CVT Motor Matic Berisik

Posted on

CVT Motor Matic Berisik – Dalam hal ini sepeda motor matic berbeda sistem kerjanya dengan motor manual, pada motor matic terdapat CVT yang menjadi penggerak motor tersebut.

Dengan sistem tersebut motor dapat melakukan perpindahan kecepatan secara full otomatis sesuai dengan putaran mesin.

Di dalam CVT terdapat dua buah pulley depan dan belakang yang dihubungkan dengan sebuah V-belt.

Pada pulley depan berhubungan dengan kruk as atau poros engkol, sedangkan pulley belakang berhubungan dengan final gear yang langsung ke roda belakang.

Kedua pulley tersebut dapat melebar dan mengecil sehingga akan mendesak sabuk kearah luar. Adapun melebar dan mengecilnya pulley belakang tergantung tarikan dari pulley depan.

Cara Kerja CVT Motor Matic

Bila mesin berputar pada putaran rendah, daya putar dari poros engkol diteruskan ke pulley depan menuju V-belt menuju pulley belakang dan kopling centrifugal. Apabila tenaga putar belum mencukupi, kopling centrifugal tidak akan mengembang.

Dalam hal ini tidak mengembangkan dikarenakan gaya tarik per peda kopling masih lebih kuat dari gaya centrifugal, sehingga kopling centrifugal tidak menyentuh rumah kopling. Mengakibatkan roda belakang juga tidak berputar.

Pada saat putaran mesin bertambah, maka gaya centrifugal akan bertambah kuat dibandingkan dengan tarikan per yang sehingga mengakibatkan sepatu kopling mulai menyentuh rumah kopling dan mulai terjadi tenaga gesek.

Pada kondisi ini, V-belt dibagian pulley depan pada posisi diameter dalam (kecil) dan dibagian pulley belakang pada posisi luar (besar) sehingga menghasilkan putaran/torsi yang besar menyebabkan roda belakang mudah berputar.

Putaran menengah pada saat putaran bertambah, pemberat pada pulley depan mulai bergerak keluar karena gaya centrifugal dan menekan primary sliding sheave (piringan pulley yang dapat bergeser) kearah fixed sheave (piringan pulley yang diam) dan menekan V-belt kelingkaran luar dari pulley primary sehingga menjadi diameter pulley primary membesar dan menarik pulley secondary ke diameter yang lebih kecil.

Baca Juga :  Rantai Motor Putus ?? Inilah Penyebab Dan Solusinya

Pada putaran tinggi, jika putaran mesin lebih tinggi lagi dibandingkan putaran menengah maka gaya keluar pusat dari pemberat semakin bertambah. Sehingga semakin menekan V-belt ke bagian sisi luar dari pulley primary (diameter membesar) dan diameter pulley secondary semakin mengecil.

Yang selanjutnya akan menghasilkan perbandingan putaran yang semakin tinggi, jika piringan pulley secondary semakin melebar, maka diameter V-belt pada pulley semakin kecil, sehingga menghasilkan perbandingan putaran yang semakin meningkat.

Penyebab CVT Motor Matic Berisik

Area CVT motor matic memiliki part kecil yang sering bikin suara berisik. Komponen kecil ini memunculkan bunyi berisik dari bagian pulley primer atau rumah roller jika sudah aus.

Sudah diomongin tapi belum tahu nama dan wujudnya? Yakni slider plastik yang berada di tutup rumah roller. Yang dimana merupakan sumber suara berisik dari slider CVT yang aus.

Jika sudah aus, maka akan muncul celah ketika tutup rumah roller di pasang ke rumah rollernya. Makanya muncul suara berisik. Bukan cuma berisik, jika slider yang aus terus didiamkan, bisa menyebabkan getaran dan membuat gerakan tutup rumah roller ketika bekerja tidak stabil lagi.

Makanya sebaiknya segera diganti jika komponen ini sudah mulai aus dan oblak. Untuk harga slider juga murah, kisaran Rp 10-15 ribu per buah tergantung jenis motornya. Satu motor membutuhkan 3.

Kenyataannya memang masih banyak yang menyepelekan peran slider di pulley karena dianggap tidak mempengaruhi performa. Namun jika ausnya sudah parah akan berpengaruh juga pada performa mesin.

Jadi jika muncul suara berisik di pulley depan, selain cek roller dan rumah roller periksa juga slider yang menempel di tutup rumah roller.

Baca Juga :  Cara Setel Shockbreaker Adjustable Scarlet Racing,, Ternyata Tinggal Putar !!

Demikianlah pembahasan mengenai CVT Motor Matic Berisik semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂