Akibat Asal Pasang Gasket Motor

Posted on

Gasket Motor – Nah tidak sedikit beberapa pemilik motor yang mengalami karena mesin motor yang overheat gara-gara jalur waterjacket air radiator tertutup lem gasket yang berlebihan, ini terjadi pada saat pemasangan gasket atau perpak mesin motor.

Dan sebenarnya kesalah kaprahan ini sering sekali ditemui, mungkin dalam segi pemakaian lem gasket atau sealent bertjuan baik agar supaya semakin menyekat sempurna dan mencegah resiko kebocoran, tapi dalam pemakaian yang berlebihan malah membuatnya tidak baik bagi mesin.

Gasket Motor

Dalam pemasangan gasket motor (perpak) sendiri berfungsi untuk menyekat di antara kedua bidang temu antar komponen. Agar tidak terjadi kebocoran, biasanya bagian yang diberi gasket bersentuhan dengan oli atau air radiator dan juga tempat pembakaran berlangsung, misalnya head silinder.

Gasket atau perpak umumnya terbuat dari bahan kertas dan logam. Untuk logam ada yang terbuat dari bahan alumunium atau tembaga. Tembaga dipilih karena sifat hantar panasnya yang lebih baik dibandingkan dengan bahan alumunium dan tahan suhu yang tinggi.

Gasket Perpak Kertas

Jenis gaseket berbahan kertas ini kerap dipasang pada bagian yang kena oli. Sebut saja tutup kopling atau blok silinder. Gasket kertas ini sebaiknya tidak di olesi lem packing, gasket kertas cukup menempel erat ketika kena panas mesin.

Agar gasket kertas menempel sempurna, bersihkan dulu bidang yang akan ditempel dari sisa packing gasket lama dengan cara mengcongkel pelan dengan kap atau cutter kemudian gosok perlahan dengan amplas halus agar permukaan rata.

Gasket Perpak Logam

Ada beberapa kebiasaan yang terkadang belum pas dalam memasang gasket. Gasket berbahan logam biasanya terdapat pada head silinder. Pada bagian ini rentan mengalami kebocoran kompresi, bahkan bila pemasangan gasket kurang rapat bisa jadi air radiator rawan masuk ke ruang bakar.

Baca Juga :  Tips Yang Paling Efektif Dalam Memilih Bahan Bakar

Cara Pasang Gasket Motor

Cara pasang gasket perpak alumunium pada head silinder hanya dipasang apa adanya. Tanpa penambahan treatment apapun, untuk gasket perpak orisinil hanya tinggal langsung pasang saja. Akan tetapi untuk perpak KW, sebaiknya ada perlakukan tambahan.

Cara pertama untuk pasang gasket perpak, bagi yang menggunakan gasket perpak tidak orisinil, maka semprotkan cat kaleng warna hitam pada kedua sisi gasket perpak tersebut. Hal ini bertujuan agar lapisan cat yang kena panas mesin akan menutup pori-pori di sambungan head silinder.

Cara pasang gasket motor kedua, lakukan treatment dengan mengolesi lem gasket khusus perpak. Contohnya Suzuki telah mengeluarkan produk lem chemical khusus untuk menyekat gasket perpak mesin.

Selain produk lem gasket yang dikeluarkan oleh Suzuki ada juga produk Permatex MotoSeal 1 Ultimate Gasket Maker Grey, yang terpenting dalam pemberian lem gasket ialah pemberian atau mengoleskan lem setipis mungkin dan rata agar tidak meluber masuk ke ruang bakar atau waterjacket.

Demikianlah pembahasan mengenai Gasket Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂