Jarak Pengereman Yang Aman Bagi Pemotor

Posted on

Jarak Pengereman Sepeda Motor – Nah bagi pengendara khususnya pemotor, mengetahui dan juga bisa mempraktikkan dengan baik segala sesuatu mengenai teknik berkendara sepeda motor yang baik ialah tuntutan yang wajib untuk dipenuhi oleh semua pengendara. Hal ini bertujuan agar nantinya bisa mengurangi risiko terjadinya kecelakaan pada saat berkendara di jalan raya.

Jadi Ini – Jarak Pengereman Yang Aman Bagi Pemotor

Termasuk teknik berkendara sepeda motor yang baik ialah mengetahui cara pengereman yang aman untuk para pemotor. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai jarak pengereman yang aman bagi pemotor.

Pengereman ialah hal yang penting bagi sebuah kendaraan bermotor, dan tidak terkecuali bagi sepeda motor. Dalam segi pengereman memiliki fungsi untuk menahan laju sepeda motor agar kalian pengendra tetap aman pada saat berkendara dengan menggunakan motor kalian.

Dan perlu kalian ketahui bahwa dalam pengereman yang aman tidak boleh dilakukan secara tiba-tiba atau mendadak. Hal ini karena dapat mengakibatkan motor kalian terjungkal atau tergelincir di jalan. Karena itu kalian perlu mengetahui jarak aman pengereman bagi pemotor seperti kalian.

Dan apakah kalian sudah mengetahui kira-kira berapa jarak aman pengereman bagi pemotor ? jika kalian belum tahu maka silah kalian lanjutkan untuk membaca ulasan ini. Sebab pada kesempatan kali ini kami akan membahas sebuah permasalahan mengenai jarak pengereman yang aman bagi pemotor.

Baca Juga :  As Gear Depan Aus

Jarak Aman Pengereman Motor

Nah baiklah langsung saja mari kita simak bersama, berikut ialah informasi yang berhasil kami rangkum dalam ulasan ini mengenai bagaimana jarak pengereman yang aman bagi pemotor berikut diantaranya yaitu:

Semakin Tinggi Kecepatan Motor Maka Semakin Jauh Pula Jarak Pengereman

Jarak pengereman yang aman bagi pemotor yang pertama yakni dengan memperkirakan apabila kalian berkendara dengan kecepatan yang semakin tinggi maka akan memerlukan jarak pengereman yang jauh pula agar motor dapat terkendari dan pastinya aman bagi pengendara motor.

Misalnya jika kalian berkendara dengan laju 60 km/jam maka, kalian harus mengerem pada jarak kira 40-45 meter agar motor dapat berhenti dalam waktu 3 detik. Hitungan tersebut hanya berlaku saat kondisi jalanan kering. Jika dalam kondisi hujan maka akan memerlukan jarak yang lebih jauh lagi.

Dengan Memperhatikan Kondisi Kampas (Cakram Dan Tromol)

Jarak pengereman yang aman bagi pemotor yang kedua yakni dengan memeriksa kondisi bagian-bagian yang ada pada pengereman seperti kampas, cakram atau bahkan tromol.

Dan apabila komponen-komponen tersebut sudah mulai mengikis maka jarak yang dibutuhkan untuk pengereman akan semakin jauh karena kinerja dari komponen-komponen yang terkikis tadi sudah tidak maksimal.

Kondisi Pada Ban Motor

Jarak pengereman yang aman bagi pemotor yang ketiga yakni dengan memperhatikan kondisi ban. Dan apabila kondisi ban motor kalian telah gundul, maka akan mempengaruhi jarak pengereman pada motor kalian.

Dan akibatnya jarak pengereman menjadi lebih jauh karena ban gundul akan lebih licin dari pada ban yang masih bagus dimana masih memiliki ketebalan yang mendukung dan dapat membantu pengereman menjadi lebih cepat.

Demikianlah pembahasan mengenai Jarak Pengereman Yang Aman Bagi Pemotor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Motor Yang Kehabisan Oli Mesin