√ Jadi Ini,, Dampak Perubahan Motor Modern Tanpa Kick Starter Bagi Pemotor,,, Yuk Simak

Posted on

Dampak Perubahan Motor Modern Tanpa Kick Starter – Nah perlu kalian ketahui, bahwa beberapa tahun belakangan ini ada keluaran motor baru yang tidak di lengkapi dengan kick starter. Padahal fitur yang satu ini sangatlah penting bahkan dinggap sebagai penyalamat aki yang sedang bermasalah.

Dan saat ini banyak sekali motor yang telah dirilis dan ternyata tidak memakai atau tidak dilengkapi dengan kick starter. Sebut saja Honda Vario 150, Kawasaki W175, Yamaha Nmax dan Honda PCX, yang sehingga semua motor tersebut hanya dapat dinyalakan dengan menggunakan Electric-starter.

Jadi Ini,, Dampak Perubahan Motor Modern Tanpa Kick Starter Bagi Pemotor,,, Yuk Simak

Namun perubahan motor modern tanpa kick starter pastinya memiliki dampak bagi pemotor. Apakah kalian sudah tahu apa dampak-dampak perubahan tersebut bagi pemotor ?? jika belum, maka silahkan kalian lanjutkan untuk membaca ulasan ini. Karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah informasi tentang dampak perubahan motor modern tanpa kick starter bagi pemotor.

Sistem untuk menghidupkan mesin pada sepeda motor pada umumnya tersedia tombol starter electric dan kick starter “manual”. Tombol starter electric digunakan dengan cukup mudah, kalian hanya perlu menekan tombolnya menggunakan jempol kalian.

Berbeda dengan kick starter yang cendrung membutuhkan tenaga khususnya pada kaki untuk menekan atau menginjak pedal atau tuas yang sering disebut engkol. Sistem starter electric dapat berfungsi apabila kondisi aki dalam keadaan baik atau bisa dikatakan memiliki tegangan yang cukup.

Baca Juga :  Inilah 3 Komponen Yang Perlu Diganti Sehabis Beli Motor Seken

Apabila tegangan aki mengalami penurunan atau melemah maka starter electric tidak dapat digunakan. Sebagai ganti apabila starter electric tidak bisa digunakan, maka kalian dapat menggunakan cara manual untuk menghidupkan mesin yakni dengan menggunakan kick starter karena engkol dan komponen lainnya tidak menggunakan elektrifikasi melainkan sistem mekanis pada komponen roda gigi starter, mainshaft dan rumah kopling.

Dalam hal ini namun akhir-akhir ini sudah banyak keluaran motor baru yang memiliki perubahan pada sistem untuk menghidupkan komponen mesin motor yakni dengan menghilangkan kick starter dan hanya menggunakan electric starter. Hal ini pastinya akan menimbulkan dampak bagi pemotor.

Nah apakah kalian pengendara tahu dampak-dampak tersebut ?? jika belum maka kalian pengendara harus mencari jawabannya. Oleh karena itu pada ulasan ini kami menjelaskan dampak perubahan motor modern tanpa kick starter bagi pemotor. Baiklah langsung saja berikut ulasan selengkapnya dibawah ini:

Bagi Pemotor Harus Selalu Memperhatikan Tegangan Pada Aki

Dampak perubahan motor modern tanpa kick starter bagi pemotor yang pertama yakni bahwa pemotor harus selalu memastikan kondisi tegangan pada aki. Karena untuk menyalakan mesin menggunakan electric starter, tegangan aki harus dalam kondisi yang baik. Jika kondisi tegangan komponen aki motor melemah maka motor tidak akan bisa dinyalakan.

Bagi Pemotor Harus Tahu Berapa Angka Tegangan Aki Yang Baik

Dampak perubahan motor modern tanpa kick starter bagi pemotor yang kedua ialah pemotor harus tahu kondisi aki melalui angka-angka yang tertera dalam indikator baterai. Bahwa kondisi indikator baterai ada 3 yaitu baik, sedang, lemah. Baik apabila angka kondisi baterai diatas 11,5 volt.

Maka motor dapat dengan mudah dihidupkan melalui electric starter. Sedang apabila angka kondisi baterai berada di 11,4 volt dan indikator baterai menyala menandakan aki kurang memiliki tegangan namun kalian masih bisa menghidupkan mesin melalui electric starter.

Baca Juga :  Apa Efeknya..?? Jika Motor Tidak Pakai Aki..!!!

Lemah apabila berada di angka 10,3 volt, sayangnya dengan kondisi ini electric starter tidak dapat digunakan lagi dan kalian harus mengganti baterainya tersebut.

Apabila Motor Mogok Solusinya Hanya Satu Jumper

Dampak perubahan motor modern tanpa kick starter bagi pemotor yang ketiga ialah jika motor mogok maka untuk solusinya yakni hanya satu dengan menghidupkan aki yang rusak dengan aki yang sehat menggunakan kabel.

Mudahnya kabel menghubungkan sesama kutub positif dan negatif aki. Jika cara tersebut tidak bisa maka solusinya dengan menyetrum ulang atau bahkan mengganti aki yang bermasalah tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Jadi Ini,, Dampak Perubahan Motor Modern Tanpa Kick Starter Bagi Pemotor,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂