Penyebab Engine Knocking

Posted on

Penyebab Engine Knocking – Bagi sebagian orang pastinya sudah pernah mengenal atau mendengar dengan istilah engine knocking atau mesin ngelitik, knocking dikenal juga dengan istilah Detonation atau Detonasi.

Knocking adalah permasalahan yang terjadi akibat kesalahan penggunaan bahan bakar dan erat kaitannya pada munculnya deposit atau endapan karbon. Setiap pembakaran yang berlangsung akan menciptakan sisa atau deposit.

Ciri – Ciri Engine Knocking

Knocking bisa dikatakan gejala umum yang bisa dialami oleh semua kendaraan baik motor atau mobil dengan segala usia dan jenis. Ciri-ciri terjadi engine knocking adalah munculnya suara ngelitik pada mesin yang cukup keras disertai munculnya getaran mesin dengan irama yang sama dengan suara tersebut.

Suara dan getaran knocking ini muncul akibat bahan bakar dalam ruang bakar sudah terbakar dan meledak terlebih dahulu sebelum waktu penyalaan yang semestinya. Atau bisa disebut juga ‘penyalaan mula’ atau ‘penyalaan sendiri’ (Pre-ignition atau auto-ignition).

Penyalaan atau terbakarnya bahan bakar lebih maju ini membuat siklus pembakaran menjadi tidak tepat. Seharusnya penyalaan bahan bakar terjadi hanya satu kali dalam tiap siklus dan terjadi pada waktu yang tepat.

Penyalaan awal ini membuat bahan bakar tidak terbakar dan meledak hanya satu kali, melainkan beberapa kali dalam satu siklus. Hal ini menimbulkan suatu gelombang tekanan dan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar secara drastis. Menimbulkan suatu getaran dan suara yang sangat khas.

Penyebab Engine Knocking

Gejala knocking ini bisa dikatakan gejala umum yang dapat dialami oleh semua kendaran baik sepeda motor maupun mobil dengan segala usia dan jenisnya. Setiap gejala pastinya memiliki ciri atau tanda yang terjadi pada engine knocking ialah meunculnya suara ngelitik pada mesin yang cukup keras disertai munculnya getaran mesin dengan irama yang sama dengan suara tersebut.

Pada suara dan getaran knocking ini muncul akibat bahan bakar dalam ruang bakar sudah terbakar dan meledak dahulu sebelum waktu penyalaan yang seharusnya, atau bisa disebut juga dengan penyalaan mula atau penyalaan sendiri.

Penyalaan atau terbakarnya bahan bakar lebih maju ini membuat siklus pembakaran menjadi tidak tepat, seharusnya penyalaan bahan bakar terjadi hanya satu kali dalam tiap siklus dan terjadi pada waktu yang tepat.

Pada penyalaan awal ini membuat bahan bakar tidak terbakar dan meledak hanya satu kali, melainkan beberapa kali dalam satu siklus, hal ini yang ujungnya menimbulkan suatu gelombang tekanan dan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar secara drastis. Dan menimbulkan suatu getaran dan suara yang sangat khas.

Penyebab knocking selalu berhubungan dengan bahan bakar yang terbakar itu sendiri, knocking bisa dapar disebabkan karena oktan bahan bakar yang terlalu rendah ataupun karena adanya tekanan dan temperature ruang bakar terlalu tinggi. Jadi memang harus memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan itu sendiri dan memilih bahan bakar sesuai dengan rasio kompresi mesin.

Jadi untuk perlu diketahui bahwa engine knocking ( mesin ngelitik ) itu belum tentu sebagai gejala dari kerusakan pada mesin, misalnya bila saringan udara karburator telah kotor juga dapat menyebabkan knocking pada mesin motor tersebut.

Demikianlah postingan yang singkat ini tentang Penyebab Engine Knocking ini semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂