Penyebab Busi Cepat Mati

Posted on

Penyebab Busi Cepat Mati – Setiap pengguna kendaraan baik di mobil maupun sepeda motor pastinya udah pernah tau atau pernah melihat komponen tersebut yang sangat penting sekali pada kendaraan komponen tersebut yakni Busi.

Fungsi Busi

Fungsi busi pada kendaraan yaitu membakar campuran bensin dengan udara yang telah dikompres oleh gerakan piston. Berdasarkan cara kerja busi, bisa dikatakan komponen ini vital dalam proses pembakaran mesin bensin ataupun diesel.

Artinya tanpa busi proses pembakaran di ruang bakar mesin tidak akan pernah terjadi dan semua komponen terkait sistem gerak tidak akan berfungsi sebagaimana tugasnya masing-masing.

Fungsi lain busi yang juga mesti dipahami yakni penarik energi panas yang tidak diinginkan dari ruang bakar lalu memindahkannya ke sistem pendingin yang ada pada kendaraan.

Komponen ini mempunyai peranan Β yang sangat untuk motor karena untuk memercikan bunga api untuk pembakaran terjadi diruang bakar. Komponen ini walaupun kecil tapi bisa menjadi masalah besar bagi para pengguna kendaraan baik di motor maupun di mobil.

Buat pengguna motor ataupun mobil pasti diantara kalian ada yang pernah mengalami yang namanya mati busi dan bertepatan di daerah yang jauh dari bengkel hal ini pastinya sangat membuat jengkel sekali bagi pengendaranya.

Oleh karena itu kamu harus mengetahui mengapa busi bisa cepat mati walaupun baru diganti dengan yang baru agar kalian dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti mati busi dijalan berikut ini.

Baca Juga :  √ Jadi Ini,, Cara Mengatasi Vespa Yang Brebet,,, Yuk Simak

Penyebab Busi Cepat Mati Terus Walaupun Baru Diganti

Adapun Penyebab Busi Cepat Mati Terus Walaupun Baru Diganti diantaranya yaitu:

Ruang Mesin Yang Terlalu Basah Dengan Oli

Untuk penyebab yang pertama adalah karena ruang mesin yang terlalu basah karena oli dan hal ini biasanya disebabkan oleh keausan ring seher dengan dinding blok silinder yang baret atau jarang clearance yang sudah terlalu jauh sehingga oli dapat masuk ke ruang bakar mesin motor tersebut.

Dengan adanya hal ini juga mempunyai dampak buruk yang lebih besar yaitu keluarnya asap dari knalpot yang secara berlebihan.

Dan yang membuat asap itu timbul ialah karena kotoran yang dihasilkan dari kelembaban dari dalam ruang mesin untuk solusinya dengan membongkar atau servis besar untuk membersihkan mesin tersebut.

Konsleting Pada Jalur Sistem Pengapian

Kemudian untuk penyebab yang kedua ialah karena terjadinya konsleting pada jalur sistem pengapiannya dan hal inilah yang dapat membuat motor tersebut menjadi ngadat.

Dan terjadi pada gangguan koil yang berfungsi sebagai alat pengapian cdi atau spulpun menjadi cepat mati.

Untuk mengatasinya bisa mengecek jalur pengapian apabila terjadi kabel yang bermasalah dan menyebabkan konsleting.

Maka segera untuk diperbaiki agar tidak terjadi hal yang vatal pada sistem pengapian yang ujungnya ngerembet ke bagian yang lainnya.

Hisapan Bensin Yang Terlalu Berlebihan

Dan selanjutnya penyebab yang terakhir ialah terjadinya hisapan bensin yang terlalu berlebihan.

Dan hal ini disebabkan karena terjadinya banjir pada karburator besin masuk berlebihan pada mesin sehingga menjadikannya lembab atau basah dan menjadikan cepat kotor.

Jadi Ini, Penyebab Busi Cepat Mati Terus Walaupun Baru Diganti

Kotoran yang terdapat dalam busi tersebut ini bisa menyebabkan busi cepat mati untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan servis pada karburator motor tersebut secara berkala.

Baca Juga :  √ 7 Penyebab Busi Motor Selalu Basah + Solusinya

Itulah beberapa masalah yang dapat mengakibatkan busi motor cepat mati.

Demikinlah pembahasan mengenai Penyebab Busi Cepat Mati semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚