Efek Paking Head Motor Bocor

Posted on

Efek Paking Head Motor Bocor – Sejarah sepeda motor sendiri dimulai pada abad ke 19, dimana sepeda kayu bermotor pada saat itu diciptakan pertama kali.

Sejak itu sepeda motor pun terus berkembang menciptakan jenis-jenis sepeda motor baru dengan variasi merk dan bentuknya, sehingga akhirnya kita jumpai model sepeda motor terbaru saat ini.

Sepeda motor saat ini boleh dibilang menjadi salah satu kebutuhan manusia yang penting banget sehingga kalau pun gak bisa membeli motor baru orang akan membeli sepeda motor bekas.

Dalam beraktivitas sehari-hari manusia (terutama manusia Indonesia termasuk saya pribadi juga kadang malas jalan hehehe) tidak bisa jauh-jauh dari sepeda motor.

Ini menandakan betapa vitalnya peran sepeda motor bagi manusia dewasa ini, karena punya pengaruh penting juga terhadap perekonomian dan pekerjaan.

Dalam setiap kendaraan seperti motor pastinya memiliki masalah. Lantas bagaimana kita menjaga dan merawat kendaraan kita agar performa mesin tetap terjaga dan optimal pada saat di kendarai.

Di motor bekas muncul tetesan oli dari mesin hingga hilang tenaga? Tanda paking blok silinder bocor di motor.

Paking atau gasket sendiri memiliki fungsi sebagai perekat antara head silinder, blok mesin dan crankcase.

Namun seiring pemakaian, paking atau gasket bisa mengalami kerusakan dan dapat menimbulkan beragam efek negatif.

Fungsi Paking Pada Motor

Fungsi paking atau gasket di mesin motor untuk menjaga kompresi ruang bakar, serta mencegah oli atau cairan radiator bocor ke ruang bakar atau rembes keluar dari mesin.

Kalau sudah sampai terjadi kebocoran akibat paking tidak berfungsi baik, efeknya tentu bakal ada penurunan performa mesin.

Efek Paking Head Motor Bocor

Penyebabnya karena ada kompresi mesin yang bocor, terjadi overheat atau paling parah mesin jebol karena kekurangan oli atau kehabisan cairan radiator.

Buat yang sudah oprak mesin, sudah pasti perlu pakai paking tembaga atau aluminium buatan aftermarket yang kemampuannya lebih baik dari paking kertas bawaan pabrik.

Untuk mengetahui apakah paking silinder bawaan motor sudah mengalami kerusakan, caranya terbilang simpel.

Dalam beberapa kasus memang mesin meneteskan cairan, namun terkadang ada juga yang hanya terlihat rembesan oli diantara head silinder, blok mesin dan crankcase.

Nah kalau terbuktir ada kebocoran, disarankan untuk segera ganti paking yang bocor sesegera mungkin untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Demikianlah pembahasan mengenai Efek Paking Head Motor Bocor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

5/5 - (119 votes)