√ Ternyata Salah Ini !! 5 Kebiasaan Bikers Lakukan Saat Hujan,, Yuk Simak

Posted on

Kebiasaan Buruk Pengendara Motor – Belakangan sering turun hujan,, ya. Sebagai bikers, kita dituntut untuk selalu waspada di jalan raya yang merupakan prioritas pada saat berkendara. Dan apalagi saat memasuki musim penghujan, kewaspadaan harus ekstra.

Ternyata Salah Ini !! 5 Kebiasaan Bikers Lakukan Saat Hujan,, Yuk Simak

Pengendara sepeda motor juga tidak boleh terjabak sama kebiasaan yang bisa bikin bahaya di jalan raya. Meski begitu nyatanya kebiasaan buruk pengendara motor ini masih sering dilakukan ketika menghadap musim hujan. Lantas apa aja sih ?? Nah berikut ini hal-hal yang harus kalian perhatikan.

Jas Hujan Warna Gelap Lebih Macho

Tidak bisa dipungkiri bahwa kenyataannya sering kita jumpai bikers memilih jas hujan warna gelap bahkan hitam. Kebanyakan dari para pria ini merasa mulu untuk memakai jas hujan dengan warna ternang, terlihat kurang macho saat di jalan.

Kebiasaan Bikers Lakukan Saat Hujan

Padahal nih ya, semakin ngejreng warna mantel kalian sebetulnya makin baik, loh ?? sebab warna pada jas hujan bisa mempengaruhi faktor visibitas pengendara lain. Nah semakin mencolok warna mantel kalian maka semakin aware pengendara lainnya untuk mengetahui keberadaan kalian. Jika kalian udah “cinta berat” hehehe sama warna gelap usahakan pilih mantel dengan strip reflective yang bisa memantulkan cahaya di bagian punggung.

Mantel Ponco Lebih Praktis

Dari sekian banyak pilihan jenis dan model jas hujan saat ini varian one piece masih banyak dijual dan dibeli oleh bikers sebab alasan praktis. Dan padahal mantel ponco seperti ini rawan terbelit jeruhi atau rantai yang malah menimbulkan bahaya.

Baca Juga  √ Tips Termudah Membedakan Ban Dalam Asli Dengan Yang Palsu

Bahkan jika terkena angin, mantel one piece bisa tersangkut ke pengendara sepeda motor lain. Bukannya praktis, malah bikin ribet sebenarnya terpaan angin yang cukup kencang dari samping tetap saja bikin baju basah kuyup. Maka dari  itu kalian sangat disarankan jika kalian memakai jas hujan model jas dan celana.

Kebiasaan Bikers Lakukan Saat Hujan

Kebiasaan Bikers Pakai Sandal Saat Hujan

Hujan kerap kali bikin sepatu jadi basah, maka tidak sedikit dari kawan bikers lebih melepas sepatunya dan memakai sandal jepit. Tapi tau tidak, kebiasaan bikers membiarkan telapak kaki ter-ekspos justru semakin berbahaya loh.

Soalnya nih ya, fungsi sepatu juga bikin pijakan kaki tidak mudah slip. Dan selain itu jika terjadi kecelakaan sepatu mampu memberikan perlindungan ekstra supaya tidak terjadi kontak langsung terhadap permukaan jalan.

Kebiasaan Bikers Lakukan Saat Hujan

Dari pada harus memakai sandal jepit mending beli cover sepatu, ya. Kalian tidak perlu ribet lepas sepatu tinggal pasang cover shoes ini, sepatu kalian dijamin kering meski hujan deras sekalipun.

Lampu Warna Putih Lebih Terang

Terkadang hujan lebat menyebabkan pengendara mengalami daya pandang yang semakin terbatas, bahkan dengan sorotan lampu juga tidak membuat keadaan makin membaik. Alasan tersebut dijadikan motif untuk merubah warna lampu depan dengan warna yang tidak sesuai pabrikan.

Adanya anggapan yang salah, mengubah warna lampu depan dengan warna putih kebiruan tampak lebih terang. Dan padahal warna lampu seperti itu justru bikin silau pengendara dari arah berlawanan, loh.

Kebiasaan Bikers Lakukan Saat Hujan

Dengan lampu utama berwarna putih kekuningan, hujan lebat maupun kabut akan lebih mudah ditembus dari pada lampu super terang berwarna putih.

Kurang Angin, Ban Grip Makin Bagus

Nah kebiasaan bikiers satu ini emang tidak nyeleneh, anggapan dengan mengurangi sedikit angin pada ban agar kontak ban dengan aspal semakin besar ini rupaya salah. Dengan mengurangi tekanan ban justru ban semakin terasa lincin.

Baca Juga  Jadi Ini - Bahaya Menggunakan Jas Hujan Ponco

Ban menjadi lebih tidak stabil saat melakukan maneuver berbelok, momentum yang ditimbulkan malah bikin ban jadi mleot. Tekanan angin yang kurang malah membuat tarikan mesin jadi lebih berat yang mengakibatkan bensin jadi lebih boros.

Kebiasaan Bikers Lakukan Saat Hujan

Dan berlaku juga sebaliknya tekanan ban jangan sampai berlebihan karena justru akan mengurangi traksi dan membuat ban semakin licin. Lalu berapa tekanan angin pada ban motor yang direkomendasikan ? mudah ya, kalian bisa melihat tulisan yang ada pada buku pedoman pemilik atau stiker berwarna hitam yang ditempel pada bodi.

Demikianlah pembahasan mengenai Ternyata Salah Ini !! 5 Kebiasaan Bikers Lakukan Saat Hujan,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂