Jalur CDI Megapro : Warna Dan Fungsinya

Posted on

Jalur CDI Megapro – Nah apabila berbicara mengenai komponen pada sebuah motor memang tidak akan ada habisnya dikarenakan terdapat cukup banyak sekali dan bahkan pada sistem pengapian terdapat beberapa harus diketahui dan salah satunya ialah CDI.

Komponen ini memiliki peran sangat penting terhadap kinerja mesin motor dan jika sampai terjadi kerusakan maka kemungkinan besar kendaraan bakalan tidak bisa menyala atau dibawa jalan akan sering mogok.

Dan hampir setiap jenis kendaraan memiliki CDI yang berbeda pula seperti halnya dengan CDI motor Honda Megapro dengan Honda Matic, dilihat dari jenis motornya juga berbeda maka CDI yang digunakan juga berbeda terutama pada bagian soket atau jalur CDI Megapro dengan kendaraan matic.

Maka oleh karena itu kami sangat menyarankan sekali kepada kalian semua untuk mengetahui jalur-jalur yang mana bisa dibedakan dari warna kabel yang tersedia.

Fungsi Dasar Rangkaian CDI

Tegangan yang diberikan battery diperkuat oleh rangkaian penguat (booster circuit) dan mengisi kapasitor. Sinyal dari pick up coil menyebabkan arus dari CPU ke gate thyristor untuk mengaktifkan thyristor. Saat itu listrik yang disimpan kapasitor mengalir ke ignition coil dan tegangan tinggi terjadi pada busi.

Nah jika pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan kepada kalian semua mengenai Fungsi Dasar Rangkaian CDI maka pada pertemuan kali ini kami akan lebih spesifik membahas tentang CDI Megapro untuk semua varian sudah tersedia baik Megapro Primus atau varian lainnya.

Nah bagi kalian user dari Honda Megapro maka pembahasan kali ini sangat cocok sekali, karena kami akan menjelaskan kepada kalian semua detail jalur CDI untuk motor Honda Megapro dilengkapi dengan fungsinya untuk apa.

Karena terdapat cukup banyak jalurnya pada CDI Megapro membuat beberapa pengguna bingung dalam mengartikan warna hijau untuk apa, warna biru untuk apa dan warna hitam kemana jadi tak heran ketika permasalahan di karenakan jalur CDI ada yang putus memang bikin kepala pusing.

Sebetulnya untuk menghindari itu memang sangat mudah asalkan kalian mengetahui jalur kabel CDI kemana saja, apakah warna hijau ke kontak atau spul jadi perlu diperhatikan sekali.

Lantas bagaimana cara kita mengetahui jalur CDI motor Honda Megapro? Perihal itu semua pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan kepada kalian semua secara jelas dan detail, jadi sangat disarankan sekali agar simak dari awal sehingga lebih paham dan mudah dimengerti nantinya. Jika penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan dari kami mengenai jalur CDI Megapro yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Apa Itu CDI Motor

CDI merupakan pengapian yang tidak menggunakan platina tetapi pengapian ini menggunakan sistem pengapian magnet roda daya.

Output yang keluar dari condenser coil sementara waktu disimpan dalam kapasitor sampai sebuah sinyal diterima dari ignition timing control unit (unit pengatur waktu pengapian).

Ketika itu thyristor (SCR) aktif dan muatan listrik yang tersimpan pada kapasitor segera dilepas ke kumparan primer ignition coil sehingga terjadi tegangan tinggi pada kumparan sekunder peristiwa ini disebut sistem pelepasan muatan kapasitif.

Jadi komponen CDI kendaraan roda dua merupakan rangkaian pengapian pada sebuah motor yang mana memiliki fungsi memanfaatkan arus listrik tegangan tinggi untuk melakukan induksi didalam ignition coil.

Didalam sistem pengapian CDI pada kendaraan terdapat dua macam yakni CDI AC dan CDI DC, dimana keduanya memang memiliki cara kerja dan fungsi sama saja sebetulnya.

Dimana pada sistem CDI AC menggunakan tegangan utama dari altenator atau spul, lalu menghasilkan arus bolak-balik atau juga disebut AC, dimana terdapat komponan lain yakni dioda yang mana akan mengubah arus menjadi satu arah atau DC.

Sedangkan untuk sistem pengapian CDI DC lebih simpel, karena tidak perlu gunakan part rectifier sebab untuk arus listrik yang digunakan bersumber dari output kiprok yang mana arus sudah satu arah atau DC. Jadi seperti itulah sekilas pengertian dari sebuah CDI kendaraan roda dua bisa informasikan kepada kalian semua.

Jalur CDI Megapro

Lalu berlanjut ke pambahasan yang inti sesuai dengan judul diatas yakni jalur CDI Megapro, diketahui pada CDI tersebut terdapat 6 soket akan tetapi tidak semua terisi untuk itu wajib untuk diketahui.

Jika penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan yang sudah kami persiapkan seperti dibawah ini.

  • Warna Hitam Kuning
    Jadi untuk jalur atau soket nomor 3 dengan kabel warna putih hitam merupakan jalur yang menghubungkan antara komponen CDI dengan sumber arus baterai yang mana berfungsi sebagai penyuplai utama arus pengapian pada kendaraan.
  • Warna Hijau
    Sedangkan soket nomor 1 dengan kabel warna hijau merupakan jalur CDI masa atau ground, adapun dari CDI menuju pada body motor Megapro sama seperti kendaraan Honda pada umumnya.
  • Warna Biru Kuning
    Sedangkan nomor 2 dengan kabel warna biru kuning adalah jalur dari CDI lalu akan terhubung ke pulser dimana terletak didalam mesin kendaraan atau lebih tepatnya di area bak magnet mesin motor Honda Megapro.
  • Warna Hitam Kuning
    Lalu warna hitam kuning atau soket nomor 5 merupakan jalur kebel out put CDI dimana akan menuju ke coil, dimana aliran tersebut memang sudah di program oleh CDI agar bisa menyala pada saat pengapian.

Lantas Bagaimana Jika CDI Mati

Nah perihal pertanyaan seperti bagaimana jika CDI kendaraan mati atau Ciri Ciri CDI Rusak ? maka secara otomatis motor tidak bisa dihidupkan karena tidak ada sumber pengapian pada saat mesin kendaraan mau dihidupkan. Sebetulnya kejadian seperti ini akan dirasakan ketika CDI sudah mulai bermasalah, dimana dapat kalian rasakan.

Adapun mengetahui Ciri CDI Lemah atau ciri cirinya kelistrikan tidak stabil, kendaraan sering mati mendadak pada saat dijalankan motor sulit dihidupkan dan masih banyak lagi lainnya.

Apabila sering mengalami kejadian tersebut kami sarankan agar segera mengecek kodisi CDI kendaraan siapa tahu sedang bermasalah.

Cara Mengatasi CDI Mati

Lantas bagaimana cara mengatasi CDI Mati ? Ketika komponen tersebut sudah rusak atau mati kalian dapat melakukan ini Cara Mudah Memperbaiki Cdi Pada Sepeda Motor dan apabila emang sudah tidak bisa lagi sangat disarankan sekali agar ganti dengan yang baru.

Tapi kami lebih menyarankan diperbaiki dulu kalu emang sudah tidak bisa maka ganti yang baru atau second asalkan masih dalam kondisi bagus ( diutamakan yang original ) ketika diganti dengan yang baru bisa dipastikan kendaraan tidak akan bermasalah lagi.

Tipe Merawat CDI

Sebagai informasi tambahan buat kalian semua, sebelum mengakhiri pembahasan kali ini terlebih dahulu sampaikan akan tips mudah merawat CDI motor Megapro atau jenis kendaraan pada umumnya. Baiklah tanpa perlu menunggu berlama-lama sebaiknya simak langsung diantaranya.

Tips dalam merawat CDI Motor Megapro memang sangat mudah, silahkan kalian mengecek secara rutin. Dengan melakukan pastikan kabel jalur menggunakan kualitas terbaik jika sebelumnya kalian sudah pernah melakukan pergantian, disini kami lebih menyarankan agar menggunakan kabel sesuai ketentuan berlaku.

Cek juga jalur penghubung CDI seperti Spul apakah dalam kondisi bagus atau tidak, jika bermasalah lalu jangan dibiarkan saja, kalian bisa dengan melakukan Cara Mengecek Spul Motor Yang Rusak. CDI juga akan ikut bermasalah dan sebaliknya juga. Untuk itu kenapa kami selalu sampaikan agar melakukan cek secara rutin, bertujuan agar bisa mencegah terjadinya kerusakan.

Akhir Kata:

Sekiranya itulah pembahasan tentang Jalur CDI Megapro bisa disampaikan, disini kita bisa menarik kesimpulan bahwa setiap jalur memiliki fungsinya masing-masing. Dengan mengetahui warna kabel maka lebih memudahkan ketika melakukan pergantian kabel karena dimakan waktu atau terdapat kabel yang putus. Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂