√ Kopling Gampang Aus ?? Ternyata 3 Kesalahan Sepele Ini,,, Yuk Simak

Posted on

Kopling Aus – Nah perlu kalian ketahui bahwa semua motor memiliki berbagai komponen yang bersifat slow moving, yang salah satu komponen tersebut ialah kampas kopling. Dan sebenarnya komponen ini memiliki jangka pergantian yang cukup lama.

Maka karena itu kalian wajib curiga bila merasa bahwa komponen tersebut cepat aus. Misalnya saat tenaga komponen mesin motor terasa agak kosong atau ngempos. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah informasi mengenai kesalahan sepele yang buat kopling gampang aus.

Kopling Gampang Aus ?? Ternyata 3 Kesalahan Sepele Ini,,, Yuk Simak

Nah apakah kalian tahu mengapa kampas kopling pada motor kalian menjadi cepat aus ?? dan sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kampas motor menjadi lebih cepat aus. Mulai dari penyebab yang sangat serius sampai penyebab yang sepele.

Bahkan sebagian pengendara sering melakukan kesalahan sepele ini. Hal ini karena kesalahan sepele tersebut telah menjadi kebiasaan yang sangat sulit untuk dihilangkan. Apakah kalian tahu apa saja kebiasaan-kebiasaan sepele yang dapat menyebabkan kampas kopling motor kalian menjadi cepat mengalami keausan?

Jika kalian belum tahu secara pasti kebiasanan-kebiasaan sepele tersebut maka kalian sangat di anjurkan sekali untuk membaca ulasan ini. Karena dalam ulasan ini kami telah merangkum beberapa kebiasaan sepele yang bisa mengakibatkan kopling menjadi gampang aus. Nah baiklah langsung saja berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai kesalahan sepele yang buat kopling gampang aus, diantaranya yaitu:

Baca Juga :  √ Perhatikan Kode!! Busi Iridium Untuk Harian “Wajib Baca”

Setelan Kopling

Kesalahan sepele yang buat kopling gampang aus yang pertama ialah setelan kopling. Kalian harus selalu melakukan pengecekan secara rutin dan berkala pada setelan komponen motor kopling. Dan sebaiknya jangan mengubah setelan kopling dengan maksud tertentu.

Misalnya pengaturan pada jarak main kopling, jika setelan kopling terlalu dekat “jarak main kopling terlalu dekat” dikhawatirkan secara tidak sadar jari kalian menempel pada handle dan apabila ketarik, maka akan terjadi gesekan secara terus-menerus dan akhirnya kampas kopling menjadi aus. Hal ini karena kalian tidak sadar bahwa kalian menarik handle kopling.

Menekan Kopling Saat Lampu Merah

Kesalahan sepele yang buat kopling gampang aus yang kedua yakni kebiasaan jari kalian yang selalu menekan kopling saat lampu merah. Karena kalian beranggapan bahwa lampu merah tersebut berlangsung cuma sebentar sehingga kalian bisa dengan mudah dan seketika memasukkan gigi dan langsung tancap gas.

Padahal kalian tidak pernah tahu apa yang terjadi sebenarnya bahwa dengan tetap menarik kopling maka akan terjadi gesekan juga dapat membuat kampas kopling motor kalian menjadi lebih cepat aus.

Dan sebaiknya kalian memasukkan gigi ketika masa tunggu lampu merah tinggal 30 detik dan menarik handle kopling ketika waktu yang tersisa tinggal 5 detik. Hal ini akan membuat masa pakai kampas kopling lebih lama.

Penggantian Khusus Kota Besar

Kesalahan sepele yang buat kopling gampang aus yang ketiga yakni penggantian khusus kota besar ini karena di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan juga Surabaya memiliki kepadatan penduduk yang tinggi. Sehingga berpengaruh juga pada kepadatan lalu lintas yang menyebabkan seringnya pemakaian kopling dan oli.

Demikianlah pembahasan mengenai Kopling Gampang Aus ?? Ternyata 3 Kesalahan Sepele Ini,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂