Fungsi Kunci Shock : Pengertian, Jenis Dan Cara Menggunakannya

Posted on

Fungsi Kunci Shock – Dalam hal ini buat kalian yang sering main ke bengkel atau sering melakukan perawatan mesin motor atau mobil pastinya mengetahui jenis-jenis alat perbengkelan seperti kunci ring, kunci pas, kunci inggris, kunci L, kunci shock dan beberapa nama lainnya.

Namun ada beberapa orang memang sudah mengetahui akan nama namun akan tetapi tidak tahu akan fungsi masing-masing untuk apa, meski pada dasarnya fungsi utama untuk memasang serta melepas baut.

Seperti halnya dengan kunci socket atau sering kita sebut juga dengan kunci shock dimana hampir setiap bengkel pasti menyediakan jenis kunci tersebut, hal tersebut bertujuan untuk mempermudahkan bagi setiap mekanik ketika ingin melepas atau memasang baut pada bagian-bagian tertentu yang mana tidak bisa menggunakan kunci ring atau kunci pas.

Bagi kalian yang masih bingung dengan fungsi kunci shock untuk apa saja, maka sangat disarankan sekali agar simak terus ulasan ini sampai selesai.

Kunci shock sendiri terdapat beberapa jenis wajib untuk kalian ketahui dimana masing-masing, lalu apa saja jenis yang tersedia untuk saat ini? Seperti kita ketahui meskipun memiliki fungsi yang sama akan tetapi cara menggunakan berbeda.

Oleh karena itu kita wajib sekali mengetahui jenis-jenis apa saja tersedia serta bagaimana cara menggunakan yang benar, jika sampai disini kalian masih bingung akan penggunaan kunci socket yang benar seperti apa, dimana hal ini jelas berbeda dengan cara menggunakan kunci momen.

Pada dasarnya kebanyakan orang lebih suka menggunakan kunci pas atau kunci ring dimana proses penggunaan juga akan lebih mudah dan semua orang pasti memiliki peralatan perbengkelan tersebut, namun ada sisi kekurangan jika menggunakan kunci tersebut seperti kepala baut menjadi rusak.

Baca Juga :  12 Komponen Dan Fungsi Kopling Manual Sepeda Motor

Apabila hal tersebut sampai terjadi maka bisa dipastikan kita akan kesusahan untuk melepaskan baut tersebut dan ini memang kerap terjadi bagi beberapa orang yang tidak memperhitungkan akan hal tersebut.

Dikarenakan banyak orang yang penasaran dengan fungsi utamanya untuk apa serta cara penggunaan yang benar seperti apa, maka pada kesempatan sangat baik ini kami hendak informasikan kepada kalian semua secara jelas dan detail.

Untuk itu simak terus artikel ini sampai selesai, baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak yang telag dipersiapkan mengenai fungsi kunci shock disertai dengan jenis dan cara menggunakan seperti dibawah ini.

Pengertian Kunci Shock

Secara umum kunci socket atau kunci shock merupakan salah satu peralatan perbengkelan yang wajib tersedia, meskipun memiliki fungsi sama dengan beberapa kunci lain yakni untuk melepas dan memasang baut. Namun penggunaan kunci shock dirasa jauh lebih aman apabila dibandingkan menggunakan kunci ring ataupun menggunakan kunci pas.

Pada umumnya kunci shock memiliki kepala berbentuk tabung dimana pada bagian tengahnya terdapat lubang yang menyerupai kepala baut atau memiliki bentuk hexagona (segi enam) dan ada juga yang double hexagonal (segi dua belas). Lubang tersebut nantinya akan menahan kepada baut sehingga bisa melepas dan mengencangkan kepala baut tanpa membuat kerusakan.

Jenis Jenis Kunci Shock

Sebelum lanjut ke pembahasan utama kali ini, terlebih dahulu sampaikan kepada kalian semua mengenai jenis jenis dari kunci shock, pasalnya ada beberapa yang sudah tersedia. Apabila penasaran dengan itu semua silahkan simak langsung ulasan sudah kami persiapkan diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  7 Komponen Dan Fungsi Sistem Pengisian Sepeda Motor

Ratchet

Jadi untuk jenis yang pertama adalah model Ratchet dimana pada jenis ini memiliki roda gigi nantinya bisa diatur akan putaran baik itu searah jarum jam maupun berlawanan arah arum jam, dengan begitu kalian tidak perlu lagi untuk mengunci.

Adapun cara penggunaan jenis ini sangat sederhana sekali, cukup masukkan saja mata kunci lalu tekan tombol bagian belakang dan tinggal putar ke kiri atau ke kanan. Silahkan sesuaikan saja hendak melepaskan atau memasang baut.

Sliding T-handle

Sedangkan untuk jenis Sliding T-Handle juga sangat praktis sekali karena pada bagian kepalanya bisa diputar sesuai dengan kebutuhan, selain itu juga terdapat extension bar berguna memperpanjang jangkauan mata kunci sok.

Sedangkan cara penggunaan memang sangat simpel sekali, cukup masukkan saja ke baut lalu putar ke kiri atau ke kanan, sesuai dengan yang di inginkan. Apakah mau melepas baut atau memasang baut.

Fungsi Kunci Shock

Kemudian lanjut ke pembahasan utama kali ini yakni fungsi utama dari kunci shock, secara umum kita tahu bahwa kunci tersebut memiliki fungsi yang sama seperti beberapa kunci pada umumnya. Akan tetapi disini kami akan menjelaskan secara spesifik, oleh karena itu simak sampai selesai pembahasan kali.

Secara umum kunci shock berfungsi untuk mengencangkan dan mengendorkan baut yang terpasang sama seperti halnya dengan beberapa jenis kunci perbengkelan pada umumnya, hanya saja jika menggunakan kunci shock kepala baut dijamin aman.

Selain itu juga bisa menjangkau area yang sulit dijangkau dengan kunci pas atau kunci ring dimana hasilnya sangat maksimal, kemudian juga bisa disambungkan dengan extension bar dimana berguna memperpanjang jangkauan mata kunci sok.

Akhir Kata:

Baca Juga :  Fungsi Dan Bahan Pembuat Rangka Motor

Dari adanya penjelasan tersebut dapat menarik kesimpulan jika fungsinya memang sama saja, hanya saja kunci shock memiliki keunggulan dimana dapat menjangkau area sulit dan bisa di perpanjang dengan extension bar. Nah seperti itulah kiranya pembahasan lengkap mengenai fungsi kunci shock dapat kami sampaikan, semoga adanya informasi tersebut bisa membantu semua orang sedang membutuhkannya.