√ Untuk Pengendara Motor – Kapan Masker Kain Sebaiknya Dicuci ?? Yuk Simak

Posted on

Kapan Masker Kain Sebaiknya Dicuci – Di Indonesia sendiri populasi sepeda motor memang sangat banyak jumlahnya. Jumlah sepeda motor yang sangat banyak ini pun sebanding dengan banyaknya bikers yang mengendarainya.

Untuk Pengendara Motor – Kapan Masker Kain Sebaiknya Dicuci ?? Yuk Simak

Namun sayangnya dari sekian banyak pengendara sepeda motor ini hanya sedikit yang sudah sadar mengenai safety and healty riding. Beberapa kelengkapan wajib berkendara memang kerap disepelkan oleh para pengendara sepeda motor dan padahal fungsinya sangat penting.

Untuk pengendara motor, masker diperlukan sebagai salah satu perlengkapan keselamatan diri. Kebersihan masker pun harus selalu dijaga agar tidak nyaman dipakai dan menjadi sarang kuman. Hal ini membuat potensi masuknya partikel atau bakteri jahat yang terkandung di udara yang kotor masuk ke dalam paru-paru menjadi semaki besar.

Penyakit atau dampak yang ditimbulkan oleh beberapa partikel atau bakteri jahat yang masuk ke dalam paru-paru melalui udara kotor tersebut tidak langsung dirasakan. Hal ini tentu membuat kita para pengendara sepeda motor wajib mewaspadai berbagai kemungkinan dengan mencegah bakteri jahat tersebut masuk ke dalam sistem pernafasan.

Nah bagi yang mudik atau perjalanan jauh menggunakan motor ?? jangan lupa gunakan masker untuk mencegah debu dan polusi jalanan masuk ke dalam tubuh. Ada dua jenis masker yang bisa kalian pilih masker sekali pakai atau masker yang terbuat dari kain dan dapat digunakan berulang kali.

Kapan Masker Kain Sebaiknya Dicuci

Dan untuk alasan higienis masker sekali pakai memang lebih disarankan, yap semakin sering masker digunakan tentu akan semakin banyak pula paparan kuman dan bakteri terhadap masker itu.

Baca Juga :  √ Agar Aki Awet ?? Inilah Cara Memanaskan Motor Yang Benar Dan Tepat

Namun risiko kuman dan bakteri itu bisa diminimalisasi pada pengguna masker yang bisa dipakai berulang kali. Salah satu caranya dengan rutin mencuci masker yang digunakan berkali-kali biasanya berbahan kain.

Memakai masker yang bisa digunakan berkali-kali tanpa dicuci berisiko terkena kontaminasi dari lingkungan luar. Dan kontaminasi bakteri juga bisa datang dari tubuh sendiri seperti dari cairan ingus.

Karena itu penting untuk mencuci masker yang digunakan minimal dua hari sekali. Hindari pula penggunaan masker yang sama secara berulang dalam waktu yang terlalu lama. Dan tidak ada tindakan khusus dalam mencuci masker. Satu hal yang terpenting, gunakan sabun agar kuman dan bakteri yang menempel di masker benar-benar mati. Kucek masker dan pastikan tidak meninggalkan noda.

Lebih baik hindari menjemur masker dibawah sinar matahari langsung. Cukup dengan angin-anginkan masker hingga benar-benar kering. Memakai masker memang diperlukan untuk mencegah kontaminasi debu dan bakteri dari lingkungan luar. Namun jangan lupa untuk menjaga kebersihan masker dengan rutin mencucinya.

Demikianlah pembahasan mengenai Untuk Pengendara Motor – Kapan Masker Kain Sebaiknya Dicuci ?? Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂