Penyebab Knalpot Motor Anda Bolong

Posted on

Penyebab Knalpot Motor Anda Bolong – Untuk hal ini pada sebuah kendaraan baik motor maupun mobil komponen seperti knalpot sangatlah penting karena merupakan salah satu fungsinya untuk meredam suara yang dihasilkan dari pembakaran di ruang bakar mesin, untuk itu selalu berikan perhatian betul bagi pemilik khususnya disepeda motor.

Fungsi Knalpot

Knalpot sendiri adalah salah satu bagian dari kendaraan atau alat yang dipasang dengan tujuan sebagai saluran akses pembuangan. Setiap mesin pembakaran yang terdapat dalam kendaraan mengeluarkan sisa hasil pembakaran yang perlu dikeluarkan.

Sisa hasil pembakaran tersebut akan dibuang melalui knalpot yang berbentuk pipa. Oleh karena itulah knalpot selalu diletakkan di bagian belakang kendaraan dan menghadap ke belakang. Karena ada banyak sisa pembakaran.

Sistem kerja knalpot sendiri sudah ada sejak lama dan menduplikasi dari mesin-mesin industri yang memanfaatkan cerobong untuk mengeluarkan asap. Kini ada banyak fungsi knalpot pada motor yang tak dapat disepelekan.

Bagian-Bagian dari Knalpot Kendaraan

Selain mempelajari fungsi knalpot, Anda juga perlu tahu apa saja bagian yang ada di dalamnya. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda nantinya dalam proses perawatan. Berikut ini beberapa bagian yang dimiliki knalpot.

Header

Bagian ini langsung tersambung dengan mesin kendaraan. Jumlah dari header sendiri tergantung pada jumlah silinder yang dimiliki oleh kendaraan. Fungsi dari header adalah untuk menghubungkan sistem knalpot secara keseluruhan.

Khususnya dalam sistem gas buang yang merupakan sisa dari hasil pembakaran mesin di ruang bakar.

Resonator

Bagian yang kedua ini merupakan saringan yang fungsi utamanya adalah untuk menyaring suara bising ketika terjadi pembakaran. Semua ledakan akan disaring melalui resonator.

Apabila bagian ini dihilangkan maka Anda akan mendengarkan suara yang sangat mengganggu, meskipun knalpot masih terpasang.

Silincer

Bagian terakhir adalah silincer yang fungsinya juga mirip dengan resonator hanya saja letaknya berbeda yaitu di ujung untuk motor. Sedangkan kendaraan roda empat memiliki letak silincer yang terpisah dengan resonator.

Chamber

Di atas sudah disebutkan soal chamber yang jadi bagian dari knalpot dan bisa menjadikan tenaga kendaraan meningkat. Chamber hanya terdapat pada motor 2 tak saja.

Penyebab Knalpot Motor Anda Bolong

Masalah yang sering muncul pada knalpot motor terutama bagi knalpot-knalpot yang sudah lama / tua yaitu bolong atau berlubang, biasanya bolong atau berlubang ini terletak pada sambungan antara leher knalpot dan mesin, pastinya ada penyebabnya !!!

Knalpot yang bolong biasanya diawali oleh karat, biasanya sudah terlalu berkarat sehingga lapisan semakin tipis, apalagi selalu terus-menerus kena panas akhirnya dapat menyebabkan knalpot bolong.

Sementara itu, karat pada motor sendiri ini disebabkan karena ada beberapa faktor, yang salah satunya yaitu air yang mengendap dalam sistem pembuangan.

Seandainya kalau knalpot bocor, maka ada beberapa hal yang dapat terjadi pada motor tersebut, yang paling jelas yaitu suara yang aneh keluar suaranya beda tidaj seperti biasanya ini berasal dari knalpot yang bolong tersebut.

Cara untuk mengatasi masalah tersebut, bagi pemilik motor tidak mesti selalu mengganti knalpot, diperbaiki dengan cukup dilas saja, harga yang dikeluarin untuk jasanya tergantung kerusakan pada knalpot tersebut.

Ada cara lain untuk mengatasi knalpot bolong atau berlubang yaitu dengan cara menambahnya dengan bahan yang khusus misalnya dapat menggunakan sealtape ( alumunium muffler tape ) yang berupa alumunium tipis yang tahan panas yang biasa digunakan untuk menambal panic bolong.

Cara Merawat Knalpot dengan Benar

Sebagai pemilik kendaraan, bukan hanya fungsi knalpot yang harus Anda belajar tetapi juga bagaimana cara merawatnya. Ada beberapa perawatan yang bisa dengan mudah Anda lakukan sebagai berikut ini.

Memanaskan motor dengan rutin

Jika Anda sering menggunakan kendaraan maka knalpot akan bersih dengan sendirinya. Sedangkan bagi Anda yang jarang menggunakannya, harus rutin memanaskan motor. Alasannya karena kotoran yang menempel bisa menjadi sumber karat di bagian dalam dan luar.

Selain itu juga akan muncul bercak kuning akibat kotoran tersebut. Jadi akan lebih baik untuk rutin memanaskan motor agar kotoran tersebut tak terlalu lama menempel.

Membersihkan lubang pada silincer

Tak lupa juga untuk rutin membersihkan lubang pada silincer setiap dua bulan sekali. Langkah ini perlu dilakukan untuk menjaga agar leher pada knalpot tidak mudah berkarat.

Selain itu juga menjaga agar suara yang dikeluarkan oleh mesin tidak terlalu bising. Pasalnya peredam yang digunakan masih tetap berkualitas baik dan bisa bekerja dengan benar.

Bersihkan karat dan oleskan oli

Apabila saat Anda sedang membersihkan ternyata muncul karat maka segera bersihkan. Anda bisa membersihkan dengan air sabun dan sikat kemudian keringkan. Setelah bersih langsung oleskan oli pada bagian leher knalpot.

Terakhir panaskan kendaraan, tujuannya agar oli meresap ke bagian yang dioleskan dan tampilan jadi semakin bersih.

Rutin mencuci kendaraan

Selain memanaskan dan membersihkan karat perawatan rutin yang tidak boleh dilewatkan adalah soal kebersihan kendaraan. Khususnya jika kalian sering melewati area kotor saat musim hujan.

Debu dan kotoran bisa langsung bersih jika kalian rutin mencuci kendaraan. Jangan biarkan kotoran melekat dalam waktu yang lama.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Knalpot Motor Anda Bolong semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂