Efek Cuci Motor Saat Mesin Panas

Posted on

Efek Cuci Motor Saat Mesin Panas – Dalam hal ini mencuci motor di musim penghujan seperti saat ini memang sudah menjadi rutinitas bagi para pengguna motor. Bila tidak dicuci body motor bisa menjadi kusam dan timbul karat.

Dan apalagi kini para pengguna motor sudah diberi kemudahan untuk menggunakan jasa cuci motor steam.

Namun saat kalian menggunakan jasa steam, ada risiko besar yang menanti. Setelah motor yang kalian lajukan selama perjalanan jauh mesin motor akan bekerja keras dan menjadi panas.

Kemudian motor kalian berhenti di tempat pencucian, otomatis mesin kendaraan kalian masih panas sehingga sangat tidak memungkinkan untuk dicuci karena ada bagian mesin yang sensitif.

Lantas apakah bahaya jika motor yang baru saja digunakan kemudian dicuci? Jelas jawabannya ialah bahaya.

Memang kebanyakan pengendara motor menginginkan hasil yang bersih dengan cepat dan tidak memperhatikan hal apa yang akan terjadi selanjutnya.

Padahal hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada beberapa komponen motor. Nah maka dari itu jangan mencuci motor asal-asalan kalau tidak ingin rugi.

Bahaya Mencuci Motor Saat Mesin Panas

Efek mencuci motor saat mesin masih panas memang tidak dirasakan secara langsung, namun jika hal itu terus diulang-ulang maka konsekuensinya motor akan cepat rusak. Jadi ketepatan waktu saat mencuci harus diperhatikan agar motor tidak cepat rusak.

Mencuci motor memang kegiatan yang simple namun tetap ada rambu-rambunya, logam besi yang panas jika terkena air dingin dapat menyebabkan perubahan suhu yang cukup signifikan.

Kebiasaan buruk seperti ini seharusnya dihindari oleh pengguna motor karena lebih banyak dampak negatif yang akan mereka dapatkan dari pada mendapatkan motor bersih dengan konsekuensi rusak di masa mendatang.

Salah satu komponen penting motor yang paling mudah rusak karena mencuci saat mesin panas adalah leher knalpot. Ditandari dengan besi knalpot yang mulai berubah menguning dan leher knalpot yang berlapir krom akan mengelupas.

Selain itu timbulnya bercak noda yang tertinggal karena kandungan deterjen pada sabun yang melekat dibagian yang panas pada motor.

Dalam kondisi panas mesin akan mengeluarkan uap saat disiram air. Uap air itu dapat menyebabkan penumpukan embun pada panel indikator, water spot dan reflector lampu. Mesin yang panas pun berisiko melukai tangan kita saat mencuci.

Banyak sekali bukan bahayanya? Efek buruk dari kebiasaan mencuci motor saat masih panas ialah blok mesin menjadi retak.

Hukum fisika juga menyebutkan saat terjadi perubahan suhu secara mendadak maka akan terjadi perubahan. Dalam kasus ini besi atau logam bisa menjadi cepat rusak.

Cara Aman Mencuci Motor Kesayangan

Para pengguna motor hendaknya memperhatikan cara mencuci kendaraannya dengan benar dan aman. Ketepatan waktu sangat diperlukan agar motor kalian tidak cepat rusak. Kalian tentu tidak mau motor kesayangan menjadi rusak bukan?

Ada baiknya sewaktu mesin masih panas tidak langsung diguyur dengan air. Usahakan suhu motor stabil dengan lingkungan terlebih dahulu kemudian baru kalian cuci.

Waktu yang dibutuhkan kira-kira 5 sampai 10 menit sebelum dicuci, waktu ini akan membuat keadaan mesin dan komponen motor lain beristirahat sejenak sebelum terguyur air yang memiliki perbedaan suhu yang cukup drastis.

Komponen metal didalamnya mengalami thermal shock atau penyusutan material mendadak karena air dingin. Hal ini dapat mengurangi risiko kejadi yang tidak diinginkan.

Jika terpaksa mencuci saat keadaan mesin masih panas, cuci bagian lain kecuali knalpot dan mesin penting dalam motor.

Untuk bagian mesin dan komponen lain menunggu agar dingin terlebih dahulu, menyemprotkan air berlebihan bukanlah hal yang tepat, mungkin sebagian beranggapan akan cepat bersih namun salah.

Semprotkan air secukupnya agar air tidak masuk ke sistem pengapian yang mengakibatkan terjadinya pemogokkan hal ini dikarenakan selang piston yang bengkok.

Menjaga temperatur mesin sama artinya menjaga keawetan mesin kalian, seperti itulah cara aman mencuci motor saat mesinnya masih panas atau baru saja digunakan. Jangan remehkan beberapa hal ini atas agar motor yang kalian tumpangi nantinya tetap terjaga.

Demikianlah pembahasan mengenai Efek Cuci Motor Saat Mesin Panas semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂