10 Penyebab Lampu Motor Redup Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Penyebab Lampu Motor Redup – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai penyebab dan bagaimana cara mengatasi lampu depan motor yang mengalami seperti redup,,nah untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini. Sistem kelistrikan pada sepeda motor ialah bagian terpenting karena sistem ini menyediakan arus listrik untuk keperluan pembakaran dan untuk menggerakkan pendukung sepeda motor.

Dalam sistem kelistrikan sebuah sepeda motor hal ini ialah bagian sangat terpenting karena pada sistem ini menyediakan arus listrik untuk keperluan pembakaran dan untuk menggerakkan pendukung pada sebuah sepeda motor.

10 Penyebab Lampu Motor Redup Dan Cara Mengatasinya

Dalam sistem penerangan memiliki fungsi terutama pada saat kondisi malam hari, tetapi pada waktu hujan atau udara berkabut dalam hal ini penerangan tersebut sangat dibutuhkan atau diperlukan.

Dalam sistem penerangan pada sepeda motor terdiri atas lampu kepala dan lampu belakang. Untuk lampu kepala itu sendiri terdiri atas lampu jarak dan lampu jarak pendek dan ada juga sebagian sepeda motor ada yang dilengkapi dengan lampu kota.

Sistem penerangan sangat diperlukan sekali karena untuk keselamatan pengendara, baik di malam hari maupun di siang hari ketika langit mendung, selain itu sistem penerangan juga berfungsi untuk memberi tanda atau isyarat pada kendaraan lain. Sistem penerangan pada sepeda motor ada dua fungsi yakni sebagai penerangan dan sebagai peringatan atau isyarat.

Sistem penerangan yang masuk dalam fungsi penerangan yakni lampu kepala, lampu belakang dan lampu-lampu instrumen. Sedangkan sistem penerangan yang masuk dalam fungsi peringatan yakni lampu rem, lampu sein/tanda belok, lampu netral pada persneling, lampu tanda pengisian “pada beberapa sepeda motor atau biasanya motor EFI yang lebih lengkap”.

Fungsi Sistem Penerangan Lampu Kepala

Dalam hal ini lampu kepala terletak di depan sebuah kendaraan yang memiliki fungsi sebagai penerangan jalan dan sekaligus supaya terlihat posisi kita oleh orang lain dan terutama pada kondisi malam hari.

Dan pada sistem lampu kepala terdiri dari lampu jauh dan lampu dekat yang dimana pada lampu dekat ini digunakan sebagai penerangan jalan terutama pada kondisi malam hari sedangkan lampu jauh sering digunakan sebagai tanda pengganti klakson diantaranya ketika akan mendahului kendaraan lain.

Dan untuk perbedaan panjang sinar lampu kepala “jauh dan dekat” untuk hal ini sangat terkait dengan konstruksi reflector dan titik apinya serta posisi nyala bohlamnya. Dan adapun reflector ialah cermin cekung yang memiliki bentuk parabola yang fungsinya untuk memantulkan sinar lampu pijar, agar sifat refleksi cukup baik maka permukaan reflector dilapisi dengan alumunium.

Hal ini dilakukan dengan melapisi pada bidang parabola dengan aluminium atau chrom melalui proses elektrolisa. Dan sedangkan pada titik api merupakan bila sinar datang dari titik api maka sinar akan dipantulkan sejajar sumbu utama reflector.

Baca Juga :  Speedometer Motor Anda Mati ??? Inilah Penyebabnya

Sistem penerangan lampu kepala memiliki fungsi untuk menerangi bagian depan dari sepeda motor ketika dijalankan pada malam hari atau ketika langit mendung. Bagi pengendara motor pastinya tidak nyaman atau tidak puas apabila sewaktu mengendarai motor pada malam hari pada lampu atau penerangan depan motor mengalami masalah lampu redup atau kurang terang. Sehingga untuk melihat kurang jelas jalan didepan apalagi sewaktu hujan, hal ini bisa berbahaya malah bisa berakibat fatal bagi pengendaranya.

Hal ini pernah dialami pengendara lainnya yang dimana motor bebek Vegar R yang keluaran tahun 2004, mangalami masalah lampu depannya redup. Padahal sebelumnya lampu depan Vega R motor ini cukup terang. Entah kenapa sinar lampu motor tersebut menjadi redup. Akhirnya mencoba untuk mencari tahu apa yang jadi penyebabnya dengan cara mengamati hal yang biasa dimana bila saklar lampu jauh dan dekat ditekan keatas dan kebawah.

Akhirnya menemukan bahwa bila saklar lampu jauh ditekan maka lampu panel di dashboardnya menyala dengan terang dan bila saklar lampu dekatnya ditekan, maka lampu panelnya menyala tetapi redup. Padahal kalau lampu penel dashboard tidak akan menyala kalau saklar lampu dekat dihidupkan.

Penyebab Lampu Motor Redup

Adapun penyebab lampu motor redup diantaranya yaitu:

Jenis Bohlam Lampu

Nah salah satu penyebab nyala lampu motor tidak terang alias redup mungkin bisa dipengaruhi oleh kualitas dari jenis lampu bohlam yang digunakan. Jika kendaraan kalian sudah menggunakan jenis lampu led, maka hal ini bisa dipastikan bukanlah penyebabnya.

Namun bila masih menggunakan jenis lampu bohlam, silahkan kalian pastikan bahwa jenis lampu bohlam yang kalian gunakan sudah sesuai dengan standar pabrikan yang biasa digunakan, mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt atau 55 watt 12 volt.

Mika Lampu Atau Reflektor

Dan setiap produk baik itu elektronik ataupun otomotif tentu akan mempunyai masa pakai, jadi apabila kalian apa saja penyebab lampu motor redup, mungkin salah satu jawabannya ialah reflector atau mika lampu.

Dan komponen ini menjadi penyebab utama karena semakin lama umur motor maka biasanya akan membuat warna dari mika reflector tersebut berubah menjadi buram, dan pastikan juga ketika melakukan pergantian, gunakan sparepart motor yang original.

Soket Lampu Kendor

Bisa diibaratkan dengan aiar yang melewati sebuah pipa bocor, maka air yang keluar di ujung pun tidak akan sempurna, hal tersebut pun juga sama pada rangkaian lampu motor, terutama pada bagian soket lampu, dimana ketika kondisi lampu dan soket dipasang kendor.

Dan secara otomatis tegangan arus yang di kirimkan ke bohlam lampu tidak akan sempurna. Dan mungkin hal ini jugalah yang menjadi penyebab lampu motor redup nyalanya. Jadi disaat kalian melakukan service ada baiknya bagian ini juga harus kalian perhatikan.

Pada Fitting Lampu

Dan selain soket lampu kendor penyebab lampu motor redup yang lainnya juga dapat dikarenakan oleh fitting lampu yang sudah tidak layak pakai lagi, dan biasanya hal ini ditunjukan dengan adanya dudukan lampu yang terbakar di sekitar bagian tembaganya. Dan untuk mengembalikan nyala lampu tersebut maka otomatis kalian harus mengganti fitting tersebut.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Dudukan Spion Motor Yang Patah

Saklar Lampu

Menjadi salah satu komponen yang mungkin tidak terlalu di perhatikan, ternyata soket lampu juga bisa menjadi salah satu penyebab lampu motor redup. Hal demikian tentu selain karena masa pakai yang lama, kotoran yang terdapat pada saklar lampu seperti debu atau karat pun bisa jadi pemicunya.

Dan namun penyebab demikin ini mungkin tidak akan sering kita jumpai pada jenis motor yang sekarang ini. Pasalnya kebanyakan motor keluaran terbaru saat ini sudah menerapkan teknologi AHO “Automatic Headlight On” yang otomatis membuat lampu motor tersebut menyala sepanjang hari tanpa adanya switch on/off.

Spul Penerangan

Untuk penyebab selanjutnya komponen yang mungkin dapat menjadi penyebab utama nyala lampu motor redup ialah spul penerangan. Jadi dipastikan kalian untuk melakukan pengecekan pada komponen ini dengan mengukur tahanannya.

Dimana tahanan normal berada pada 0,2 hingga 1,2 ohm pada kondisi mesin 40 derajat, namun jika saat di ukur nilai tahanan yang di hasilkan mendekati 2 ohm atau lebih, maka bisa dipastikan bahwa spul tersebut sudah mulai melemah.

Kondisi Baterai Lemah

Nah pada beberapa jenis motor yang menggunakan sistem penerangan DC, tentu saja baterai atau dalam hal ini aki merupakan hal yang paling harus sekali diperhatikan. Hal ini karena aki menjadi sumber tegangan utama penyuplai arus, dan apabila didapati lampu motor redup bisa dikarenakan aki motor soak atau ngedrop.

Dan sementara itu pada motor dengan sistem penerangan AC, mungkin kondisi aki tidak harus selalu di perhatikan karena mungkin bisa menjadi penyebab lampu motor redup. Hal ini karena sumber arus penerangan yang diberikan berasal dari spul penerangan.

Kiprok Sudah Lemah

Untuk fungsi kiprok motor ialah pengubah arus AC dari spul magnet menjadi arus DC. Maka dari itu kondisi kiprok motor juga harus dalam keadaan baik. Karena jika kiprok motor ini sudah lemah, dan biasanya akan ada banyak masalah yang terjadi pada sistem kelistrikan. Termasuk juga pada sistem penerangan motor ini, jadi pastikan kondisi kiprok selalu dalam keadaan baik.

Pada Soket Lampu Karatan

Nah lagi-lagi soket lampu yang sering menjadi penyebab lampu motor redup, selain karena longgar hal lain yang juga membuat soket lampu harus segera dig anti ialah karatan. Ini jelas bisa terjadi mengingat soket lampu sendiri terbuat dari material plat berbahan logam.

Maka dengan adanya karat pada bagian soket ini, tentu saja arus atau tegangan yang akan di salurkan ke bohlam lampu pun terhambat dan membuat nyala lampu tersebut tidak terlalu terang.

Kondisi Kabel Lampu Meleleh

Penyebab redupnya nyala lampu motor yang terakhir juga bisa di pengaruhi oleh kondisi kabel lampu yang meleleh dikarenakan panas berlebihan. Dan jika kabel sudah meleleh maka hambatan arus listrik pun tidak akan sempurna, sehingga lampu pun tidak akan bisa menyala dengan begitu terang.

Cara Mengatasi Lampu Motor Redup

Dari beberapa penyebab lampu motor redup yang sudah disampaikan diatas, tentunya pernah dialami meskipun tidak semua jenis motor akan mengalami penyebab yang sama. Lalu bagaimana cara mengatasi agar lampu motor redup bisa kembali menyala seperti sedia kala.

Baca Juga :  Cara Mencegah Dan Mengatasi Mesin Panas Yang Berlebihan Pada Motor

Mengecek Kondisi Aki

Posisikan mesin motor dalam kodisi mati kemudian nyalakan lampu sein. Dan apabila lampu sein berfungsi dengan normal dan berkedip dengan terang, Maka dapat dipastikan bahwa kondisi aki motor dalam keadaan baik. Akan tetapi jika saat di nyalakan lampu tidak menyala terang bahkan tidak berkedip sama sekali bisa dipastikan aki motor soak dan harus segera diganti.

Mengecek Kondisi Kabel

Tidak hanya melakukan pengecekan pada bagian aki motor kalian juga perlu melakukan pengecekan pada bagian kabel lampu motor. Gunakan multitester untuk memeriksa kondisi kabel. Dan pastikan jika kondisi kabel dalam keadaan yang baik, jika tidak silahkan kalian ganti kabel tersebut dengan yang baru.

Nah untuk mengatasi lampu motor redup bahwa jika lampu menjadi redup hal ini dikarenakan arus yang masuk ke lampu tidak dapat disalurkan kembali dengan baik ke body ( ground ). Jadi ngambil kesimpulan bahwa ada yang salah dengan kabel yang menuju ke body / ground. Dengan melakukan pembedahan terhadap motor tersebut mulai dari kap lampu depan hingga dengan cover body samping kanan. Setelah ditelusuri dari dudukan lampu depan yang memiliki tiga cabang kabel.

Ada satu kabel yang berwarna hitam yang tersambung dengan socket cabang dua dengan kabel yang juga berwarna hitam. Satu cabang terhubung dengan socket ke panel lain, dan satu cabang lagi terhubung ke body yang terletak di dekat spul pengapian busi.

Ujungnya pun mengganti kabel yang berwarna hitam yang terhubung ke body motor dan memeriksa kondisi tembaga kabel. Ternyata kondisi tembaga telah menghitam alias mengalami korosi. Setelah selesai proses penyambungan kabel kemudian mencoba untuk menghidupkan mesin motor.

Dan mencoba menekan tombol lampu jauh dan dan dekat. Ternyata sewaktu ditekan tombol lampu dekatnya, lampu panel dashboard tidak lagi menyala setelah dicoba berkendara pada malam hari lampu depan motor kembali menyala terang seperti biasanya.

Periksa Soket Lampu

Hal yang paling vital dalam redup terangnya lampu motor juga di pengaruhi secara besar oleh kondisi soket lampu, maka dari itu apabila lampu motor kalian redup selain memerikan dua hal yang kami sampaikan diatas. Pastikan juga kalian lakukan pengecekan pada bagian sokel lampu. Jika terdapat lelehan atau karat pada soket ada baiknya silahkan kalian ganti.

Dengan Memeriksa Kondisi Kiprok

Hal yang terakhir yang menjadi penentu terang redupnya lampu motor ialah kondisi kiprok motor yang baik. Maka dari itu silahkan cek kondisi kiprok motor kalian dengan cara menyalakan mesin motor dan ukur tegangan output kiprok menggunakan voltmeter. Pastikan tegangan yang keluar harus 11 sampai 12 volt, dan apabila tegangan dibawah itu sudah saatnya kalian ganti kiprok motor kalian tersebut dengan yang baru.

Nah itulah pengalaman yang pernah dialamin pengguna motor yang lainnya, semoga dengan adanya Penyebab Lampu Motor Redup bisa menambah pengetahuan bagi anda apabila terjadi pada motor anda sekian dan terima kasih. 🙂 🙂 🙂