Jalur Kiprok Megapro

Posted on

Jalur Kiprok Megapro – Kelistrikan ialah komponen penting dari suatu sistem untuk menghasilkan arus listrik yang dapat digunakan sumber listrik. Maka dari itu kelistrikan dapat dibilang sebagai hal pokok contohnya pada sepeda motor. Tanpa kelistrikan tentunya sepeda motor tidak akan dapat berjalan.

Arus listrik ialah faktor penting dalam sebuah sepeda motor yang memungkinkan sistem penerangan dan sistem peringatan bekerja. Arus listrik merupakan sejumlah elektron yang mengalir dalam tiap detiknya pada suatu penghantar.

Arus mengalir dari terminal positif sumber arus melewati beban dan kembali ke terminal negatif sumber arus. Banyaknya elektron yang mengalir ini ditentukan oleh dorongan yang diberikan pada elektron-elektron dan kondisi jalan yang dilalui elektron-elektron tersebut. Besarnya arus yang mengalir di semua bagian rangkaian listrik sama.

Dan tegangan listrik ialah gaya listrik yang menggerakkan arus untuk mengalir di sepanjang rangkaian listrik. Nah itu ulasan singkat mengenai kelistrikan pada sepeda motor. Sesuai dengan topik utama mengenai warna jalur kabel kiprok megapro, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Fungsi Kiprok Pada Motor

Kiprok atau regulator berfungsi sebagai penyetabil arus dan tegangan dari spul sebelum dialirkan ke Accu (Aki) motor. Karena arus yang masuk ke Accu tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil.

Kiprok pada motor dengan sistem pengapian CDI – DC merupakan komponen yang penting. Karena sistem pengapian CDI – DC mengandalkan arus dari Accu motor. Dan sistem pengapian yang terdapat pada megapro ini menganut sistem pengapian CDI – DC.

Baca Juga :  Prinsip Pembangkit Tegangan Tinggi Dan Jenis Pengapian

Nah meskipun jika tidak menggunakan Accu mesin motor tetap dapat menyala. Tetapi jika kondisi tersebut dibiarkan terus-menerus maka dapat cepat merusak sistem kelistrikan yang terdapat pada motor.

Sistem kelistrikan pada motor megapro yang akan cepat rusak apabila tanpa aki ialah unit CDI, hal tersebut dikarenakan sistem pengapiannya CDI – DC yang mana input arusnya dihasilkan dari Accu.

Perbedaan Kabel Kiprok Motor Megapro Ini Dengan Kiprok Motor Lain

Adapun perbedaan kabel kiprok motor megapro ini dengan kiprok motor lain diantaranya yaitu:

  • Terdapat 5 kabel kiprok.
  • Arus dari spul menuju kiprok hanya untuk pengisian (full ware).
  • Mungkin warna kabelnya berbeda dengan warna kabel kiprok motor honda yang lain.

Warna Jalur Kabel Kiprok Honda Megapro

Adapun warna jalur kabel kiprok Honda megapro diantaranya yaitu:

Warna Kabel Kuning

Warna kabel kuning berfungsi untuk pengisian dari spul (stator coil).

Warna Kabel Kuning

Warna kabel kuning yang ke-2 ini sama dengan warna kabel kuning ke-1 yaitu digunakan sebagai pengisian dari spul.

Warna Kabel Merah

Warna kabel merah ke Accu 12 Volt dan ke kunci kontak.

Warna Kabel Hitam

Warna kabel hitam ke beban / lampu, klakson starter dll.

Warna Kabel Hijau

Warna kabel hijau digunakan untuk massa ( – ) / body motor.

Demikianlah pembahasan mengenai Jalur Kiprok Megapro semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂