Efek Kelebihan Oli Pada Motor

Posted on

Efek Kelebihan Oli Pada Motor – Dalam hal ini sepeda motor ialah sarana transportasi yang awalnya dikenal sebagai transportasi pribadi dan berkembang menjadi transportasi umum yang banyak dibutuhkan masyarakat lewat berbagai aplikasi ojek berbasis online.

Dan dari segi kemampuan sepeda motor untuk melakukan manuver pada jalanan yang sempit dan macet menjadikan waktu tempuh semakin cepat ialah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sepeda motor disamping beberapa hal seperti kemudahan pengoprasian, kebutuhan lahan parkir yang tidak banyak serta harganya pun yang lebih terjangkau dibandingkan kendaraan transportasi umum yang lainnya.

Kelebihan sepeda motor tersebutlah yang menjadikannya salah satu kendaraan pribadi yang banyak dimiliki oleh masyarakat umum. Banyaknya kebutuhan motor tersebut menjadikan berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia dihadirkan oleh pabrikan otomotif di Indonesia untuk memenuhi selera masing-masing individu yang berbeda-beda.

Nah bagi para pemilik kendaraan sepeda motor, mengetahui berbagai detail yang ada pada komponen mesin motor dan komponen pendukung lainnya merupakan sebuah keharusan supaya motor dapat selalu memberikan kinerja yang optimal dan terbebas dari berbagai masalah teknis.

Dalam ulasan kali ini kami akan memberikan pembahasan lebih banyak mengenai bahan cair pada mesin yang disebut sebagai oli dan beberapa hal terkait yakni efek samping yang dapat diberikan jika motor kelebihan oli.

Oli ialah cairan pelumas yang berfungsi untuk melapisi mesin sehingga mengurangi gesekan antar komponen serta menjaga suhu dalam mesin agar tidak panas. Dengan perannya tersebut, oli ialah komponen yang penting harus ada pada mesin.

Efek Kelebihan Oli Pada Motor

Dalam proses atau cara merawat motor matic dan jenis lainnya, memeriksa kondisi oli dan menggantinya merupakan hal yang harus diperhatikan agar mesin motor dapat optimal berkerja.

Namun terkadang ada beberapa kondisi yang salah dilakukan oleh pemilik sepeda motor berkaitan dengan oli yakni menambahkan oli dalam jumlah yang berlebihan pada mesin sehingga dapat menimbulkan efek merugikan. Nah berikut ini beberapa efek kelebihan oli pada motor yang harus dihindari agar motor tidak mengalami masalah teknis yang berarti.

Dengan Menurunnya Kualitas Oli

Pernyataan efek kelebihan oli pada motor tersebut seperti tidak masuk akan karena seharusnya dengan banyaknya oli dapat meningkatkan bagian yang terlumasi. Penurunan kualitas dan peran oli tersebut disebabkan oleh adanya gelembung udara yang terbentuk akibat putaran weight balance pada engkol yang menabrak tumpukan genangan oli secara terus menerus.

Kondisi normalnya oli tidak boleh mengenang dan hanya melapisi dengan adanya putaran weight balance seperti pendulum pada engkol yang menabrak tumpukan oli tersebut menjadikan muncul gelembung udara dalam jumlah yang banyak.

Dengan adanya gelembung udara maka fungsi oli secara umum yakni sebagai cairan pelumas untuk melapisi bagian komponen mesin motor menjadi terhalang. Maka akibat penurunan kualitas dan fungsi oli menjadikan gesekan antar komponen mesin menjadi kasar sehingga berpotensi menyebabkan keausan pada beberapa komponen jika kondisi ini dibiarkan.

Dapat Menghambat Kinerja Mesin

Oli ialah cairan yang memiliki konsintensi kental, dengan jumlah yang banyak di dalam mesin tentunya dapat menyebabkan kinerja mesin menjadi berat. Kondisi ini umumnya terjadi pada gerakan piston yang terhambat akibat adanya genangan oli pada engkol.

Hal ini dapat dianalogikan ketika kita berjalan pada daerah yang penuh genangan tentunya akan lebih berat dibandingkan pada jalanan yang kering. Kondisi terhambatnya gerakan engkol tersebut bisa jadi menyebabkan motor kurang tenaga.

Baca Juga :  √ Inilah Akibatnya Bila Mengisi Oli Melebihi Kapasitas Standar,, Yuk Simak

Dapat Terganggunya Kinerja Dari Kopling Basah Pada Motor Manual

Kopling pada motor ialah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutus putaran mesin dari poros engkol dan gearbox yang akan diteruskan ke roda. Di antara beberapa jenis kopling, kopling basa ialah jenis kopling yang paling banyak digunakan pada motor jenis manual baik bebek maupun sport.

Kopling basah dapat berkerja optimal ketika terendam oleh oli mesin. Namun dengan jumlah oli yang terlalu banyak dapat menyebabkan kopling menjadi slip sehingga mengganggu kinerjanya. Kondisi slip pada kopling basah juga dapat mengurangi umur pakai komponen kopling basah tersebut.

Beberapa Efek Buruk Kelebihan Oli Mesin Lainnya

Selain efek yang disebutkan diatas, beberapa dampak yang dapat timbul akibat motor kekurangan oli mesin diantaranya seperti lapisan tipis oli dapat menghambat jalur atau needle valve yang terdapat pada karburator dan perpotensi tercampur pada bahan bakar di ruang pembakaran.

Komponen seal mesin dapat rusak akibat tekanan udara yang dihasilkan gelembung udara pada oli merembes keluas mesin serta menyebabkan konsumsi bahan bakar yang berlebih pada sepeda motor.

Nah itulah beberapa efek kelebihan oli mesin yang kesemuanya dapat menimbulkan dampak buruk pada sepeda motor yang sehingga perlu untuk dihindari. Dalam proses pengisian oli selalu perhatikan jumlah oli yang diberikan kepada mesin melalui indikator jumlah oli yang pasti terdapat pada semua jenis mesin motor berbagai merek.

Dengan memperhatikan jumlah oli yang dimasukkan ke dalam ruang mesin maka dapat mencegah terjadinya berbagai efek buruk yang dapat muncul ketika jumlah oli berlebih pada ruang mesin.

Demikianlah pembahasan mengenai Efek Kelebihan Oli Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :  Cara Mengetahui Gejala Yang Timbul Di Komponen Cvt Motor Matic