Kampas Ganda Beat

Posted on

Kampas Ganda Beat – Dalam hal ini mengenal tanda kampas ganda pada motor matic aus yang harus kalian ketahui sebagai pemilik motor matic.

Dan perlu kalian ketahui bahwa ada satu perawatan penting pada motor matic yang sangat perlu mendapat perhatian.

Yakni pada bagian kampas ganda motor matic sebagai salah satu komponen dalam sistem rangkaian CVT. Tentu saja komponen yang satu ini memiliki peran penting sebagai alat untuk memberikan tekanan sekaligus menahan wadah kopling.

Dengan begitu suplai tenaga mesin pun bisa langsung ditransfer ke bagian roda belakang motor matic. Bila kampas kopling ganda motor sudah mengalami aus maka akan ditandai dengan berbagai ciri atau tanda. Yang salah satunya yakni tenaga mesin yang mulai terasa tidak maksimal.

Namun terkadang kondisi kampas ganda motor matic yang sudah aus ini tidak melulu langsung terasa pada tenaga yang mulai berkurang, melainkan tanpa ada gejala apapun di awal-awalnya.

Maka dari itu tidak heran jika tak jarang kerusakan pada kampas ganda motor matic ini sulit dideteksi atau diketahui secara pasti.

Namun jangan khawatir berikut ini kami akan berbagi ulasan lengkap mengenai ciri kampas ganda beat sudah auas yang sering tidak disadari oleh para pemilik motor matic. Lantas apa saja itu? Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Tanda Kampas Ganda Beat Sudah Aus

Berikut adalah beberapa gejala yang umum terjadi saat kampas ganda pada motor matic mulai aus, mari kita kenali gejala atau ciri-cirinya.

Tarikan Motor Terasa Melemah

Ciri atau gejala pertama yang sering muncul sebagai indikasi jika kampas ganda pada motor matic mulai aus biasanya bisa dikenali dari tenaga tarikan motor itu sendiri.

Dimana jika kondisi kampas kopling motor matic kalian sudah mulai menipis habis, motor pun akan mengalami penurunan performa. Performa yang turun dari motor kalian tersebut utamanya adalah akselerasi motor yang terasa sedikit berat. Biasanya yang terpengaruh ialah top speednya.

Jika kalian sudah merasa ada kondisi seperti ini maka sangat dimungkinkan kampas ganda motor sudah mulai waktunya untuk diganti. Kalian bisa memastikannya dengan mengeceknya, bila memang sudah sepatutnya diganti maka sebaiknya diganti denga yang lebih baru.

Kopling Selip

Kopling selip pada motor matic pada umumnya terjadi karena kondisi kampas kopling yang sudah mulai aus atau menipis. Akan tetapi ada kemungkinan bahwa kopling selip terjadi karena kualitas dari pada oli mesin yang sudah menurun atau bisa jadi juga disebabkan oli mesin yang tidak cocok dengan spek mesin.

Jika kalian mengalami kopling pada motor matic selip maka itu tanda bahwa kampas ganda pada motor kalian sudah selayaknya mendapat penggantian yang lebih baru. Bila kondisi seperti ini dibiarkan begitu saja maka dikhawatirkan justru akan membuat kondisi kampas kopling akan memicu pada komponen lain yang terkait.

Maka dari itu usahakan untuk segera menggantinya dengan yang baru agar kondisi komponen yang berhubungan langsung dengan kampas kopling tidak mengalami kerusakan lebih serius.

Kick Starter Motor Terasa Berat Atau Loss

Di sisi lain kondisi dimana kick starter atau tuas penghidup mesin motor matic terasa berat juga bisa menjadi tanda bahwa kampas ganda pada motor sudah menipis.

Bahkan kondisi lain seperti kick starter yang terasa loss saat digunakan pun menjadi ciri atau gejala kampas ganda motor matic sudah minta untuk diganti dengan yang baru.

Karena kondisi seperti tidak bisa lama-lama dibiarkan begitu saja mengingat akan mudah merusak komponen lain yang ada di dalam motor itu sendiri.

Maka oleh karenanya segera ganti dengan kampas ganda yang lebih baru dan tentunya memiliki kualitas terbaik agar tidak mudah aus dan kondisinya awet serta tahan lama.

Putaran Mesin Terasa Tinggi (Ngeden)

Kemudian tanda lain yang mengindikasikan bahwa kondisi kampas ganda motor mulai aus bisa diketahui dari putaran mesin yang mulai tinggi atau terasa seperti ngeden.

Tidak bisa untuk kita pungkiri bahwa keadaan dimana putaran performa atau gerak mesin yang semakin tinggi ini disebabkan oleh akselerasi yang melemah dan kampas kopling mulai licin.

Hal menandakan dengan jelas bagaimana mesin bekerja lebih berat dikarenakan kampas ganda pada motor matic sudah mulai aus. Sehingga bila dibiarkan akan banyak memicu masalah seperti boros bahan bakar yang sudah barang tentu membutuhkan suplai bensin lebih banyak dari biasanya.

Maka oleh sebab itu tanda atau gejala putaran mesin motor matic yang ngeden seperti itu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kalian harus segera dicek secara lebih detail agar nantinya bisa diperbaiki secara maksimal.

Gigi Persneling Seperti Mengeluarkan Suara Raungan

Tidak sampai disitu gejala yang jarang terjadi namun bisa menjadi patokan sebagai tanda bahwa ada masalah pada kampas ganda motor matic bisa diketahui dari adanya suara rauangan berasal dari gigi perseneling.

Gejala ini terjadi pada saat gigi perseneling dimasukkan justru ngowos atau mengeluarkan suara raungan da tidak mengeluarkan tenaga.

Jika motor matic kalian mengalami kejadian seperti ini hendaknya jangan dibiarkan begitu saja. Karena justru akan merusak bagian permesinan mengingat tidak ada kesesuaian atau dukungan dari kampas ganda yang memang memiliki peran penting atas kinerja permesinan motor.

Tenaga Motor Mulai Ngadat

Selain itu tak jarang juga kondisi motor matic yang mulai ngadat juga menjadi sebuah ciri bahwa kondisi kampas ganda pada motor matic kalian mengalami aus.

Memang keadaan motor ngadat seperti ini tidak bisa dijadikan patokan prioritas atau yang utama sebagai gejala pasti adanya masalah pada kampas ganda motor matic.

Hanya saja tak menutup kemungkinan bila tenaga motor yang berkurang atau terjadi ngadat seperti itu juga tak bisa dilepaskan dari kampas ganda motor matic yang mulai mengalami keausan berlebih.

Bila kondisi ini terjadi segeralah untuk mengeceknya, sebab selainn dikarenakan kampas ganda yang aus, sangat berpotesi sekali bahwa ada masalah pada proses pembakaran di ruang bakar mesin.

Oleh karenanya sebaiknya kalian jangan mendiamkan motor begitu saja, karena sudah jelas akan banyak masalah yang terjadi ketika nantinya motor matic ini dioperasikan.

Setelah mengenali berbagai gejala atau tanda adanya masalah pada bagian kampas ganda diatas tentu saja kalian bisa memahami apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi hal tersebut setidaknya tahu langkah apa yang perlu dilakukan.

Di satu sisi perlu untuk kalian pahami juga bahwa masih ada banyak lagi ciri kampas ganda yang menipis, hanya saja beberapa gejala diatas ialah tanda yang umum dan sering terjadi namun tidak banyak yang menyadari akan hal tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Kampas Ganda Beat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂