Jalur Kiprok Karisma : Ciri Dan Cara Merawatnya

Posted on

Jalur Kiprok Karisma – Dalam hal ini memahami semua komponen-komponen pada kendaraan yang dimiliki merupakan hal wajib bagi semua orang, karena dengan mengetahui itu semua dapat meminimalisir terjadi kerusakan pada motor kesayangan.

Jikapun ada suatu kerusakan bisa diatasi sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel langganan, dan itulah kenapa sangat disarankan agar sedikit mengetahui mengenai dunia otomotif.

Adapun salah satu komponen harus diketahui ialah kiprok salah satu bagian paling penting pada sistem kelistrikan pada sebuah motor dimana komponen tersebut berfungsi sebagai pengatur aliran listrik agar stabil.

Mengenai part ini setiap pemilik kendaraan Honda Karisma memang wajib dan harus mengetahui jalur kiprok masing-masing soket sudah tersedia, untuk bisa memahami kalian bisa dilihat dari warna kabel.

Nah komponen tersebut memang tidak lepas dari CDI sebagaimana saling berhubungan dalam hal ini kelistrikan, jadi jika salah satu terdapat kerusakan maka part yang saling berhubungan juga akan terkena dampaknya.

Sesuai dengan pembahasan kali ini kami akan informasikan kepada kalian semua tentang jalur kiprok karisma, meskipun hampir sebagian besar warna kabel kiprok motor hampir sama saja, namun kalian wajib untuk ketahui itu semua.

Seperti sudah dijelaskan kepada kalian semua bahwa setiap warna kabel pada kiprok Honda Karisma memang memiliki fungsinya masing-masing jadi sangat disarankan sekali supaya ketahui satu persatu, ketika sudah mengetahuinya maka lebih tenang jika terjadi suatu hal yang tidak di inginkan.

Nah untuk kalian yang penasaran dengan semuanya maka sangat disarankan agar simak ulasan ini sampai selesai agar paham dan jelas nantinya. Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan mengenai jalur atau soket kabel sebuah kiprok secara jelas dan detail kepada kalian semua.

Baiklah untuk mempersingkat waktu kita semua silahkan simak langsung ulasan mengenai jalur kiprok karisma yang sudah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

Apa Itu Kiprok Motor

Sama seperti halnya dengan pembahasan terdahulu, sebelum lanjut ke pokok utama terlebih dahulu sampaikan kepada kalian semua mengenai apa itu kiprok motor disertai dengan fungsi utamanya untuk apa, karena masih banyak diluar sana yang belum mengetahui salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan.

Jadi kiprok ialah salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan roda dua atau motor dimana memiliki bahasa teknis yakni Rectifier merupakan salah satu bagian kelistrikan yang memiliki peran penting. Dimana bertugas dalam menahan serta stabilkan arus listrik dari spul lalu dilanjutkan ke aki untuk itu peran komponen kelistrikan tersebut sangatlah penting sekali.

Sebab jika terjadi masalah pada kiprok, kemungkinan besar yang terjadi sistem kelistrikan tidak bisa bekerja dengan sempurna dan bahkan bisa berakibat fatal jika dibiarkan berlarut-larut, hal tersebut memang sudah disampaikan oleh beberapa mekanik yang sudah berpengalaman dengan hal kelistrikan pada motor.

Jalur Kiprok Karisma

Sebagaimana memiliki peran sangat penting maka setiap pemilik motor Honda Karisma memang wajib untuk mengetahui secara detail akan komponen kelistrikan tersebut, jika masih belum banyak tahu maka wajib pelajari sampai paham. Jika penasaran dengan semuanya, silahkan simak langsung ulasan kami persiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

Kabel Warna Merah

Jadi untuk yang pertama adalah kabel berwarna merah merupakan jalur kabel positif dari aki dan biasanya melewati fuse atau sekring 10 amper lalu diarahkan ke kiprok. Sedangkan mengenai fungsinya sendiri ialah mengalirkan arus listrik pengisian dari spull lalu diubah tegangannya dan dilanjut ke aki oleh kiprok.

Kabel Warna Hijau

Lalu untuk kabel jalur kiprok warna hijau pada umumnya dari motor Honda ialah masa atau ground (Negative) dengan kata lain kabel warna hijau tidak mengalirkan arus listrik. Apabila dicek dan kedapatan mengalirkan arus listrik, berarti terjadi konsleting dan wajib untuk di cek dan di normalkan kembali.

Kabel Warna Kuning

Sedangkan jalur kabel yang berasal dari spull memiliki warna kuning sebagai penerangan lampu utama yang sebelumnya melewati kiprok terlebih dahulu dan langsung ke saklar lampu. Ketika lampu menyala, untuk tegangan yang masuk ke lampu tersebut biasanya sebesar 12 V hingga 14 V.

Kabel Warna Putih

Lalu yang terkahir adalah kabel berwarna putih, jalur kabel ini merupakan penyalur arus pengisian dari spull yang masuk ke kiprok, sedangkan arus pengisian yang masuk dibatasi sekitar 14,5 V. Hal ini harus anda perhatikan, apabila melebihi angka 14,5 V, kemungkinan yang terjadi aki akan meledak karena melebihi kapasitas.

Cara Merawat Kiprok Motor

Sebetulnya untuk merawat kiprok karisma memang sangat mudah, karena tidak jauh berbeda dengan cara merawat CDI Motor cukup pastikan cek secara rutin sebetulnya sudah cukup. Akan tetapi lebih disarankan lakukan beberapa hal lain diantaranya adalah sebagai berikut.

Jadi dalam merawat kiprok, pertama harus dilakukan ialah mengecek kondisi kiprok apakah masih dalam kondisi prima atau tidak. Dengan melakukan pengecekan, maka kemungkinan besar bisa memperkirakan kapan harus ganti dan lain sebagainya.

Kemudian cek baterai, seperti diketahui bahwa komponen tersebut memiliki masa waktu wajib diganti dengan yang baru. Apabila hal tersebut diabaikan saja, maka akibatnya kiprok akan rusak karena suplai kelistrikan yang masuk tidak sempurna.

Terakhir, tinggal cek sistem kelistrikan apakah dalam kondisi normal atau tidak. Jika terjadi kerusakan salah satunya, maka beberapa part lain akan mendapatkan dampak buruknya.

Ciri Ciri Kiprok Rusak

Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, setiap biker juga wajib mengetahui ciri ciri komponen kiprok karisma mulai rusak. Dengan begitu kita bisa antisipasi apakah harus dibetulkan atau ganti dengan yang baru, apabila ingin mengetahui itu semua silahkan simak langsung diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pada umumnya ketika kiprok sudah rusak bisa dilihat dari kondisi lampu, jika lampu sering mati kemungkinan besar penyebabnya adalah kiprok sudah mulai rusak.
  • Kondisi mesin motor tidak normal seperti sering brebet, meskipun pada bagian karburator di cek normal. Maka kemungkinan besar itu dikarenakan kiprok rusak.
  • Motor sangat susah untuk dinyalakan, sebetulnya kejadian ini juga bisa terjadi karena CDI mati, busi mati dan lain sebagainya.

Akhir Kata:

Jika melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa setiap komponen kelistrikan memang memiliki peran penting satu sama lain, sehingga sangat wajar apabila salah satu mengalami kerusakan maka beberapa bagian lain akan mengalami hal sama jika dibiarkan saja.

Demikianlah pembahasan mengenai Jalur Kiprok Karisma semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂