Jalur Kiprok Grand

Posted on

Jalur Kiprok Grand – Nah dalam hal ini ada cukup banyak komponen didalam motor yang wajib kalian ketahui, karena setiap komponen yang ada masing-masing memiliki fungsi dan cara kerjanya.

Seperti halnya dengan komponen bernama kiprok, mungkin dari sekian banyak pengguna motor tidak asing dengan komponen satu ini. Menjadi salah satu komponen kelistrikan di sebuah motor, fungsi kiprok memang sangat penting untuk mengatur arus listrik dari aki.

Dari sekian banyak jenis motor seperti pabrikan motor Honda, ada beberapa jenis kendaraan yang memiliki tipe kiprok yang sama. Misalnya kiprok Honda Grand memiliki tipe sama seperti Honda Supra lama, Honda Legenda dan lainnya.

Merupakan kendaraan yang diproduksi ditahun 90-an, Honda Grand dan sejenisnya. Pastinya ada beberapa part yang sudah tidak di produksi lagi, sekalipun ada yang original pasti harganya pun cukup mahal.

Namun yang sering terjadi kerusakan pada komponen kiprok ialah pada bagian kabel yang putus atau sudah rapuh yang mana, harus diganti dengan kabel yang baru. Dalam hal ini tidak semua orang bisa melakukannya, karena setiap warna pada kebl kiprok memiliki fungsinya masing-masing.

Mulai jalur ke spul maupun juga jalur ke aki motor. Oleh karena itu dalam pemasangan jalur kabel kiprok Grand harus benar agar tidak terjadi konsleting yang menyebabkan kiprok mati.

Di dalam sebuah kiprok motor terdapat komponen didalamnya seperti Dioda, Resitor, IC, Transitor beserta komponen elektronik lainnya. Menjadi penghubung dengan spul serta penyearah arus listrik, jika terdapat kerusakan pada komponen ini motor akan mogok.

Jika hal ini terjadi pada motor kalian maka cek terlebih dahulu jalur kabel kiproknya. Jika kalian penasaran mengenai hal ini dapat simak pembahasan berikut dibawah ini.

Pengertian Kiprok Motor

Diatas sudah sedikit disampaikan apa itu kiprok motor, namun jika belum pahan secara jelas maka akan dijelaskan kembali. Kiprok motor merupakan salah satu komponen kelistrikan yang terdapat pada sebuah motor, kiprok memiliki beberapa komponen dan masing-masing memiliki fungsi berbeda.

Salah satu komponen dari kiprok ialah Dioda, kompoenn dioda ialah sebuah kompojen elektronika terdiri dari dua kutub yang memiliki fungsi menyearahkan arus kelistrikan.

Komponen tersebut terdiri dan dua semikonduktor yang digabungkan dan masing-masing diberi doping (bahan tambahan) yang berbeda serta tambahan material konduktor untuk alirkan arus listrik.

Fungsi Kiprok Motor

Lalu apa si fungsi dari kiprok motor? Mungkin pertanyaan seperti ini sering di ucapkan oleh kebanyakan orang. Sebelumnya juga sudah kami sampaikan kepada kalian semua. Jika fungsi kiprok ialah sebagai pembatas tegangan pengisian dari komponen spul, sehingga arus listrik yang akan keluar tetap stabil dan pada umumnya bertegangan 12 V.

Selain itu juga kiprok motor memiliki fungsi sebagai penyearah arus listrik, sehingga arus listrik yang berasal dari spul merupakan arus bolak balik (AC). Sedangkan untuk arus yang dibutuhkan pada sebuah motor ialah DC (Direct Current), nah inilah kiprok mulai bekerja yang mana menyearahkan arus listrik dari spul.

Jalur Kabel Kiprok Honda Granda

Berlanjut ke pembahasan paling utama ialah jalur kabel kiprok Granda, mengingat sudah jarang sparepart ini. Banyak para mekanik yang mencoba mengakali dengan mengganti kabel lama dengan yang baru. Nah kali ini kami akan jelaskan jalur kabel kiprok Hond Grand maupun Supra lama sesuai dengan warna kabelnya.

Baca Juga :  Cara Paling Mudah Membaca Soket CDI Motor Semua Type

 

Kabel Warna Merah

Kabel berwarna merah merupakan jalur kabel positif dari aki dan biasanya melewati fuse atau sekring 10 amper dan selanjutnya masuk ke kiprok. Sedangkan untuk fungsinya sendiri mengalirkan arus listrik pengisian dari spull dan kemudian diubah tegangannya dan dilanjutkan ke aki oleh kiprok.

Kabel Warna Hijau

Sedangkan untuk kabel jalur warna hijau pada umumnya dari motor Honda ialah masa atau ground (Negative) dengan kata lain kabel warna hijau tidak mengalirkan arus listrik. Apabila dicek dan kedapatan mengalirkan arus listrik, berarti terjadi konsleting.

Kabel Warna Kuning

Pada umumnya jalur kabel yang berasal dari spull memiliki warna kuning untuk penerangan lampu utama yang sebelumnya melewati kiprok dan langsung ke saklar lampu. Ketika lampu menyala, untuk tegangan yang masuk ke lampu biasanya 12 V hingga 14 V.

Kabel Warna Putih

Terakir kabel berwarna putih, jalur kabel ini merupakan penyalur arus pengisian dari spull yang masuk ke kiprok, sedangkan arus pengisian yang masuk dibatasi sekitar 14,5 V. Hal ini harus kalian perhatikan, apabila melebihi angka 14,5 V, kemungkinan yang terjadi aki akan meledak karena melebihi kapasitas.

NB: Mengenai jalur kabel kiprok Grand dan motor dari Honda lainnya, dalam penggunaan warna jalur kabel biasanya setiap produsen motor akan berbeda meski tak jarang menggunakan warna yang sama.

Demikianlah pembahasan mengenai Jalur Kiprok Grand semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂