Efek Motor Jatuh

Posted on

Efek Motor Jatuh – Sepeda motor merupakan kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia juga dunis secara global.

Dan saat ini pabrikan sepeda motor termasuk Yamaha motor telah menyediakan berbagai jenis kategori motor Yamaha untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi dan transportasi manusia.

Motor ini hadir dengan beragam jenis dan variasi, ada yang bermesin kecil sampai bermesin besar atau disebut juga dengan motor gede (moge). Jenis motor pun beragam, ada yang berupa skutik hingga sportbike dan sport touring.

Pengertian Sepeda Motor

Dan kendaraan ini ialah alat transportasi roda dua yang digerakkan dengan mesin. Nah apabila diperhatikan, maka letak kedua roda ini sebaris lurus dan bisa berjalan pada kecepatan tinggi yang disebabkan oleh gaya giroskopik (yang dapat diukur oleh giroskop).

Motor ini pun juga bisa berjalan pada kecepatan rendah dimana keseimbangannya di pengaruhi oleh pengaturan setang pengendaranya.

Motor sendiri menjadi kendaraan yang mudah dijangkau oleh masyarakat karena harganya relatif murah dan bisa dikendarai oleh berbagai kalangan.

Penggunaan bahan bakarnya juga dinilai cukup hemat sehingga memudahkan mobilisasi masyarakat untuk berbagai kegiatan, seperti halnya bekerja atau untuk touring.

Efek Motor Jatuh

Hampir semua pemilik sepeda motor pernah terjatuh, hal ini pula yang mengakibatkan kondisi si kuda besi bisa mengalami masalah sehingga performanya menurun. Ada sejumlah hal yang kemungkinan rusak apabila motor terjatuh.

Pada Bagian Bodi Pecah

Pertama biasanya panel bodi pecah atau bagian bodinya bengkok. Kalau mengalami benturan kencang biasanya (terjadi) masalah pada bagian depan.

Pada Bagian Setang, Segitiga Dan Garpu Suspensi

Masalah pada bagian motor depan, terjadi biasanya pada setang, segitiga dan garpu suspensi. Pada sepeda motor komponen segitiga ini punya fungsi penting karena sebagai penghubung setang dan garpu suspensi depan.

Bila bermasalah bisa membuat posisi garpu kiri dan kanan tidak sejajar. Kalau sudah kena segitiga masih bisa di-press.

Kalau rusak ringan untuk motor cub (bebek) kurang lebih sekitar Rp 300 ribuan, tapi kalau yang berat bisa Rp 450 ribuan.

Pada Bagian Velg, Ban, Bearing Dan Komstir

Selain itu, komponen lain yang perlu diperiksa ialah velg, ban, bearing dan komstir. Bearing posisinya di tengah velg roda. Jika rusak, bisa diketahui dengan cara menggoyangkan roda ke kanan dan kiri.

Sedangkan komstir penghubung antara segitiga garpu depan dan rangka motor. Jika komstir rusak bisanya terasa oblak, susah digerakan, kasar dan sulit belok.

Demikianlah pembahasan mengenai Efek Motor Jatuh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂