Cara Membaca Indikator Honda Beat Berkedip

Posted on

Indikator Honda Beat Berkedip – Dalam hal ini lampu indikator yang terdapat pada setiap motor injeksi ialah sebuah mekanisme untuk monerksi kinerja sistem injeksi pada motor tersebut. Jadi ketika kunci kontak dihidupkan, sistem ini akan melakukan scanning otomatis terhadap semua komponen yang berkaitan dengan sistem injeksi.

Ini ditandakan dengan melalui lampu indikator yang menyala sekitar 0,3-1 detika saat baru memutar kunci ke ON. Ketika tidak ditemukan masalah, maka lampu indikator akan mati namun kalau terdeteksi masalah maka lampu indikator ini akan berkedap-kedip.

Cara Membaca Indikator Honda Beat Berkedip

Dari pola kedipan lampu indikator ini, sebenarnya bisa kita cari masalahnya karena setiap pola kedipan memiliki arti tersendiri. Lantas bagaimana cara membacanya ?? dibawah ini akan kita beri langkah-langkahnya beserta arti dari pola kedipannya. Ini kita ambil menggunakan refrensi Honda Beat FI karena motor ini termasuk jenis motor yang paling laku di Indonesia.

Kedipan Indikator Honda Beat

Sebelumnya kalian perlu tahu bahwa ada dua jenis kedipan lampu yakni:

  • Kedipan pendek yang berlangsung selama 0,3 detik, kedipan ini memiliki arti 1.
  • Kedipan panjang yang berlangsung selama 1,3 detik, kedipan ini memiliki nilai 10.
  • Setiap kedipan dalam satu pola itu memiliki jeda yang singkat, ketika jedanya lama “lebih dari 1 detik” itu berarti periode atau pola kedipan sudah berakhir.

Misalnya lampu indikator berkedip sekali dengan durasi 1,3 detik diikuti dua kedipan pendek, itu bisa dibaca 10 + 2 = 12 jadi kode kerusakannya ialah 12.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Goresan Pada Motor

Lantas apa saja arti dari setiap kedipan tersebut ??

  • 1 = Kerusakan terhadap sensor MAP, ini sebabkan pembacaan terhadap kevakuman dalam intake manifold eror. Akibat yang ditimbulkan, akselerasi tidak cukup dan mesin tidak cukup power di RPM tinggi
  • 7 = kerusakan sensor suhu mesin, sensor suhu mesin ini adalah EOT (engine oil temperature) akibat yang ditimbulkan mesin akan susah dihidupkan waktu suhu mesin dingin.
  • 8 = kerusakan sensor thottle position, ini akan sebabkan mesin yang sering mati sendiri dan juga masalah waktu mesin digas (brebet).
  • 9 = Kerusakan sensor IAT (intake air temperature), akibatnya tenaga mesin tidak cukup dan akselerasi terhitung berkurang.
  • 11 = kerusakan terhadap vehicle speed sensor, akibatnya speedometer akan mati dan ISS terhadap motor tidak berfungsi.
  • 12 = Kerusakan terhadap injektor, akibatnya mesin akan brebet lebih-lebih tidak nyala waktu distart.
  • 21 = kerusakan sensor oksigen, sensor ini terdapat diknalpot yang berguna mendeteksi emisi mesin. Kalau terdeteksi kerusakan, maka bensin bisa lebih boros dan juga kadang ada letupan dari knalpot.
  • 29 = Kerusakan terhadap IACV (intake air control valve) ini sebabkan mesin susah dihidupkan sampai sebabkan penggunaan bensin lebih boros.
  • 33 = ECM mengalami eror, eror disini bukan berarti ECM rusak namun bisa terhitung karena ada crash terhadap progam ECM. Akibatnya macam-macam, dari menjadi mesin brebet, mesin mati sendiri, sampai mesin mogok.
  • 52 = Kerusakan terhadap CKP sensor, akibatnya timming pengapian jadi berantakan supaya mesin susah hidup,
  • 54 = Kerusakan terhadap BAS (bank angle sensor), sensor ini berguna mematikan mesin waktu motor terjatuh. Kalau rusak, maka BAS tidak berguna alisa mesin masih selalu hidup waktu motor terjatuh.

Nah dari semua data diatas, dalam hal ini rata-rata kerusakan disebabkan dari sensor. Tapi sensor tidak berarti rusak jadi ketika terdeteksi salah satu kode maka jangan langsung menganggap sensor rusak tapi cek dulu kabelnya, cek juga soketnya. Banyak juga kedipan lampu itu disebabkan karena soket yang kendor atau bahkan kabel yang terkelupas/putus.

Baca Juga :  Tanda Throttle Body Bermasalah

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membaca Indikator Honda Beat Berkedip semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂