Akibat Dan Ciri Ring Piston Sudah Aus

Posted on

Akibat Dan Ciri Ring Piston Sudah Aus – Untuk hal ini keausan ring piston merupakan kondisi dimana bagian samping dari ring mengalami pengikisan. Pengikisan ini akan memperkecil diameter total dari ring. Yang sehingga celah pada silinder akan semakin melebar. Dalam kondisi ini sering menyebabkan masalah-masalah serius yang diantaranya yaitu:

  • Los power
  • Mesin susah hidup
  • Keluar asap putih
  • Oli mesin boros

Akibat Dan Ciri Ring Piston Sudah Aus

Adapun akibat, ciri ring piston sudah aus yang diantaranya yaitu:

Lalu Apa Penyebab Ring Piston Bisa Aus…???

Hal ini terkait proses kerja mesin, piston selaku komponen utama mesin bergerak naik turun didalam sebuah komponen berbentuk silinder. Supaya piston mampu bergerak didalam silinder maka diameter piston harus diset lebih kecil dari pada diameter silinder.

Namun ini menimbulkan masalah baru, perbedaan diameter antara piston dan silinder akan meninggalkan sebuah celah yang bisa menyebabkan kebocoran kompresi. Oleh sebab itu tiga buah ring disematkan di dinding piston untuk merapatkan celah antara piston dan silinder.

Karena ring piston terletak pada piston, maka setiap kali piston bergerak naik turun maka ring tersebut akan mengikutinya. Gerakan ini tentunya akan menimbulkan gesekan antara ring dengan silinder, sehingga ada potensi keausan. Tapi sebenarnya hal ini sudah diatasi.

Oli mesin sebagai pelumas komponen mesin memiliki fungsi untuk melapisi hubungan antara ring dan silinder, sehingga ring piston tidak secara langsung bergesekan dengan silinder. Namun masalahnya, terkadang kita telat ganti oli atau bahkan tidak pernah mengganti oli mesin. Itulah yang menyebabkan ring piston cepat aus, perlu diketahui oli mesin kalau terus digunakan itu akan mengalami degradasi dan penurunan kualitas.

Kalau degradasi ini masih pada level aman, maka oli masih bisa digunakan. Namun kalau oli sudah melewati masa pakai maka pelumasannya tidak akan maksimal. Level aman oli, bervariasi, untuk oli semi-sintetis itu masih bisa digunakan hingga 4.000 KM pemakaian. Namun kalau oli full sintetis kabarnya bisa mencapai 6.000 KM pemakaian.

Ciri-Ciri Ring Piston Aus

Adapun ciri-ciri ring piston aus yang diantaranya yaitu:

Oli Mesin Sering Habis

Harusnya ring piston merapatkan celah antara piston dan blok silinder agar tidak ada aliran oli dari bak oli ke ruang bakar. Namun kalau ring piston auas, oli dengan mudah masuk ke ruang bakar saat piston bergerak naik turun.

Pergerakan naik turun piston akan menyebabkan oli di bak oli bergejolak. Gejolak ini membuat oli naik ke ruang bakar karena celah ring yang membesar, sehingga oli ikut terbakar dan lambat laun volume oli mesin semakin berkurang. Pengurangan oli karena ring piston aus, bisa cukup cepat. Mungkin dalam sehari bisa mencapi 0,1 L tergantung dari waktu mesih hidup.

Asap Putih Keluar Dari Knalpot

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, asap putih ini ialah hasil dari oli yang terbakar didalam ruang bakar. Artinya ciri satu ini masih berhubungan dengan ciri yang pertama. Kalau kalian mendapati asap putih tipis “agak kebiruan” muncul dari dalam knalpot ketika mesih hidup, coba kalian cek volume oli mesin. Kalau olinya kurang maka dipastikan ada keausan ring piston.

Suara Mesin Agak Kasar

Suara mesin yang normal itu halus, tapi kalau ada kebocoran kompresi maka suara mesin menjadi lebih kasar. Suaranya terkesan ngobos dan tidak nyaman didengar.

Baca Juga :  Tanda Ring Piston Motor Butuh Diganti

Hasil Test Kompresi Rendah

Untuk memastikannya secara faktual, kalian perlu melakukan tes kompresi. Pengetesan ini dilakukan untuk mengetahui berapa tekanan kompresi yang mampu diciptakan oleh mesin. Kalau ring piston aus, maka tekanan kompresi akan drop. Ini bisa dilihat pada gauge compression testes yang menunjukan angka dibawah tekanan kompresi standar.

Setelah keempat ciri-ciri diatas muncul, langkah perbaikannya ialah dengan membongkar bagian blok mesin untuk mengganti ring piston. Namun kalau sudah dibongkar jangan buru-buru diganti. Karena ciri ciatas juga berlaku apabila ada masalah keuasan silinder. Jadi cek juga kondisi blok silinder. Kalau gantung atau diameternya tidak ratas maka ring piston kendaraan kalian tidak bermasalah, melainkan yang jadi masalah ialah keausan silinder blok. Solusinya dengan melakukan oversize.

Demikianlah pembahasan mengenai Akibat Dan Ciri Ring Piston Sudah Aus semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂