Yamaha Nmax Lawas Bisa Pakai Suspensi Tabung

Posted on

Yamaha Nmax Lawas Bisa Pakai Suspensi Tabung – Sistem Suspensi ialah rangkaian komponen yang memiliki tugas utama menyerap getaran dari roda agar tidak mencapai body sepeda motor. Prinsip kerja suspensi adalah dengan menggunakan material elastis yang memiliki toleransi terhadap tekanan secara tiba-tiba.

Dengan kata lain, material yang dipakai pada suspensi ini saat salah satu ujung tertekan secara tiba-tiba maka ujung lainnya harus tidak terpengaruh atau pengaruhnya lebih kecil. Selain itu material yang digunakan juga haruslah kuat dan tahan terhadap deformasi akibat gaya tekan yang dikenakan secara terus menerus. Oleh karena itu, digunakan bahan baja elastis yang dibuat khusus dengan campuran beberapa logam lain.

Yamaha NMAX Lawas Bisa Pakai Suspensi Tabung

Suspensi belakang Yamaha Nmax 2018, dapat disematkan pada edisi lama Nmax dengan melakukan beberapa ubahan. Seperti diketahui Yamaha Nmax 2018 untuk pasar Indonesia dikembangkan dengan fokus pada perbaikan kinerja suspensi. Komponen peredam kejut skuter matik bertubuh gambot tersebut, mendapat sentuhan baru demi memberikan kenyamanan lebih ketika berkendara.

Yamaha Nmax 2018 hadir dengan menggunakan suspensi belakang model tabung atau subs-tank. Ubahan ini juga memberikan kesan elegan pada kendaraan, selain kemampuan meredam guncangan lebih baik dari edisi sebelumnya.

Meskipun menggunakan suspensi model baru, Nmax model lawas tetap bisa mengaplikasikan perangkat peredam kejut tersebut. Namun dengan catatan, konsumen harus melakukan beberapa ubahan pada bodi kendaraan.

Upgrade NMAX Lawas Pakai Suspensi Tabung

Menurut M Abidin selaku GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing “YIMM” menjelaskan bahwa konsumen perlu melakukan beberapa penyesuaian dalam mengupgrade motornya.

Memang subtitusi suspensi bisa dilakukan asal mengubah beberapa parts, karena tabung suspensi posisinya di dalam fender belakang dan bagasi juga terdapat sedikit perbedaan. Artinya perlu beberapa penyesuaian jika memang mau subtitusi, menurut Abidin.

Rear Subs-Tank pada Nmax 2018 memiliki dimensi yang lebih besar dari sebelumnya. Maka dari itu dibutuhkan penyesuaian, jika ingin melakukan subtitusi suspensi belakang. Adapun menurut Slamet Kasianom selaku Senior Technical YIMM menjelaskan teknis perbedaan kedua motor tersebut.

Terdapat benjolan pada bagian bagasi yang sebenarnya untuk memberikan ruang saat ingin melepas roda belakang. Sedangkan fender Nmax lama memang mentok pada tabungnya. Agar tidak ribet mending ganti fender belakang sama bagasi menurut Slamet.

Demikianlah pembahasan mengenai Yamaha Nmax Lawas Bisa Pakai Suspensi Tabung semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂