Karbu Vakum Brebet

Posted on

Karbu Vakum Brebet – Karburator SU atau biasa disebut juga dengan karburator vakum ialah karburator yang throttle pistonnya terangkat atau terbuka dengan cara tekanan negatif atau biasa disebut vakuminasi dalam ruang vakum yang terletak di atas throttle piston atau skep.

Cara Kerja Karburator SU (Karbu Vakum)

Dalam prinsip kerja karburator SU atau Vakum tidak jauh beda dengan karburator konvensional lainnya, hanya saja perbedaannya terletak pada cara kerja dalam pembukaan throttle piston atau skepnya saja.

Pembnukaan throttle piston atau biasa disebut skep ialah dengan sistem vakuminasi yang terjadi pada ruang vakum yang berada tepat diatas skep dan terhubung langsung dengan skep tersebut.

Pada saat motor ditarik gasnya, kabel gas tersebut membuka katup kupu-kupu begitu katup kupu-kupu terbuka lebar dan isapan makin deras, saat itu terjadi kevakuman di ruang vakum sehingga karet diafragma menyempit dan mengangkat piston skep ke atas dan debit gas bakar pun bertambah.

Saat putaran mesin langsam, posisi katup kupu-kupu dan piston vakum tertutup, gas bakar dipasok lewat lubang pilot outlet. Dimana gas bakar dari pilot-jet yang diatur pilot screw, keluar dari lubang itu.

Begitu katup kupu-kupu sedikit terangkat, gas bakar masih dari pilot-jet keluar lewat 2 lubang bypass “bypass port” yang posisinya ada di belakang lubang pilot outlet. Namun komposisinya lebih banyak.

Begitu katup kupu-kupu kembali terbuka lebih lebar dan aliran udara makin deras, dalam kondisi itu piston vakum secara otomatis terangkat untuk menyesuaikan kebutuhan gas bakar yang ada di ruang bakar.

Baca Juga :  "All Yamaha Mio" Cara Mudah Mengatasi Tersendat & Brebet Saat Di Kendarai

Dan saat katup kupu-kupu menutup atau gas dilepas, karet diafragma dapat menyempit dan skep tertutup oleh tekanan pegas.

Karbu Vakum Brebet

Seiring berjalannya waktu dan umur pakai lebih dari 5 tahun, motor matic yang mengandalkan karburator model vacuum, komponen peranti ini mulai bermasalah, sehingga tunggangan ogah jalan meski grip gas sudah dipelintir.

Gejalanya hampir mirip seperti telat bensin yakni mesin tetap langsam, tapi saat grip gas dibetot, mesin brebet dan tidak mau jalan. Hal ini juga hampir sama seperti kalau koil mau mati, tiba-tiba motor digas ogah beranjak.

Per Jarum Skep

Hal ini biasanya karena per jarum skep lemah. Untuk solusinya mesti direnggangin biar daya dorongnya lebih keras kembali. Caranya cukup ditarik pakai kedua tangan atau tang jepit.

Sil Pengunci Jarum Skep

Sil pengunci jarum skep rusak atau sudah keras juga menjadi salah satu penyebabnya. Kalau sil keras otomatis pengunci jarum skep enggak mengunci dengan optimal.

Ujungnya kinerja jarum skep ikut bermasalah, solusinya ganti baru atau bisa juga dilem. Dan hal ini biasanya terjadi pada Yamaha Mio, Nouvo, Mio Soul yang umurnya sudah lebih dari 5 tahun.

Kepala Jarum Skep

Karena usia pakainya sudah cukup lama, kadang kepala jarum skep patah, sehingga kinerja karburator ngaco. Solusinya mesti ganti baru satu paket, untuk harganya sekitar Rp 100 ribuan.

Demikianlah pembahasan mengenai Karbu Vakum Brebet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat  bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂