Efek Motor Di Skotlet

Posted on

Efek Motor Di Skotlet – Dalam hal ini kebutuhan transportasi ialah salah satu kebutuhan primer yang dimiliki oleh manusia modern saat ini. Setiap orang membutuhkannya untuk proses mobilisasi dari satu titik ke titik lain dalam kepentingan tertentu yang berbeda satu sama lain.

Pemenuhan kebutuhan transportasi tersebut dapat dipenuhi secara umum maupun pribadi dan mandiri. Pemenuhan kebutuhan transportasi secara umum di dapatkan dengan cara menggunakan jasa transportasi umum sepertio bus kota, angkot, kereta komuter untuk kebutuhan jarak pendek dan pesawat, kapal api maupun kereta api untuk kebutuhan jarak pendek.

Dan sejauh ini, fasilitas, jumlah dan beberapa hal lainnya belum dapat dipenuhi oleh kendaraan umum yang menjadikan pemenuhan kebutuhan transportasi secara mandiri harus dilakukan untuk membantu ketika sarana transportasi umum tidak menjangkau tempat yang dituju.

Salah satu kendaraan pribadi yang paling populer di kalangan masyarakat ialah sepeda motor. Kelebihan sepeda motor seperti harganya yang terjangkau, kemampuan bermanuver pada jalanan yang sempit maupun macet, serta kemudahan penggunaannya menjadikan minat masyarakat terhadap motor sangat tinggi.

Dengan tingginya minat masyarakat tersebut direspon oleh para produsen sepeda motor untuk memasarkan berbagai jenis sepeda motor guna memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda.

Dalam berkembangnya pemikiran dan teknologi di masyarakat menjadikan pemilik sepeda motor tidak hanya menginginkan bentuk kendaraan yang standart pabrik sehingga melakukan beberapa proses modifikasi baik pada bagian mesin maupun pada bagian eksterito atau tampilan fisiknya.

Salah satu bentuk perubahan terhadap tampilan fisik atau eksterior motor yang dilakukan oleh pemilik kendaraan ialah dengan menskotletnya.

Cara Skotlet Motor Yang Benar

Menskotlet ialah proses memasang stiker berwarna pada body motor dengan tujuan untuk membentuk tampilan fisik tertentu yang diinginkan oleh para pemilik kendaraan.

Memasang skotlet harus dilakukan dengan benar dan tepat agar tidak menimbulkan kondisi buruk pada body motor. Untuk memasang skotlet dengan benar, berikut cara skotlet motor yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan.

Bersihkan Body Motor

Langkah pertama ialah dengan membersihkan motor terutama memastikan agar body motor tidak ditempeli oleh debu yang banyak. Hal ini diperlukan agar stiker skotlet dapat menempel dengan sempurna dan tidak terlepas.

Selain kotoran seperti debu, sisa tanah, bagian body motor yang akan di tempel stiker skotlet juga harus kering dan tidak mengandung air sedikitpun.

Lumuri Body Motor Dengan Air Sabun

Setelah body bersih dan kering maka langkah selanjutnya ialah melumuri body motor dengan air sabun untuk membantu agar skotlet yang akan dipakai tidak saling menempel satu sama lain.

Tempel Skotlet

Setelah memilih bentuk skotlet yang diinginkan teraplikasi pada body motor maka segera tempelkan setelah seluruh body terlumuri air sabun.

Dalam proses penempelan perhatikan agar tidak ada gelembung udara yang terjebak dan usahakan memulai penempulan dari sisi ujung ke sisi ujung satunya.

Rapikan tempelan skotlet dan jika ada gelembung udara maka hilangkan dengan cara menusuk menggunakan jarus atau peniti.

Biarkan Air Sabun Mengering

Setelah semua skotlet terpasang dengan benar maka biarkan air sabun yang tadi dilumuri pada body mongering dan ketika sudah mongering bersihkan bagian luar skotlet agar tidak ada kotoran yang menempel.

Efek Samping Motor Di Skotlet

Beberapa cara pemasangan skotlet tersebut dapat dilakukan untuk menghindari adanya beberapa kondisi yang tidak diinginkan seperti salah posisi pemasangan.

Penggunaan air sabun diperlukan agar ketika ada kesalahan pemasangan maka skotlet dapat dilepas dan dipasang kembali.

Sebelum memasang skotlet ada beberapa efek samping skotlet motor dibawah ini yang dapat menjadi pertimbangan pemilik kendaraan.

Merusak Cat

Efek samping skotlet motor yang pertama didapatkan dari bahan pembentuk skotlet tersebut. Beberapa bahan pembentuk stiket skotlet bisa jadi menyebabkan kerusakan pada cat body motor seperti menjadikannya kusam atau berubah warna.

Menimbulkan Sisa Noda Lengket

Efek samping selanjutnya ialah dapat menyebabkan kemungkinan adanya noda skotlet ketika pelepasan. Kondisi ini dapat ditemui ketika proses pemasangan dan pelepasan skotlet tidak dilakukan dengan benar serta bahan skotlet yang tidak baik atau tidak memiliki kualitas unggul.

Beresiko Menyebabkan Body Lecet

Pembersihan noda lengket yang disebutkan diatas jika dilakukan secara salah dan kasar dapat menyebabkan timbulnya resiko terjadinya lecet, beset, atau baret pada sepeda motor.

Jika ada kondisi body yang lecet ada beberapa cara menghilangkan baret ada body yang dapat dilakukan salah satunya menggunakan kompon dan beberapa bahan alami lainnya.

Menghilangkan Garansi Body Motor

Pemasangan skotlet secara tidak langsung merubah bentuk body pada sepeda motor bisa jadi dapat menghapus garansi dari pabrikan sepeda motor. Namun hal ini bisa diatasi dengan melepas skotlet ketika mengajukan garansi.

Meskipun ada beberapa efek samping skotlet pada sepeda motor yang dapat diperoleh ketika proses pemasangan dan pelepasannya tidak dilakukan dengan benar serta pilihan bahan skotlet yang tidak berkualitas baik tetap ada beberapa kelebihan dari pamasangan skotlet pada sepeda motor.

Beberapa kelebihan pemasangan skotlet tersebut diantaranya ialah sebagai salah satu cara merawat body motor maupun manual, dapat membantu menghindari motor dari resiko beset, lecet atau baret, menghindarkan stiker asli standar pabrik dari kusan dan rusak atau mengelupas serta mampu memberikan tampilan yang lebih biak dan berbeda dengan motor dalam kondisi standar pabrik.

Demikianlah pembahasan mengenai Efek Motor Di Skotlet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

4.2/5 - (164 votes)