Dampak Paksa Hidupkan Motor Mogok Pada Genangan Air

Posted on

Motor Mogok – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai dampak paksa hidupkan motor mogok pada genangan air, yang dimana dalam hal ini meliputi kondisi busi, komponen piston, kelistrikan yang bermasalah dan pada mesin apabila kondisi kemasukan air, nah kalau begitu simak penjelasanya dibawah ini.

Meskipun memiliki kendaraanb roda dua meski yang terbaru dan tercanggih sekalipun tentunya tidak akan terlepas dari suatu masalah, sebut saja misalnya motor yang mogok. Motor mogok ini memang identik sekali dengan motor yang sudah mogok dan jarang dilakukan perawatan.

Namun hal demikian tidak meski karena pada kenyataannya ada begitu banyak motor yang baru sekalipun yang mengalami mogok pada saat kita mengendarainya. Sebut saja seperti kalian sedang melewati genangan air atau banjir. Pastinya kalian semua pernah mengalami hal tersebut.

Dalam hal ini berbicara mengenai motor mogok tersebut kalian yang sering lakukan ialah memaksa motor tersebut untuk dihidupkan pada saat mogok saat melewati genangan air. Hal ini dilakukan supaya pengemudi atau pemilik motor tersebut bisa segera menggunakan motor tersebut dalam keadaan banjir sekalipun.

Namun yang harus kalian ketahui, bahwanya akan ada dampak paksa hidupkan motor mogok pada genangan air tersebut. Nah untuk ulasan selengkapnya simak berikut ini:

Dampak Paksa Hidupkan Motor Mogok Pada Genangan Air

Nah adapun dampak paksa hidupkan motor mogok pada genangan air yang diantaranya yaitu:

Dapat Merusak Busi

Pada saat kalian memaksa menghidupkan mesin kendaraan kalian pada saat mogok karena genangan air, maka dampak yang pertama yang dapat terjadi pada motor kalian ialah membuat busi motor kalian menjadi rusak.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Kompresi Yang Hilang

Hal ini terjadi karena pada saat kalian memaksa motor tersebut hidup maka akan memaksa kinerja dari busi tersebut yang konon diluar kapasitasnya, sehingga akan berdampak membuat komponen busi motor tersebut rusak dan mati atau tidak berfungsi lagi dalam proses pengapian pada motor kalian.

Dapat Membuat Piston Pecah

Hal yang kedua yang juga akan sangat berbahaya ialah dapat membuat piston motor kalian menjadi pecah. Hal ini diakibatkan oleh mesin motor kalian yang secara paksaan akan terus bekerja dengan kapasitas tinggi sehingga akan berdampak buruk nantinya pada piston motor tersebut.

Dapat Membuat Motor Korsleting

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, setiap kendaraan tentunya memiliki komponen kelistrikan yang rentan dengan resiko korsleting. Pada saat kalian memaksa motor kalian hidup dalam keadaan mogok pada genangan air, maka akan memicu potensi komponen kelistrikan tersebut mengalami korsleting, jelas ya,, mengingat komponen tersebut tidak boleh terkena air.

Dapat Membuat Mesin Kemasukan Air

Sebaiknya pada saat motor kalian mogok saat melewati genangan air, maka sebaiknya keringkan terlebih dahulu motor tersebut sebelum kalian menghidupkannya kembali. Bawalah motor tersebut ke tempat yang kering dan tunggu beberapa saat hingga motor tersebut kering.

Dan jangan sekali kali kalian langsung menghidupkan motor tersebut, hal ini karena akan berpotensi mesin tersebut akan kemasukan air. Jika hal ini terjadi maka akan berdampak pada performa motor kalian secara keseluruhan, alias akan mati atau susah untuk dihidupkan kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai Motor Mogok Pada Genangan Air semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :  12 Penyebab Motor Matic Mogok Serta Solusinya