Jumper Aki Motor

Posted on

Jumper Aki Motor – Dalam hal ini berkendara dengan sepeda motor memang menjadi hal yang cukup menyenangkan. Bukan hanya dapat melihat area sekitar, namun juga efisiensi waktu pun jauh lebih baik dibandingkan dengan berkendara dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Hal ini membuat banyak sebagian besar orang lebih memilih motor untuk menjadi pelengkap transportasi mereka. Namun memiliki sepeda motor ataupun mobil, keduanya sama-sama harus kita jaga dan rawat dengan baik. Dengan tujuan agar motor dapat selalu member kenyamanan saat digunakan.

Bicara masalah perawatan, tentu akan ada banyak sekali hal yang harus kita perhatikan agar motor tetap bisa memberikan performa baik dan maksimal. Terutama pada bagian mesin, karena bagian ini menjadi komponen paling vital dalam kendaraan roda dua.

Dan akan tetapi tidak hanya terpaku pada sektor mesin, memiliki motor juga perlu memperhatikan beberapa komponen lain, termasuk aki motor. Yaps, menjadi bagian dengan peran penting, aki menjadi bagian tidak bisa dibuang, terlebih lagi untuk jenis motor injeksi.

Karena bukan hanya bertugas untuk sistem starter, namun aki motor juga punya peran lain termasuk untuk menstabilkan arus kelistrikan motor. Kondisi aki rusak pada motor akan cukup banyak membawa dampak buruk. Tidak terkecuali sistem pengapian kecil atau lampu tidak nyala terang.

Persiapan Jumper Aki Motor

Kondisi seperti itu tentu bukanlah hal yang diinginkan banyak pemilik sepeda motor. Namun apabila sudah terlanjur, mungkin kalian perlu memperbaiki aki motor tersebut agar bisa kembali digunakan.

Baca Juga :  Akibat Fatal Saat Oli Mesin Yang Sering Habis

Karena bukan saja hanya membuat motor punya pengapian kecil. Rusak atau soaknya aki motor juga membuat kalian tidak bisa menghidupkan motor dengan sistem starter elektrik. Apabila sudah seperti itu maka salah satu solusi paling tepat untuk mengatasinya yakni dengan jumper aki motor.

Yah cara ini dianggap cukup mudah dan simple dalam mengatasi masalah aki soak yang menyebabkan motor tidak bisa di starter. Maka dari itu seperti judul diatas, kali ini kami rangkum panduan bagaimana jumper aki motor secara baik dan benar.

Namun sabelum masuk ke pembahasan bagaimana jumper aki motor, setidaknya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk proses jumper aki motor.

Lantas apa saja itu? Nah berikut beberapa hal yang perlu untuk kalian siapkan saat jumper aki motor.

  • Aki motor baru / bekas masih punya kondisi layak pakai.
  • Obeng (+) & Obeng (-).
  • Satu unit Tan
  • Satu set kunci pas dan ring berbagai ukuran.
  • Sarung tangan sebagai isolator.
  • Dan kabel jumper aki.

Setelah semua persiapan diatas sudah dilengkapi, maka kalia pun sudah bisa melakukan jumper aki motor. Nah untuk langkah serta jumper aki motornya bisa kalian simak pada pembahasan dibawah ini.

Cara Jumper Aki Motor

Dalam melakukan jumper aki motor sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan jumper aki mobil. Paling penting kalian tahu langkah-langkahnya. Baik itu langkah yang benar saat melepas aki dan juga langkah yang tepat saat melakukan pemasangan kabel jumper.

Dengan begitu kalian bisa melakukan jumper aki motor dengan sendirinya. Namun bagi kalian yang mungkin baru ingin mencobanya, tidak ada salahnya simak panduan lengkap bagaimana cara jumper aki motor aman anti korsleting berikut ini.

Dengan Mempersiapkan Peralatan

Cara yang pertama harus dilakukan ketika ingin jumper aki motor yakni dengan mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan mulai dari obeng, aki penjumper dan juga beberapa perkakas atau alat otomotif lainnya seperti kunci ring, pas dan juga tentunya kabel jumper.

Baca Juga :  5 Cara Memaksimalkan Karburator Motor

Lepas Aki Dari Motor

Kemudian siapkan aki penjumper, kalian bisaΒ  menggunakan aki baru atau aki pada sepeda motor lain. Jika di ambil dari motor lain, maka hal pertama harus diingat adalah lakukan pelepasan aki dengan cara yang baik dan benar.

Dimana untuk cara melepas aki pada motor yang baik dan benar, kalian harus melepaskan baut pengunci kutub negatif (-) terlebih dahulu lalu diikuti pelepasan kabel kutub positif (+) dengan tujuan agar tidak terjadi korsleting.

Pasang Kabel Jumper Ke Aki Baru

Setelah aki terlepas, maka kalian bisa melanjutkannya dengan memasang kabel jumper aki motor yang sudah disiapkan ke masing-masing kutub pada aki penjumper.

Saat memasang, pastikan posisikan kabel jumper merah dipasang pada kutub (+) dan kabel hitam pada kutub negatif (-) di aki penjumper. Dan perlu diperhatikan saat pemasangan pastikan baut pengunci terpasang kencang agar tidak mudah mengeluarkan panas.

Sambung Kabel Jumper Ke Motor

Nah berikutnya hal yang perlu dilakukan ialah menyambung atau memasang ujung kabel jumper lainnya ke bagian motor yang ingin di jumper. Untuk beberapa tipe motor, kalian perlu membuka tutup aki terlebih dahulu.

Setelah itu silahkan sambungkan atau jepitkan kabel jumper ke aki pada motor yang bermasalah sesuai dengan kutub masing-masing. Namu ada satu hal perlu untuk diperhatikan saat memasang kabel jumper ini.

Hal tersebut yakni pastikan kabel jumper yang kalian pasang terlebih dahulu adalah kabel berwarna merah atau kabel kutub positif (+). Baru setelah terpasang kalian jepitkan atau sambung kabel kutub negatif (-) berwarna hitam ke kutub negatif aki motor.

Hidupkan Motor

Setelah semua kabel terpasang dengan baik dan benar, langkah terakhir perlu dilakukan yakni menyalakan atau menghidupkan sepeda motor. Ketika kondisi aki penjumper dalam keadaan bagus.

Baca Juga :  √ Injeksi Vario 125 Bermasalah,,?? Terasa Nyendat-Nyendat,,Inilah Solusinya

Besar kemungkinan motor akan dapat dihidupkan seperti motor normal pada umumnya. Ketika dipastikan motor bisa menyala, tunggu beberapa saat dan lepas jepitan kabel jumper pada motor, namun pastikan motor tetap dalam keadaan hidup yah.

Lantas Apa Bisa Jumper Aki Di Motor Injeksi?

Bagaimana mudah bukan cara jumper aki motor anti korsleting seperti yang telah disampaikan diatas? Silahkah ikuti panduan bagaimana cara yang dijelaskan diatas agar motor kalian dapat kembali hidup apabila memang dikarena masalah pada bagian aki.

Cara diatas bisa dilakukan untuk semua jenis motor, baik itu motor matic, bebek, sport atau lainnya. Namun yang jadi pertanyaannya apakah bisa jumper aki pada motor injeksi?

Hal ini tentu saja bisa karena seperti diatas yang telah disampaikan, cara jumper aki motor diatas bisa diaplikasikan pada semua jenis motor. Selain itu bagaimana cara jumper aki motor tanpa kabel?

Untuk hal yang satu ini sepertinya belum menemukan cara atau solusi yang dimaksud tanpa kabel. Kenapa demikian? Karena dalam proses jumper aki baik pada motor atau mobil pastinya memerlukan sebuah kompoen yang namanya kabel jumper sebagai media penghubung.

Nb:

Jadi bagi kalian yang memiliki sepeda motor namun sedang bermasalah karena sulit untuk distarter atau di hidupkan serta penerangan kurang maksimal.

Maka disarankan untuk segera melakukan jumper aki, jika tidak ingin repot-repot maka solusi paling tepat dengan cara mengganti aki motor dengan yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai Jumper Aki Motor semoga dengan adanya ulasa tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚