Cara Gadai Motor Tanpa BPKB

Posted on

Gadai Motor Tanpa BPKB – Nah ketika kalian membutuhkan dana segar dalam keadaan darurat, dan salah satu langkah yang dapat dilakukan mungkin dengan cara menggadaikan kendaraan bermotor.

Hal demikian ini kerap dijadikan solusi banyak bagi masyarakat di Indonesia. Pun begitu, dalam merealisasikan gadai kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat, dalam hal ini ada sejumlah prosedur yang perlu kalian ketahui.

Dan terlebih apabila kalian ingin gadai motor tanpa “BPKB” Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, prosedurnya terbilang sedikit rumit. Bila kalian ingin menggunakan jasa lembaga keuangan, seperti BANK maupun perusahaan pembiayaan atau sebuah leasing.

Pada umumnya kedua lembaga itu dalam pembiayaan tersebut akan memberikan pinjaman melalui gadai motor ataupun mobil. Maka dengan syarat kendaraan tersebut telah lunas dan wajib menjaminkan BPKB dari sebuah kendaraan tersebut.

Dan jadi yang pasti kalian tidak akan dapat gadai motor masih kredit di BANK ataupun leasing. Dan apabila tidak memiliki BPKB dari kendaraan yang kalian jadikan sebagai jaminan.

Dan banyak masyarakat yang masih menganggap bahwa gadai motor di Pegadaian “Persero” bisa menerima gadai motor tanpa BPKB. Padahal berita tersebut tidaklah benar, pasalnya Pegadaian sudah menentukan dengan jelas bahwa masyarakat yang ingin menggadaikan kendaraan harus memenuhi beberapa persyaratan.

Syarat Gadai Motor Tanpa BPKB Tidak Bisa Di Pegadaian

Dan perlu kalian ketahui, bahwa gadai motor di Pegadaian harus memenuhi persyaratan yang wajib kalian ketahui masyarakat. Pastinya gadai motor masih kredit tidaklah diperkenankan di sini. Dan termasuk di dalamnya, tidak boleh gadai sebuah motor tanpa BPKB, hal ini dikarenakan pegadaian mempunyai beberapa peraturan yang cukup sangat ketat.

Dan lagi pula dalam menggadaikan motor kredit atau tanpa BPKB punya potensi penggelapan barang jaminan fidusia. Hal ini sesuai dalam pasal 36 Undang-undang No. 42 tahun 1999. Jika dilanggar, maka ada potensi kena denda paling banyak Rp 50 juta.

Syarat-Syarat Sejumlah Dalam Gadai Motor Di Pegadaian

Apabila kalian menginginkan gadai motor di pegadaian, perlu memenuhi  beberapa syarat berikut ini. Syarat tidak dibuat untuk mempersulit, melainkan untuk mempermudah proses supaya aman di mata hukum.

Lantas apa saja syarat-syarat gadai motor di pegadaian ? nah berikut ini informasinya yaitu:

  • Kendaraan bermotor telah lunas alias hak milik sendiri.
  • Wajib memiliki BPKB asli.
  • Mempunyai Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli.
Baca Juga :  Jadi Ini, Efek Buruk Motor Menggunakan Knalpot Racing

Cara Tetap Ingin Gadai Motor Tanpa BPKB

Dalam keadaan mendesak dan kalian ingin gadai motor tanpa BPKB, kalian mungkin dapat memanfaatkan lembaga keuangan non bank lainnya, di luar Pegadaian. Dengan kata lain, kalian bisa gadai motor hanya STNK saja.

Faktor penting yang perlu kalian ketahui biasanya motor tanpa kelengkapan BPKB umumnya akan dihargai dengan sebuah nilai yang rendah. Maksimal 70 persen saja. Ambil saja contoh, motor yang kalian miliki ditaksir dengan harga Rp 10 juta, maka artinya batas maksimal pinjaman yang bisa kalian terima hanya sebesar Rp 7 juta saja.

Dan nahasnya lagi dalam pemberi dana biasanya juga akan menurunkan nilai taksir sampai kurang dari 60 persen. Jika kondisi motor kalian dianggap kurang menyakinkan. Perusahaan pemberi pinjaman biasanya akan berhitung juga.

Terkait sisa utang atau sisa kredit motor yang harus dibayarkan, ini sangat penting buat perusahaan gadai, bila kalian tidak bisa membayar cicilannya hingga lunas. Catatan yang penting untuk kalian yang ingin gadai sepeda motor.

Sisa kredit yang kalian punya akan sangat berpengaruh terhadap harga taksiran kendaraan bermotor. Dan selain itu hal yang tidak kalah penting lembaga pembiayaan seperti ini berpotensi melanggar undang-undang Fidusia tentang objek jaminan fidusia.

Dan kalian juga wajib lebih cermat dalam memilih lembaga pembiayaan yang mau menerima gadai motor tanpa BPKB, pasalnya bukan tidak mungkin justru kalian yang bakal kena tipu.  Paling mudah melakukan gadai motor dengan cara seperti ini dilakukan ke perorangan saja.

Misal ada teman kalian yang ingin membantu sejumlah uang, tapi agar terlihat lebih formal, kalian dapat menggadaikan motor ke dia sebagai jaminan. Apabila gadai motor tanpa BPKB dilakukan ke perorangan, semua sistemnya dilakukan secara kekeluargaan, bicaralah dari hati ke hati dengan pemilik uang.

Cara Mengetahui Dan Syarat Gadai Motor Tanpa BPKB

Buat kalian yang ingin gadai motor tanpa BPKB wajib memenuhi sejumlah syarat yang mungkin saja ditetapkan oleh pemberi dana. Dan setidaknya ada beberapa hal yang kalian perlu persiapkan, supaya proses gadai motor tanpa BPKB yang akan kalian lakukan dapat berjalan dengan lancar.

Syarat Gadai Motor Tanpa BPKB

Nah berikut ini syarat-syarat gadai motor tanpa BPKB diantaranya yaitu:

  • Kartu Identitas yang masih berlaku (KTP/SIM).
  • STNK asli dan fotokopinya.
  • Kartu Keluarga (Jika sudah menikah).
  • Menyerahkan sebuah Barang Jaminan Berupa Sepeda Motor.

Cara Gadai Motor Tanpa BPKB

Nah setelah kalian mengetahui apa saja yang menjadi syarat-syarat penting yang wajib kalian ketahui. Kalian juga harus mengetahu sejumlah proses yang tentunya kalian harus jalani. Proses administratif setidaknya kalian perlu lakukan.

Berdasarkan catatan, ada beberapa langkah yang harus kalian lalui, supaya dana gadai motor tanpa BPKB dapat terpenuhi.

  • Pertama kalian harus menyiapkan persyaratan di atas dengan lengkap, selanjutnya kalian bisa membawa persyaratan dan motor ke lembaga keuangan.
  • Setibanya di tempat pemberi dana, kalian biasanya diwajibkan untuk mengisi formulir yang sudah disediakan. Dalam formulir tersebut kalian juga menandatangani surat bukti kredit “pinjaman”.
  • Dan selanjutnya data yang kalian miliki diverifikasi, setelah itu kalian dapat menyerahkan jaminan. Jika seluruh proses sudah dilalui kalian tinggal menunggu pencairan dana.
Baca Juga :  Penyebab Oli Bercampur Air Radiator Pada Motor Serta Solusinya

Dan sebagai gambaran, gadai motor tanpa BPKB juga ada untung dan rugi yang perlu kalian ketahui, agar setidaknya kalian tidak menyesal dikemudian hari.

Untung Dan Rugi Gadai Motor Tanpa BPKB

Mengandalkan jasa gadai motor tanpa BPKB tentu ada keuntungan dan juga kerugian yang nantinya akan kalian dapatkan. Nah berikut ini kami akan memberikan sejumlah informasi mengenai untung dan rugi gadai motor tanpa BPKB.

Keuntungan Yang Bisa Didapatkan

  • Syarat mudah dengan proses yang cepat.
  • Sepeda motor masih bisa ditebus sesuai dengan pinjaman yang didapatkan.
  • Solusi mendapatkan pinjaman cepat dan mudah.
  • Aset disimpan dengan baik sehingga ada jaminan keamanan dari perusahaan pemberi pinjaman.

Kerugian Gadai Motor Tanpa BPKB

  • Nilai taksiran motor lebih rendah sehingga berpengaruh terhadap pinjaman yang diberikan.
  • Tidak semua motor kredit bisa digadaikan, pada umumnya hanya motor kredit yang sudah diatas 60 persen proses pembayarannya.
  • Berisiko dilaporkan pihak leasing jika menggadaikan motor kredit karena dianggap sebagai penggelapan barang jaminan fidusia. Dalam pasal 36 undang-undang no. 42 tahun 1999 berbunyi “pemberi fidusia yang mengalihkan, menggadaikan atau menyewakan benda yang menjadi objek jaminan fidusia sebagaimana dimaksud dalam pasal 23 ayat (2) yang dilakukan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari penerima fidusia dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan denda paling banyak Rp 50.000.000,- (lima puluh juta) rupiah.
  • Dan pada dasarnya sepeda motor yang tidak memiliki BPKB tidak bisa dijadikan jaminan di pegadaian. Namun celah ini dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan tertentu dengan memberikan bunga tinggi dan pinjaman rendah kepada debitur.

Nah jika kalian ingin mendapatkan kepastian hukum secara jelas, pastikan lagi bahwa kalian hanya memilih perusahaan yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dan hindari juga menerima gadai  motor yang masih kredit. Karena tanpa seizing pihak leasing,  kalian bisa dikenakan pasal penggelapan barang jaminan fidusia, sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Jadi begitulah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, sebelum mengajukan gadai motor ataupun menerima gadai motor. Terpenting kalian harus memastikan bahwa kalian tidak melanggar hukum yang berlaku.

Apabila kalian memiliki masalah finansial, alangkah baiknya kalian mencari solusi lainnya. Mengingat saat ini beragam kredit sudah disediakan oleh BANK ataupun leasing yang justru memudahkan dan meringkan kalian.

Perbedaan Gadai Unit Dan Gadai BPKB

Sekedar informasi kalian sebaiknya juga mengetahui mengenai program gadai kendaraan (motor dan mobil) yang terdiri dari dua jenis yakni gadai BPKB dan gadai unit. Dalam hal ini sepintas keduanya memang mirip dan masih dianggap sama oleh sebagian masyarakat. Dan padahal ada banyak perbedaan diantara keduanya.

Baca Juga :  11 Cara Mengganti Lampu Speedometer New Vixion

Dengan Mengenal Gadai BPKB

Biasanya gadai BPKB dikelola oleh perusahaan jasa keuangan resmi seperti bank, leasing, bpr dan pegadaian pemerintah. Bahkan untuk lembaga perbankan dan perusahaan pembiayaan, regulasi diatur dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Lembaga keuangan yang memberikan pinjaman dengan jenis jaminan kredit BPKB ini memiliki prosedur dan struktur organisasi yang jelas. Apabila nasabah tidak memenuhi persyaratan ideal, maka semakin panjang juga jalur birokrasi yang ditempuh.

Pemilik usaha biasanya tidak menjadi pengambil keputusan persetujuan pinjaman. Inilah yang membuat waktunya lebih lama, persyaratan dokumen sudah ditentukan dan wajib dilengkapi seperti KTP, NPWP dan KK (Kartu Keluarga).

Dalam kelengkapan dokumen lain sebagai syarat subtitusi seperti slip gaji, rekening tabungan, PBB dan lainnya. Kerap wajib dipenuhi juga, pinjaman ini juga dikenakan bunga pinjaman yang diamortisasi per bulan.

Keberadaan amortisasi ini memudahkan perhitungan saat melakukan pelunasan dipercepat. Tidak sampai disitu saja, tenor pun bisa diatur sesuai kemampuan. Tenor cukup panjang, biasanya mulai dari 12 bulan sampai 48 bulan.

Sistem pinjaman menggunakan jaminan BPKB biasanya dimiliki oleh BANK maupun lembaga leasing kredit kendaraan bermotor. Keunggulan jaminan BPKB pada perusahaan pembiayaan yang jelas. Nasabah juga akan mendapatkan simulasi yang jelas, bunga dan biaya lainnya sudah ditetapkan dengan sistem yang sudah ada saat ini.

Prosedur Gadai Unit

Pembiayaan dengan jaminan unit kendaraan atau gadai unit regulasi resminya belum diatur oleh pemerintah. Umumnya masih dikelola oleh perusahaan perorangan, koperasi atau bisnis otomotif seperti dealer mobil/motor, jadi legalitasnya bukan jasa keuangan.

Kelebihannya biasanya memang proses yang cenderung lebih cepat, jika kalian membutuhkan dana cepat, maka produk ini kerap menjadi pilihan tepat. Karena dikelola pribadi, maka keputusan mutlak dipegang oleh pengelola.

Biasanya persyaratan yang ditentukan cenderung lebih mudah dan sederha. Selama unit kendaraan dan BPKB nya sesuai dengan nama nasabah, biasanya sudah cukup dan dana dapat langsung cair.

Kemelahannya umumnya nasabah akan dikenakan bunga global sepanjang batas waktu yang ditentukan. Jadi bukan berupa amortisasi bulanan layaknya diperbankan. Jangka waktu (tenor) pada umumnya pendek, ada yang menerapkan hitungan minggu atau bulan saja biasanya maksimal 6 bulan saja.

Dalam hal ini pengelola biasanya memiliki usaha lain yang linear, sejumlah dealer-dealer motor ataupun mobil bekas biasanya menjalankan usaha gadai unit kendaraan. Tidak ada tindakan khusus untuk meminimalkan resiko pinjaman gadai yang mancet.

Apabila nasabah tidak membayar meskipun karena bencana, maka unit yang digadai akan menjadi milik kreditur. Kekurangan lainnya dari pinjaman jenis ini, simulasi pinjaman biasanya tidak jelas. Bahkan biasanya dapat dilakukan tawar menawar bunga. Gimana sekarang sudah tahukan prosedur dan proses mengenai gadai motor tanpa BPKB.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Gadai Motor Tanpa BPKB semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂