√ Jadi Ini,, 3 Efek Buruk Menggunakan RON Yang Tidak Sesuai,,, Yuk Simak

Posted on

Efek Buruk Menggunakan RON Yang Tidak Sesuai – Hey pecinta otomotif, untuk kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai efek buruk menggunakan RON yang tidak sesuai pada kendaraan. Nah apabila berbicara mengenai RON tentunya kata yang satu ini bukanlah kata yang baru bagi kalian, karena memang hal ini sudah sering disebut dalam hal pengisian bahan bakar.

Dalam hal ini seperti yang sudah kita ketahui bersama, RON ialah singkatan dari “Research Octane Number” tua bisa juga dikatakan sebagai Oktan atau dengan kata lain, oktan ini ialah nilai ukur akan tingginya kadar zat atau campuran yang ada dalam sejenis bahan bakar.

Jadi Ini,, 3 Efek Buruk Menggunakan RON Yang Tidak Sesuai,,, Yuk Simak

RON ini akan mempresentasikan tingkat ketanahan bahan bakar terhadap kompresi yang tinggi membutuhkan bahan bakar dengan oktan yang tinggi. Pada operasi normal pada mesin, campuran bahan bakar yang tepat akan menghasilkan kompresi mesin yang semakin tepat pula.

Lantas bagaimana apabila ternyata penggunaan oktan pada bahan bakar kalian selama ini tidak tepat atau tidak sesuai ?? tentunya akan memiliki dampak buruk. Nah berikut ini ulasan mengenai efek buruk menggunakan RON yang tidak sesuai tersebut.

Membuat Mesin Menjadi Tidak Bertenaga

Efek buruk yang pertama ialah dapat mengakibatkan komponen mesin motor kalian tidak bertenaga. Hal ini seperti ini merupakan gejala awal dari pemakaian RON yang tidak tepat terhadap bahan bakar yang kalian gunakan pada kendaraan kalian.

Baca Juga :  √ Yuk Simak,,, 10 Hal Yang Harus Dicek Saat Beli Motor Bekas

Hal ini dikarenakan pada saat terjadinya pembakaran bisa lebih cepat atau lebih lembut, sehingga tenaga mesin tersebut untuk mendorong piston bergerak dari titik mati tidak lagi sesuai dengan setup mesin.

Mengurangi Jarak Tempuh

Efek buruk yang kedua ialah jarang tempuh yang bisa dicapai oleh mesin kendaraan kalian tidak akan sesuai sebagaimana seharusnya. Hal ini dikarenakan bahan bakar yang kalian gunakan tidak semua terbakar habis dengan sempurna, ada bahan bakar yang tersisa yang tidak bisa dihabiskan oleh mesin pembakaran kalian karena memang RON nya yang tidak sesuai.

Dan jika hal seperti ini terjadi pada motor kalian, maka tentunya akan berdampak pada jarak tempuh yang berkurang oleh sebab bahan bakar yang tidak sempurna pembakarannya tersebut.

Dapat Merusak Mesin

Efek buruk yang ketiga ialah berpotensi merusak mesin kendaraan kalian. Hal ini tentu saja bisa terjadi ya kalian, karena sebut saja pada saat kalian menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan yang lebih tinggi dari pada standar kendaraan kalian.

Memang akselerasi yang dihasilkan akan lebih mantap, daya yang dihasilkan juga akan semakin tinggi. Namun seiring bertambahnya waktu kalian, hal ini akan berdampak buruk pada kendaraan kalian yakni akan mengakibatkan komponen dalam mesin kalian menjadi lebih cepat panas atau overheating.

Demikianlah pembahasan mengenai Jadi Ini,, 3 Efek Buruk Menggunakan RON Yang Tidak Sesuai,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂