Penyebab Bearing Roda Motor Cepat Rusak

Posted on

Penyebab Bearing Roda Motor Cepat Rusak – Bearing atau laher pada bagian roda motor memiliki peran yang sangat penting dan patut di perhatikan. Dalam hal ini Laher atau bearing pada komponen ban punya peranan menghubungkan komponen kaki-kaki dengan as roda.

Dengan adanya laher ini, roda bisa berputar bebas dan meningkatkan kestabilan saat dijalankan. Seiring seringnya digunakannya sepeda motor, maka akan berdampak pula pada bearingnya.

Kondisi jalan dan alam yang tidak bisa diprediksi, mengharuskan pemilik motor untuk lebih memperhatikan sepeda motor beserta komponen didalamnya agar tidak mudah rusak.

Penyebab Bearing Roda Motor Cepat Rusak

Nah berikut ini beberapa hal yang membuat bearing roda motor cepat rusak diantaranya yaitu:

Sering Menghantam Lubang

Ban yang sering menghantam lubang maka akan mengalami benturan dan gesekan berlebih. Dan apalagi jika menghantam lubang saat kecepatan tinggi, bearing bisa rusak bahkan pecah.

Jika melewati jalanan berlubang, maka disarankan untuk mengurangi kecepatan dan pelan-pelan melintasi jalanan tersebut.

Jalanan Yang Rusak

Sering melewati jalanan yang rusak dan terjal akan juga menjadi salah satu faktor kerusakan pada bearing. Dan terlebih jika dilalui dengan kecepatan tinggi, maka benturan yang dihasilkan lebih besar dan bearing lebih berumur pendek.

Kemasukan Air

Tidak semua bahan metal tahan akan karat atau korosi. Jika bearing terciprat air atau kemasukan air maka bukan tidak mungkin akan terjadi karat.

Dan apalagi karat akan mudah timbul jika air yang masuk adalah air genangan air hujan maupun air yang tercampur pasir dan lumpur.

Bobot Yang Terlalu Berlebih

Naik sepeda motor dengan bobot yang berlebih juga mampu merusak bearing pada roda. Beban berlebih yang ditopang oleh roda maka akan berdampak pula pada bearing motor.

Dan apalagi jika sepeda motor harus menahan bobot berlebih saat melintasi jalan berlubang dan jalan rusak dengan kecepatan kencang. Bearing akan mudah rusak dan bahkan pecah.

Pemilihan Grease/Gemuk

Grease adalah pelumas atau biasa dikenal gemuk berfungsi untuk mencegah kotoran-kotoran dari luar yang masuk ke dalam bearing. Pemilihan jenis Grease juga sangat mempengaruhi ketahanan dari bearing yang digunakan pada sepeda motor.

Suspensi Tidak Bekerja

Jika bagian suspense pada sepeda motor tidak bekerja secara maksimal atau mungkin terjadi kerusakan, maka akan berpengaruh pada bagian roda. Roda akan miring dan tidak bekerja secara maksimal.

Dengan demikian bearing pada motor pun akan mendapat imbasnya juga. Jika roda tidak bekerja maksimal, maka dikhawatirkan dapat berdampak pada kenyamanan dan keselamatan pengendara motor.

Lalu bagaimana kita mengetahui jika bearing rusak? Ciri-ciri bearing sudah tidak sehat atau rusak ialah munculnya bunyi atau suara dengung pada saat motor dikendarai.

Bearing yang rusak tidak bisa diperbaiki namun harus segera diganti dengan yang baru. Hal tersebut demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Jika bearing harus diganti pengendara sepeda motor tidak perlu khawatir, sebab harga bearing tidaklah mahal alias cukup terjangkau.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Bearing Roda Motor Cepat Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂