Kampas Rem Belakang Nmax

Posted on

Kampas Rem Belakang Nmax – Dalam hal ini kampas rem belakang Yamaha Nmax cepat habis karena menggunakan non asbes yang sesuai dengan regulasi pemerintah.

Pengguna Yamaha Nmax seringkali mengeluhkan kampas rem belakang mereka yang cepat habis. Beberapa pelanggan bahkan mengalami kerusakan pada perangkat pengereman kendaraan tersebut.

Kampas Rem Belakang Nmax

Untuk hal ini Yamaha Nmax menggunakan rem belakang dengan teknologi single disk brake. Kampas rem tersebut dibuat sesuai dengan regulasi pemerintah.

“Soal kampas rem terikat dengan regulasi pemerintah yang menganjurkan penggunaan benda non asbes. Ini di maksudkan lebih kepada peduli lingkungan jadi memilih tidak menggunakannya.

Lantas Bagaimana Menggunakan Kampas Rem Yang Mengandung Asbes?

Nah untuk hal demikian jika ingin peranti pengereman lebih awet, konsumen dapat menggunakan komponen aftermarket yang mengandung asbes. Namun untuk hal demikian tidak disarankan untuk penggunaan benda berbahaya tersebut.

“Konsumen bisa saja pakai (Kampas Rem) yang mengandung asbes. Tapi tidak disarankan penggunaan asbes tersebut. Pengguna kendaraan yang memilih kampas rem berbahan asbes berarti tidak peduli dengan lingkungan.

Keunggulan Dan Kekurangan Menggunakan Rem Asbes

Untuk diketahui bantalan rem berbahan asbes sudah digunakan pada kendaraan pada waktu yang lama. Asbes dipilih karena mampu menyerap dan melepaskan panas saat terjadi gesekan pada permukaan rem.

Yang menjadi masalah ialah ketika permukaan asbes terkikis saat penggunaan dan menciptakan debu yang berbahaya untuk kesehatan terutama pernafasan.

Bayangkan di jalan yang padat ketika pengendara aktif menggunakan rem, berapa banyak partikel asbes yang beredar di udara.

Baca Juga :  √ Cara Membuat SIM Internasional Terbaru,, Yuk Simak

Dan pasti kita pengguna jalan memiliki potensi besar untuk menghirup debu asbes yang beredar di udara. Untuk itu pemerintah melarang penggunaan asbes pada bahan kanvas rem untuk produsen kendaraan di Indonesia.

Keunggulan Dan Kekurangan Menggunakan Rem Organik

Atas dasar ini kini pabrikan termasuk Yamaha memilih menggunakan rem organik. Biasanya bahan-bahan yang digunakan ialah kaca, karet serta resin. Bahan-bahan ini juga memiliki keunggulan dalam menahan panas tinggi saat rem bekerja.

Dan juga memiliki debu yang ramah lingkungan. Sayangnya bahan ini memiliki kelemahan yakni bahannya cenderung lebih lembut sehingga lebih mudah aus atau terkikis.

Sejatinya ada satu bahan lagi yang ramah lingkungan yakni Kevlar. Bahan ini memiliki segala keunggulan yang dibutuhkan oleh bantalan rem namun memiliki harga mahal.

Dan selain masalah penggunaan material, karakter pengguna sendiri menentukan cepat habisnya kampas rem belakang tersebut. Seringkali para pengendara tidak sadar jika tuas rem belakang yang berada di sebelah kiri alat kemudi tertekan.

Demikianlah pembahasan mengenai Kampas Rem Belakang Nmax semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂