Jalur Kiprok NMAX : Posisi Dan Pasang Soket Di Motor Lain

Posted on

Jalur Kiprok NMAX – Dalam hal ini masalah kelistrikan pada sepeda motor memang penting karena menentukan apakah mesin bisa menyala atau tidak. Kiprok merupakan salah satu komponen listrik yang memiliki fungsi untuk membatasi tegangan dari spul dimana menyebabkan daya yang keluar menjadi stabil antara 12 V.

Dalam kiprok terdapat dioda dengan 2 semi konduktor yang mampu menjadikan aliran arus listrik searah. Kiprok juga dijumpai pada Yamaha NMAX dengan sistem perkabelan yang cukup berbeda dengan motor lainnya.

Jika dibandingkan jalur kiprok Karisma memang NMAX memiliki lebih banyak soket dimana masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda. Yang hampir sama sistem kerjanya ialah soket kiprok Tiger dan NMAX meski memang berasal dari pabrikan berbeda. Sebagai pemiliki motor setidaknya harus tahu posisi kiprok NMAX supaya mudah dalam memperbaiki ketika ada konslet ataupun kerusakan.

Secara langsung jalur kiprok NMAX akan menyalurkan arus DC yang berasal dari arus AC Spull. Jadi kebutuhan kelistrikan motor dapat terpenuhi ketika kiprok bekerja menjadikan arusnya searah.

Jalur Kiprok NMAX : Posisi Dan Pasang Soket Di Motor Lain

Kemudian kegunaan lain dari kiprok ialah untuk membatasi tegangan saat mengisi spull sehingga tidak terjadi lonjakan tegangan. Mengetahui jalur kiprok NMAX akan sangat membantu ketika kalian akan mengganti komponennya dengan yang baru.

Dalam pemasangan jalur kabel kiprok juga tidak bisa secara asal karena akan mengakibatkan kerusakan pada kabel, soket, spull atau bahkan komponen lainnya. Pada tiap terminal soket akan mempunyai fungsi tersendiri dimana harus terpasang secara benar. Dan terlebih harga kiprok NMAX termasuk cukup mahal dibandingkan motor lain sehingga jangan sampai salah memasang jalur kabel dan soketnya.

Baca Juga :  Tips Kurangi Gesekan Yang Dihasilkan Pada Mesin Motor

Pada kiprok NMAX akan terdapat 5 soket dimana dapat disambungkan ke kabel sesuai jalur yang sudah ditentukan. Kemudian untuk pasang kiprok NMAX akan mengikuti warna dari tiap kabel sehingga akan lebih murah. Selain itu apabila kalian dapat memasang kiprok NMAX sendiri maka akan menghemat pengeluaran karena tidak perlu lagi datang ke bengkel ataupun tukang servis terdekat.

Jalur Kiprok NMAX

Bentuk kiprok NMAX memang tidak mengalami perubahan dimana terdapat 5 buah soket yang dapat dihubungkan dengan 5 warna kabel berbeda. Seperti pada gambar diatas masing-masing warna akan memiliki nomor untuk dihubungkan ke komponen tertentu. Ketika salah pasang maka bisa menyebabkan motor mogok dan tidak dapat menyala sehingga perlu diteliti jalurnya apakah sudah benar.

Karena jalur kiprok NMAX cukup berbeda dengan motor lainnya maka diantara kalian mungkin kurang memahami bagaimana sistem kerjanya. Namun sudah ada beberapa produk yang memasangkan set kabel dalam satu jalur sehingga tinggal colok saja. Supaya kalian lebih jelas silahkan simak komponen dari jalur kiprok NMAX dan fungsinya seperti dibawah ini.

Kabel Merah

Pertama adalah soket pertama dimana dipasangkan dengan kabel merah dimana berguna untuk jalur dari aki positif +. Didalam kiprok NMAX terdapat fuse/sekering 10 ampere dimana berguyna untuk menyalurkan arus listrik isian dari komponen spull. Berikutnya kiprok akan merubah tegangan kemudian dilanjutkan menyalurkannya ke aki sehingga akan lebih stabil dan tidak terjadi lonjakan.

Kabel Kuning

Berikutnya socket kedua dimana kosong ataupun tidak digunakan.

Kabel Hitam

Socket ketiga akan dihubungkan dengan kabel berwarna hitam menuju aki negatif -. Fungsinya untuk penyalur listrik ke ground.massa di aki sehingga mencegah kebocoran daya. Ketika ada daya listrik mengalir dikabel ini maka dipastikan konslet atau terdapat masalah kelistrikan.

Baca Juga :  Fungsi Kiprok Motor : Penyebab Dan Cara Memperbaikinya

Kabel Putih

Socket putih berguna untuk menyalurkan arus listrik + ke pengisian spull. Secara langsung arus pengisiannya dibatasi maksimal 14,5 V dimana mampu menghindari dari charge berlebihan.

Kabel Hijau

Terakhir adalah jalur kabel hijau dimana menghubungkan ke ground/massa spull negatif -. Jadi selain mengamankan kebocoran tegangan dari aki, kiprok NMAX juga memastikan spull tidak mengalami lonjakan tegangan.

Pasang Kiprok NMAX di Motor Lain Fullwave

Lantas apakah bisa pasang kiprok NMAX di Megapro, Tiger, Xabre ataupun motor lainnya? Tentunya bisa karena jalur fullwave kiprok NMAX dapat dimanfaatkan dengan sedikit modifikasi. Dapat dilihat dari gambar diatas dimana akan menggunakan kabel baru dengan warna kuning dimana dapat dimanfaatkan untuk jalur kiprok tiger ataupun motor lain. Jadi cara pasangnya cukup mudah silahkan hubungkan jalur kabel lampu utama ke output kontak. Berikutnya dibagian kabel kuning silahkan potong untuk memasang input dari lampu utama.

Hubungkan kabel kuning ke output kontak serta input lampu utamanya, sedangkan socket kuning/nomor 2 silahkan tutup memakai solasi supaya aman. Kekurangannya memang ketika kontak hidup maka secara otomatis lampu akan hidup. Kemudian potong bagian grounding spull lalu disambungkan memakai kabel baru dan dilanjutkan dihubungkan dengan socket kiprok NMAX 5/warna hijau.

Lanjutkan dengan memasang solasi pada spul yang sudah dipotong supaya tidak terjadi kebocoran listrik, jika perlu manfaatkan selang dibakar supaya rapat. Terakhir silahkan menghubungkan kabel putih ke socket putih/nomor 4. Setelahnya jalur kiprok Xabre atau kendaraan lainnya dapat diterapkan menggunakan kiprox NMAX. Mengingat harga kiprok NMAX cukup mahal maka perhatikan dulu langkahnya supaya tidak terjadi konslet atau kerusakan.

Akhir Kata:

Pada dasarnya jalur kiprok NMAX memang sangat mudah dipahami, namun jika kamu memilih melakukan modifikasi maka akan ada resiko yang harus ditanggung. Setiap jalur akan memiliki warnanya yang berbeda sehingga cukup mudah untuk dibedakan secara langsung.

Baca Juga :  √ Yuk Simak,,, Efek Samping Penggunaan Sabun Cuci Piring Pada Saat Mencuci Motor

Demikianlah pembahasan mengenai Jalur Kiprok NMAX semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂