayoritas masyarakat Indonesia pada saat ini mampu membeli kendaraan terutama sepeda motor.

Sepeda motor memiliki ukuran badan yang kecil dibandingkan dengan mobil yang sehingga dapat dengan lincah melaju pada medan yang sempit. Kendaraan sepeda motor memiliki banyak jenis, seperti motor matic dan motor bebek.

Metode untuk menyalakan mesin sepeda motor ini pada umumnya sama yakni dapat menggunakan starter electric atau menggunakan kick starter. Penggunaan starter electric memang lebih udah dilakukan dibanbingkan dengan menggunakan kick starter.

Hal ini karena starter electric tidak memerlukan banyak tenaga untuk dalam melakukannya. Namun apabila terjadi masalah pada starter elektrik, maka peran kick starter akan di perlukan.

Fungsi Dan Manfaat Kick Starter

Pada umumnya kick starter saat ini di fungsikan sebagai alternatif untuk menghidupkan motor, ketika starter electric mengalami gangguan. Ada beberapa manfaat penggunaan kick starter untuk menghidupkan mesin sepeda motor, sebagai berikut:

  • Penggunaan komponen aki motor menjadi tidak boros.
  • Membuat komponen mesin motor berfungsi dengan baik karena gerakan dan getaran yang di hasilkan.
  • Sirkulasi oli dalam mesin terjaga dengan baik.

Penggunaan kick starter yang jarang digunakan, akan membuatnya menjadi terasa berat ketika digunakan, hal ini karena terdapat beberapa masalah pada tuasnya.

Penyebab Kick Starter Terasa Berat Dan Solusinya

Nah ada beberapa faktor yang membuat kick starter menjadi terasa berat, faktor-faktor itu diantaranya yaitu:

Baca Juga :  Cara Memanaskan Motor Agar Aki Awet

Kurangnya Pelumas Pada Bagian Kick Starter

Kick starter yang terasa berat bisa jadi karena kurangnya pelumas sehingga membuat kick starter menjadi kering. Dan selain itu kick starter juga bisa menjadi berkarat, hal ini bisa membuat motor menjadi sulit dinyalakan.

Solusinya

Kalian dapat memberikan pelumas atau oli pada kick starter, agar dapat menjadi licin kembali dan karat yang ditimbulkan menjadi hilang, dengan demikian kick starter pada sepeda motor kalian tidak akan terasa berat.

Klep Yang Kotor

Komponen pada sepeda motor, khususnya pada kick starter ialah klep. Klep ialah bagian yang fungsinya untuk jalan keluar dan masuknya gas saat terjadi proses pembakaran.

Klep juga berfungsi sebagai tempat keluarnya sisa hasil pembakaran. Ketika kick starter jarang digunakan maka produksi pembakaran tetap ada.

Yang sehingga sisa kotoran hasil pembakaran akan menumpuk dan mengendap pada bagian klep motor. Hal ini yang menjadikan kick starter menjadi terasa berat.

Solusinya

Kalian dapat membersihkan bagian klep motor secara rutin. Hal ini baik dilakukan karena kotoran tidak akan mengendap pada komponen tersebut. Selain itu jenis bahan bakar yang digunakan pada kendaraan bermotor kalian juga akan memengaruhi kotoran sisa pembakaran yang dihasilkan, dalam kandungan bahan bakar kendaraan terdapat istilah yang disebut bilangan oktan.

Mak semakin rendah bilangan oktan pada bahan bakar kendaraan maka produksi kotoran sisa hasil pembakaran akan semakin tinggi. Dan sebaliknya semakin tinggi bilangan oktan maka produksi kotoran sisa hasil pembakaran pada kendaraan akan semakin sedikit. Sehingga untuk menjaga klep motor kalian tetap terjaga, kalian bisa menggunakan bahan bakar yang memiliki bilangan oktan tinggi.

Sepeda Motor Jarang Digunakan

Tidak heran apabila kick starter menjadi terasa berat akibat sepeda motor jarang digunakan. Hal ini tidak berdampak pada kick starter sepeda motor saja, tetapi komponen lain juga berpotensi mengalami kerusakan.

Baca Juga :  Cara Sederhana Ini Dapat Menghilangkannya Suara Berdecit Pada Motor Matic

Asumsi bahwa sepeda motor akan awet ketika tidak digunakan ialah asumsi yang salah. Justru sepeda motor yang tidak pernah digunakan akan membuat motor bermasalah dan berpotensi rusak. Hal ini terjadi karena mesin menjadi kering dan berkarat.

Solusinya

Kalian sebaiknya selalu menggunakan sepeda motor tersebut. Dan apabila kalian jarang berpergian setidaknya lakukan pemanasan pada sepeda motor selama beberapa waktu agar mesin tetap berjalan sesuai dengan fungsinya.

Kick starter memang merupakan komponen yang memiliki peranan penting meskipun dalam kenyataan orang lebih suka menggunakan starter electric. Beberapa penyebab dan solusi pada kick starter yang terasa berat sudah dibahas dan kalian sekarang bisa mulai memperhatikan komponen tersebut.

Apabila kalian memiliki motor matic ada beberapa dampak jarang pakai kick starter di motor matic yang bisa terjadi, tentunya bisa membuat kinerja kendaraan menjadi menurun.

Kunci agar sepeda motor kalian memiliki performa yang baik ialah dengan melakukan pengecekan secara rutin terutama pada komponen-komponen inti. Kalian bisa mengamati sendiri ketika saat mengendarai sepeda motor, merasakan apakah ada permasalahan pada motor yang kalian kendarai atau tidak.

Demikianlah pembahasan mengenai Kick Starter Motor Terasa Berat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂