Kampas Ganda Beat

Posted on

Kampas Ganda Beat – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Kampas Ganda Beat yang dimana dalam hal ini meliputi Pengertian Motor Matic, Kelebihan Motor Matic, Kekurangan Motor Matic dan Tips Agar Kampas Ganda Motor Matic Awet, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Motor Matic

Sepeda motor matic ialah jenis sepeda motor otomatis yang tidak memakai operan gigi manual dan digunakan cukup dengan satu akselerasi, ukuran bodi motor matic ini biasanya lebih ringan jika dibandingkan dengan tipe sepeda motor bebek dan sepeda motor matic memiliki ruang kosong di tengah-tengah antara kemudi dan jok duduk yang berfungsi untuk memudahkan kaki penggunanya ataupun untuk tempat menaruh barang bawaan di antara kaki tersebut, serta motor matic yang ada di Indonesia biasanya memiliki ukuran ban dan roda yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis motor bebek.

Lalu di jaman sekarang ini dari perkembangan jenis motor matic di pasar Indonesia benar-benar sudah sangat pesat dan banyak sekali diminati oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia baik itu orang tua, orang dewasa, remaja dan anak-anak sekolahan karena jenis motor matic ini menawarkan lebih banyak kemudahan jika dibandingkan dengan jenis motor bebek.

Hal tersebut pun telah dibuktikan dengan semakin banyaknya produk-produk sepeda motor matic terbaru yang hadir di ranah Indonesia yang akhirnya memberikan kemudahan dan pilihan kepada para penggunanya karena didalamnya telah disematkan berbagai fitur teknologi yang sudah canggih dan gahar.

Oleh karena itu melihat fakta bahwa untuk saat ini dalam segi perkembangan jenis sepeda motor matic sudah berkembang semakin pesat dan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang telah menggunakan jenis motor matic.

Baca Juga :  Aki Kering Motor Anda Soak!! Inilah Cara Memperbaikinya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Matic

Adapun kelebihan dan kekurangan motor matic diantaranya yaitu:

Kelebihan Motor Matic

Keunggulan dan kelebihan motor matic yang ada di Indonesia yang pertama ialah sistem pengoperasiannya yang lebih mudah dan nyaman jika dibandingkan dengan jenis sepeda motor bebek karena jenis motor matic ini hanya perlu mengoperasikan gas, rem dan stang saja untuk mengontrol jalannya sepeda motor matic ini di jalanan tanpa harus mengatur gigi transmisi ataupun kopling sehingga jenis motor matic benar-benar memudahkan para penggunanya baik orang tua, orang dewasa maupun anak-anak.

Kelebihan motor matic yang selanjutnya ialah memiliki ukuran tempat penyimpanan didalam motor yang relatif lebih luas dibandingkan dengan jenis motor bebek. Tempat penyimpanan motor matic ini biasanya terletak di antara stang dan jok duduk serta dibagian bagasi “dibawah jok duduk”, malahan ada jenis motor matic yang memiliki kapasitas jok duduk lapang hingga bisa menyimpan helm dibawahnya. Kapasitas tempat penyimpanan yang luas dan lapang yang ada di dalam jenis motor matic ini jarang sekali ada didalam jenis motor bebek yang ada di Indonesia sehingga bagian ini benar-benar menjadi keunggulan motor matic.

Lantas keunggulan motor matic yang lain memiliki tampilan dan desain bodi yang lebih terlihat Sporty, Stylish dan Dinamis. Oleh karena itu jenis motor matic ini akan memberikan kesan percaya diri saat menggunakannya, dan apalagi sistem pengoperasian otamatic tinggal di gas sehingga benar-benar memudahkan para penggunanya saat bermanuver diberbagai medan jalan sehingga dapat digunakan oleh kaum pria maupun wanita dan sangat cocok jika digunakan di jalanan perkotaan yang memiliki volume kendaraan yang padat dan sering terjadinya macet karena sekali lagi sangat mudah untuk bermanuver.

Kelebihan motor matic yang berikutnya ialah sudah didukung oleh fitur-fitur berteknologi canggih dan modern yang sangat memudahkan dan menguntungkan bagi para pemilik dan pengguna sepeda motor matic di Indonesia seperti salah satunya telah didukung fitur fuel injection dan fitur blue core. Fitur-fitur tersebut berfungsi untuk memberikan keefesien pemakaian bahan bakar motor “bbm” sehingga bisa dikatakan bahwa jenis motor matic terbaru sekarang ini lebih irit dan hemat bahan bakar motor “bbm” serta ramah lingkungan.

Baca Juga :  Penyebab Suara Knalpot Nembak Pada Motor Serta Cara Mengatasinya

Kekurangan Motor Matic

Setelah melihat keunggulan sepeda motor matic, kini tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui kekurangan dan kelemahan motor matic agar kalian sebagai pengguna sepeda motor bisa memahami dan mengerti secara lebih detail.

Kekurangan sepeda motor matic yang pertama ialah memiliki ukuran ban dan velg motor yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis motor bebek sehingga akan memberikan dampak kurang nyaman saat dikendarai dengan kecepatan yang relatif cepat dan saat menikung. Ukuran ban dan velg motor yang relatif kecil ini pun akan menjadi mudah goyang saat kalian melewati jalanan yang bergelombang dan rusak.

Lantas kekurangan motor matic yang lainnya ialah menggunakan jenis monoshock tunggal sehingga sangat tidak baik, sekali lagi tidak baik bukan tidak boleh jika kalian menggunakan jenis motor matic dengan beban yang terlalu berat seperti berboncengan bertigaan ataupun membawa barang-barang bawaan yang terlalu berat karena sekali lagi jenis monoshock yang digunakan monoshock tunggal bukan dual monoshock yang sering digunakan didalam jenis motor bebek.

Lalu kekurangan dan kelemahan sepeda motor matic yang berikutnya memiliki bandrol yang relatif mahal untuk jenis motor matic terbaru di pasar Indonesia sehingga kalian harus benar-benar memiliki uang yang cukup longgar sebelum membeli jenis motor matic karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa jenis motor matic terbaru yang ada di pasar Indonesia saat ini telah memberikan khualitas yang benar-benar bagus baik itu didalam spesifikasi mesin, desain bodi dan fitur-fitur teknologi yang ada didalamnya.

Tips Agar Kampas Ganda Motor Matic Awet Tidak Mudah Gredek

Dalam hal Getar atau gredek yang timbul pada motor matic pada bagian CVT disebabkan oleh kampas ganda dan mangkok otomatis yang sudah mengalami kausan yang sehingga ada celah dan putarannya tidak seirama.

Baca Juga :  [Tips Ampuh] Cara Memperbaiki Velg Motor Yang Penyok

Nah dalam menyiasati gejala demikian ini, ada tips agar kampas ganda bisa lebih awet. Usahakan kalau perjalanan jauh naik motor matic dengan kondisi jalan yang menanjak, apalagi boncengan beban lebih berat.

Untuk istirahatkan motor jika dirasa sudah lebih dari 15 menit melewati jalanan menanjak. Karena suhu di dalam CVT ini terutama bagian kampas ganda dan mangkok otomatis bisa melebihi panas dari suhu mesin.

Kalau mesin ada pendinginnya yakni radiator, kalau CVT tidak ada. Dalam penggerak utama motor matic berada di CVT, suhunya bisa lebih dari 200 derajat Celsius atau melebihi suhu mesin.

Kalau dipaksakan terus dijalan menanjak, maka kampas ganda dan mangkok otomatis bisa meleleh jadi timbul celah antara keduanya yang menyebabkan aus.

Makanya tidak jarang timbul bau karet V-belt terbakar jika dipaksakan. Ia menyarankan untuk mengistirahatkan mesin motor jika sudah menanjak kurang lebih 15 menit, tapi jangan disiram, dibiarkan dingin secara alami.

Oleh karena itu jika pergi jauh mengendarai motor matic dan tahu kondisi jalan menanjak, sebaiknya jangan membawa beban terlalu berat. Beban berat, kondisi jalan yang menanjak dan macet akan sangat berpengaruh pada kampas ganda. Maka efeknya kampas ganda akan aus dan menyebabkan getar atau gredek saat putaran bawah.

Demikianlah pembahasan mengenai Kampas Ganda Beat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂