Cara Kerja Master Silinder Rem

Posted on

Cara Kerja Master Silinder Rem – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai bagaimana Cara Kerja Master Silinder Rem. Lantas bagaimana cara kerja master silinder rem?

Nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Master silinder mengirim tekanan ke sistem rem ketika tuas rem ditarik atau ditekan.

Pada dasarnya master silinder dari sebuah tangki penampung berisi cairan rem dan bodi master silinder yang menghasilkan tekanan hidrolik.

Bodi master silinder termasuk piston, piston cup dan bagian lainnya.

Dan biasanya ditekan ke belakang oleh pegas balik piston, dibagian depan bodi master silinder terpasang sebuah selang rem.

Cara Kerja Master Silinder ( Rem Roda Depan )

Adapun cara kerja master silinder diantaranya yaitu:

Ketika Tuas Rem Ditarik

Ketika piston ditekan oleh tuas rem sebagian cairan rem mengalir kembali ke tangki penampungan dari lubang arus balik.

Ketika piston melewati lubang arus balik cairan rem dibagian depan piston cup dikompresi menghasilkan tekanan hidrolik, cairan rem mengalir melalui selang rem dan diteruskan ke caliper.

Ketika Tuas Rem Dilepas

Ketika tuas rem dilepas piston kembali ke tempat semula akibat dari gaya pegas balik karena inersia cairan rem

Maka cairan rem tersebut mengalir dari master silinder tidak bersamaan dengan gerak piston, sehingga jumlah tekanan hidrolik dibagian piston cup pada master silinder berkurang.

Akhirnya cairan rem ditangki penampungan mengalir dari lubang pemasukan dan lubang arus balik ke sekeliling piston, dan didorong tepat dititik bagian depan piston cup.

Ketika piston kembali ke posisi semula, tekanan hidrolik didalam selang rem mengalir ke master silinder dan kembali dari lubang arus balik ke tangki penampungan.

Demikinlah pembahasan mengenai Cara Kerja Master Silinder Rem semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂